Sukses

Contoh Gambar Ilustrasi, Pengertian, Tujuan, dan Fungsinya

Liputan6.com, Jakarta Contoh gambar ilustrasi perlu dikenali oleh setiap orang. Istilah ilustrasi merujuk pada gambar yang berfungsi sebagai sarana untuk menjelaskan kejadian tertentu. Biasanya, gambar ilustrasi adalah bentuk visual dari sebuah teks. 

Kamu mungkin sudah tidak asing dengan gambar ilustrasi yang ada di buku pelajaran sekolah. Biasanya, di setiap penjelasan tentang sebuah mata pelajaran, akan ada gambar ilustrasi yang memudahkan kamu untuk memahami isi teks.

Contoh gambar ilustrasi tentunya bisa berupa gambar apa saja. Syaratnya yaitu, gambar tersebut bertujuan untuk membantu menjelaskan isi buku, karangan, dan lain sebagainya. Gambar ilustrasi juga bisa menjadi penghias halaman sampul dan halaman-halaman lainnya pada buku.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (15/5/2022) tentang contoh gambar ilustrasi.

2 dari 5 halaman

Mengenal Gambar Ilustrasi

Sebelum mengenali contoh gambar ilustrasi, kamu tentu perlu memahami pengertiannya terlebih dahulu. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), ilustrasi adalah gambar (foto, lukisan) untuk membantu memperjelas isi buku, karangan, dan sebagainya. Ilustrasi juga bisa dimaknai sebagai gambar, desain, atau diagram untuk penghias (halaman sampul dan sebagainya).

Istilah ilustrasi berasal dari bahasa Belanda “ilustratie” yang memiliki arti hiasan dengan gambar. Secara terminologi, istilah ilustrasi berarti gambar yang berfungsi sebagai sarana untuk menjelaskan kejadian tertentu. Ilustrasi adalah bentuk visual dari teks. Fungsi ilustrasi adalah untuk memperjelas sebuah teks dan memikat pembaca. Pada suatu kondisi, ilustrasi adalah gambar yang mampu menerangkan suatu peristiwa.

Sementara itu, mengenai tujuan ilustrasi, Putra dan Lakoro (2012: 2) menjabarkannya menjadi tiga poin penting. Menurutnya, ilustrasi digunakan untuk menerangkan cerita, tulisan, puisi, dan informasi lainnya.

1. Tujuan ilustrasi yaitu untuk memperjelas informasi atau pesan yang ingin disampaikan.

2. Memberi berbagai variasi dalam bahan ajar sehingga menjadi lebih menarik, komunikatif, memotivasi, serta para pembaca juga dapat dengan mudah untuk memahami pesan yang disampaikan.

3. Memudahkan para pembaca dalam mengingat konsep serta gagasan yang disampaikan melalui ilustrasi.

3 dari 5 halaman

Fungsi Gambar Ilustrasi

Fungsinya juga perlu kamu kenali sebelum melihat contoh gambar ilustrasi. Mengutip dari jurnal penelitian Universitas Pasundan Bandung melalui laman repository.unpas.ac.id, berikut fungsi gambar ilustrasi dan peranannya:

Fungsi Ilustrasi

- Fungsi deskriptif, yaitu digunakan untuk menjabarkan arti dari sebuah tulisan yang panjang melalui sebuah gambar.

- Fungsi ekspresif, yaitu mengekspresikan suatu ide atau gagasan melalui sebuah gambar.

- Fungsi analitis, yaitu mengekspresikan secara detail bagian-bagian suatu benda.

- Fungsi kualitatif, di mana pada umumnya  digunakan dalam pembuatan tabel, grafik, foto, simbol, gambar dan lain-lain.

Peranan Ilustrasi

- Memudahkan dalam memahami suatu tulisan. Adanya ilustrasi membantu kita menemukan makna dari sebuah tulisan yang kita baca secara menyeluruh.

- Sarana mengekspresikan ide atau pikiran melalui sebuah gambar. Banyak orang yang gemar menggambar untuk mengekspresikan apa yang ia rasakan, menyalurkan hobi, mengungkapkan curahan hati dan lain-lain.

-  Menjelaskan secara singkat sebuah tulisan atau cerita.

- Meningkatkan nilai estetika sebuah gambar atau tulisan.

- Menjadikan seseorang lebih mudah dalam memaknai sebuah pesan yang ingin disampaikan.

- Menarik perhatian pembaca.

- Memberi gambaran lengkap mengenai isi sebuah karya. Salah satu contohnya adalah pada majalah atau buku. Sebuah ilustrasi sangatlah bagus untuk membuat para pembaca penasaran dan membuat mereka ketagihan untuk membacanya lebih lanjut.

- Sarana untuk berkomunikasi.

- Pada umumnya sebuah gambar dapat mendeskripsikan sebuah tulisan.

- Memberikan hiburan sehingga pembaca tidak bosan saat membaca sebuah tulisan.

- Menjelaskan sebuah konsep melalui gambar.

4 dari 5 halaman

Jenis-Jenis Gambar Ilustrasi

Sebelum melihat contoh gambar ilustrasi, kamu perlu mengetahui jenis-jenisnya terlebih dahulu. Mengutip dosenpendidikan.co.id, berikut jenis-jenis gambar ilustrasi:

1. Gambar Ilustrasi Naturalis. Merupakan suatu gambar ilustrasi yang mempunyai warna dan bentuk yang sama dengan kenyataan di alam tanpa suatu penambahan atau pengurangan.

2. Gambar Ilustrasi Dekoratif. Merupakan gambar yang memiliki fungsi untuk menghiasi sesuatu dengan sebuah bentuk yang disederhanakan ataupun dilebih-lebihkan dengan gaya-gaya tertentu.

3. Gambar Kartun. Merupakan gambar yang mempunyai bentuk lucu atau memiliki ciri khas tertentu.Pada umumnya, gambar kartun banyak menghiasi komik, cerita bergambar, dan majalah anak-anak.

4. Gambar Karikatur. Merupakan gambar sindirian atau kritikan yang dalam penggambarannya terdapat penyimpangan proporsi tubuh. Gambar karikatur biasanya ditemukan di koran atau majalah.

5. Cerita Bergambar. Merupakan sejenis gambar atau komik yang diberi teks.Cerita bergambar menggunakan teknik gambar yang dibuat dengan dasar cerita dengan sudut pandang yang menarik.

6. Ilustrasi Buku Pelajaran. Mempunyai fungsi guna menerangkan teks atau peristiwa baik yang ilmiah ataupun yang berupa gambar bagian.Memiliki bentuk berupa gambar natural, bagan, foto.

7. Ilustrasi Khayalan. Merupakan gambar dari hasil pengolahan daya cipta secara imajinatif atau khayal.Ilustrasi khayalan pada umumnya terdapat pada ilustrasi cerita, komik, novel, dan roman.

8. Tabel. Tabel dapat untuk menyajikan suatu kegiatan, data serta menganalisis data tersebut ke dalam bentuk kolom dan baris.

9. Pie chart. Gambaran sesuatu yang memiliki bentuk lingkaran atau kepingan-kepingan dengan jumlah komponen 3600.

10. Organization chart. Suatu cara metode penyajian data yang berbentuk struktur organisasi berdasarkan tingkatan atau hierarki.

11. Bar chart. Bar chart dapat digunakan untuk melihat kecenderungan data dengan berdasarkan pengamatan menurut waktu.

12. Graph chart. Graph chart digunakan untuk menyajikan data kuantitatif dengan cara menggunakan system koordinat.

13. Combination chart. Merupakan kombinasi antara bar chart dan graph chart.

14. Flowcart. Flowcart adalah gambar atau bagan yang menunjukkan urutan serta hubungan antar proses beserta instruksi-instruksinya.

15. Peta. Peta merupakan suatu gambar atau lukisan keseluruhan atau sebagian dari permukaan bumi, baik itu darat maupun laut.

5 dari 5 halaman

Contoh Gambar Ilustrasi

Contoh Gambar Ilustrasi 1

Contoh Gambar Ilustrasi 2

Contoh Gambar Ilustrasi 3

Contoh Gambar Ilustrasi 4