Sukses

Contoh Benda Gas yang Sering Ditemui Sehari-Hari, Simak Pula Definisi dan Ciri-Cirinya

Liputan6.com, Jakarta Contoh benda gas dapat kita temui disekitar kita sehari-hari. Setiap benda memiliki sifat dan ciri-ciri masing-masing yang terlihat untuk membedakan antara satu dan yang lain, secara umum jenis-jenis benda terbagi menjadi tiga jenis yakni benda gas, benda cair dan benda padat.

Contoh benda gas sering kali kita temui dalam keseharian, namun mungkin banyak diantara kita yang tidak menyadarinya. Sifat benda gas adalah salah satu bentuk  atau unsur benda yang  volume dan bentuknya selalu berubah-ubah tergantung wadahnya, meskipun sulit dilihat dengan mata telanjang. 

Meski tak terlihat wujudnya, benda gas terdiri dari berbagai molekul penyusun. Layaknya benda padat dan cair, benda gas juga memiliki ciri-ciri yang membedakannya dengan kedua jenis benda tersebut.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai contoh benda gas beserta definisi dan ciri-cirinya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Sabtu (14/5/2022).

2 dari 5 halaman

Definisi Benda Gas

Benda gas adalah zat yang memiliki wujud berupa gas. Karena berbentuk gas, suatu benda tak dapat dilihat secara kasatmata. Benda gas memiliki volume dan bentuk tidak tetap. Hal ini karena susunan molekul-molekul gas sangat tidak teratur, sehingga gaya tarik menarik antar-molekulnya sangat lemah. Meski kecil dan tak bisa dilihat, partikel ini tetap ada. Keberadaannya dapat dijelaskan melalui perubahan wujud benda.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, benda adalah segala yang ada dalam alam yang berwujud atau berjasad (bukan roh); zat (misalnya air, minyak). Secara umumnya benda adalah suatu materi, zat, objek ataupun barang. Dalam kehidupan sehari-hari sudah tentu kita bertemu dengan benda-benda yang ada disekeliling kita. Sedangkan benda gas adalah zat ringan yg sifatnya seperti udara (dalam suhu biasa tidak menjadi cair). Karena memiliki sifat yang tidak dapat dipegang dan dilihat dengan kasatmata, oleh karena itu benda gas memiliki ciri-ciri khusus atau karakteristik yang berbeda dengan benda lainnya.

Sebab gas adalah udara dalam bentuk oksigen yang ditemukan di setiap sudut dunia, kita dapat menemukan materi gas di mana-mana. Udara dan oksigen adalah  contoh  benda gas yang kita hirup setiap hari dan kita membutuhkannya untuk bertahan hidup. Ketika udara dan gas oksigen menghilang dari permukaan bumi, maka manusia mati bahkan punah, termasuk hewan dan tumbuhan. Itulah sebabnya oksigen adalah gas terbesar di planet ini dan dapat ditemukan di mana-mana.

Materi gas terus bergerak kemana-mana, sehingga bentuknya tidak tetap. Artinya, mengikuti bentuk wadahnya. Berbeda dengan zat padat dan zat cair yang lebih stabil bentuk dan volumenya, volumenya juga terus berubah. Karena kebebasan molekul dan pergerakannya, udara juga dapat dengan mudah diubah menjadi zat lain  secara alami tanpa  campur tangan manusia.

3 dari 5 halaman

Ciri-Ciri Benda Gas

Sebelum mengetahui contoh benda gas yang ada di sekeliling kita, ada baiknya anda mengetahui ciri-ciri benda gas. Berikut rinciannya:

1. Benda gas mempunyai massa

2. Volume benda gas tidak tetap

3. Bentuk benda gas berubah-ubah

4. Gaya tarik antar partikel benda gas sangat lemah

5. Jarak antar partikel benda gas berubah-ubah

6. Sususan partikel benda gas tidak teratur

7. Gerak antar partikel benda gas bebas

8. Benda gas mengisi seluruh ruangan yang ditempati

9. Benda gas menekan ke segala arah

10. Benda gas terdapat di segala tempat

4 dari 5 halaman

Perubahan Wujud Benda Gas

Sama halnya dengan jenis-jenis benda yang lain, benda gas pun juga dapat mengalami perubahan wujud. Berikut adalah beberapa jenis perubahan wujud benda gas:

1. Mengkristal

Mengkristal adalah perubahan wujud yang terjadi pada benda gas menuju padat. Benda gas bisa berubah menjadi benda padat jika zat melepaskan energi panas. Peristiwa perubahan zat ini disebut sebagai mengkristal. Contoh benda gas menjadi padat adalah pada peristiwa berubahnya uap menjadi salju.

2. Mengembun

Sedangkan mengembun adalah perubahan wujud yang terjadi dari wujud gas menjadi cair. Dalam peristiwa ini zat melepaskan energi panas. Contoh benda gas menjadi cair adalah rumput di lapangan pada pagi hari menjadi basah padahal sore harinya tidak hujan.

5 dari 5 halaman

Contoh Benda Gas

Berikut contoh benda gas secara umum yang dapat dirasakan dengan indra perasa dan penciuman, antara lain:

1. Udara.

2. Helium.

3. Nitrogen.

4. Freon.

5. Karbon dioksida.

6. Uap air.

7. Hidrogen.

8. Gas alam.

9. Propana.

10. Oksigen.

11. Ozon.

12. Hidrogen sulfida.

Lantas, apa saja contoh benda gas yang ada di rumah? Berikut ini penjabarannya:

1. Parfum.

2. AC.

3. Knalpot kendaraan.

4. Tabung oksigen untuk medis.

5. Alat pemompa ban.

Sementara itu, terdapat juga contoh benda gas yang ada di dapur rumah. Adapun berbagai contohnya, yaitu:

1. Gas LPG.

2. Kulkas yang memiliki gas freon di dalamnya.

3. Korek gas.

4. Uap saat merebus air.

5. Asap dari api kompor.