Sukses

5 Contoh Kata Pengantar Makalah yang Baik dan Benar, Pahami Strukturnya

Contoh kata pengantar makalah yang baik bisa kamu ketahui dari strukturnya.

Liputan6.com, Jakarta Contoh kata pengantar makalah perlu dipahami oleh setiap pelajar ataupun akademisi. Pasalnya, kata pengantar merupakan salah satu bagian yang sangat penting dalam sebuah makalah. Kata pengantar berisi gambaran singkat dari makalah yang dibuat.

Makalah sendiri merupakan tulisan akademis untuk menyampaikan ide, membuat argumen, dan terlibat dalam percakapan ilmiah. Makalah yang baik tentunya memiliki kata pengantar yang baik pula. Kata pengantar makalah yang baik biasanya singkat, padat, dan mudah dipahami pembaca.

Contoh kata pengantar makalah yang baik bisa kamu ketahui dari strukturnya. Dengan mengikuti struktur kata pengantar makalah, karya ilmiah yang kamu buat akan semakin rapi dan terstruktur. Penulisan kalimat pembuka, isi, dan penutup dalam kata pengantar makalah perlu benar-benar diperhatikan.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (16/5/2022) tentang contoh kata pengantar makalah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Struktur Kata Pengantar

Pembuka

Paragraf pembuka yang singkat dan jelas penting diperhatikan pada contoh kata pengantar makalah. Pembuka biasanya terdapat pada paragraf pertama dan kedua. Paragraf pembuka berisi ucapan syukur penulis atas selesainya karya tulis. Setelah ucapan syukur biasanya dilanjutkan dengan ucapan terima kasih pada pihak-pihak yang yang terlibat dan membantu dalam proses penulisan karya tulis. Urutan dari penulisan pihak-pihak yang terlibat ini biasanya diurutkan sesuai seberapa besar pihak tersebut terlibat pada penulisan.

Isi

Contoh kata pengantar makalah juga penting memperhatikan isinya. Isi kata pengantar merupakan penjelasan singkat mengenai isi makalah yang kamu tulis. Biasanya dimulai dengan menyebutkan judul, lalu alasan penulisan, setelah itu berisi penjelasan mengenai isi atau pembahasan dari tugas akhir tersebut.

Penutup

Bagian penutup berisi harapan penulis atas manfaat dari karya tulis yang dibuat. Harapan ini bisa berisi tentang pandangan ke depan mengenai manfaat dari karya tulis yang dibuat. Selain itu bagian penutup juga berisi permohonan maaf kepada pembaca jika pada nantinya pembaca menemukan kesalahan atau kekeliruan yang dibuat oleh penulis.

3 dari 7 halaman

Contoh Kata Pengantar Makalah 1

Berikut contoh kata pengantar makalah yang bisa kamu pelajari:

KATA PENGANTAR

Alhamdulillah, senantiasa kita ucapkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang hingga saat ini masih memberikan kita nikmat iman dan kesehatan, sehingga penulis diberi untuk menyelesaikan makalah tentang “Pendidikan Kewarganegaraan bagi Masyarakat”. Makalah ini ditulis untuk memenuhi syarat nilai mata kuliah pendidikan kewarganegaraan.

Tak lupa penulis juga mengucapkan terimakasih yang sebanyak-banyaknya kepada setiap pihak yang telah mendukung serta membantu penulisi selama proses penyelesaian tugas akhir ini hingga selesainya makalah ini. Ucapan terima kasih penulis sampaikan pada :

1. Ibu Dyah Fadhillah S.E., M.M. selaku dosen pembimbing atas bimbingan dan tugas yang diberikan.

2. Bapak Eko Purnomo selaku narasumber dari penulisan tugas akhir penulis.

Pada makalah ini akan dibahas mengenai pentingnya pendidikan kewarganegaraan bagi masyarakat. Pendidikan kewarganegaraan memiliki peran yang signifikan dalam membangun masyarakat yang cinta tanah air. Makalah iniberisi paparan peran secara keseluruhan pendidikan kewarganegaraan bagi masyarakat.

Penulis menyadari bahwa dalam penulisan karya tulis ini masih jauh dari sempurna serta kesalahan yang penulis yakini diluar batas kemampuan penulis. Maka dari itu penulis dengan senang hati menerima kritik dan saran yang membangun dari para pembaca. Penulis berharap karya tulis ini dapat bermanfaat bagi semua pihak.

Yogyakarta, 15 Februari 2021

 

Penulis

4 dari 7 halaman

Contoh Kata Pengantar Makalah 2

Berikut contoh kata pengantar makalah yang bisa kamu pelajari:

Kata Pengantar

Assalamualaikum wr.wb. Puji syukur atas rahmat Allah SWT, berkat rahmat serta karunia-Nya sehingga makalah dengan berjudul ‘Memaksimalkan Pengolahan Limbah Anorganik untuk Mengurangi Produksi Limbah di Masyarakat’ dapat selesai.

Makalah ini dibuat dengan tujuan memenuhi tugas akhir semester 2 kelas XII dari Bapak Muhammad Azis pada bidang studi biologi. Selain itu, penyusunan makalah ini bertujuan menambah wawasan kepada pembaca tentang pengolahan limbah anorganik guna mengurangi produksi limbah di masyarakat.

Penulis menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bapak Muhammad Azis selaku guru mata pelajaran biologi. Berkat tugas yang diberikan ini, dapat menambah wawasan penulis berkaitan dengan topik yang diberikan. Penulis juga mengucapkan terima kasih yang sebesarnya kepada semua pihak yang membantu dalam proses penyusunan makalah ini.

Penulis menyadari bahwa dalam penyusunan dan penulisan masih melakukan banyak kesalahan. Oleh karena itu penulis memohon maaf atas kesalahan dan ketaksempurnaan yang pembaca temukan dalam makalah ini. Penulis juga mengharap adanya kritik serta saran dari pembaca apabila menemukan kesalahan dalam makalah ini.

Jakarta, 2 Maret 2022

Penulis

5 dari 7 halaman

Contoh Kata Pengantar Makalah 3

Berikut contoh kata pengantar makalah yang bisa kamu pelajari:

Kata Pengantar

Puji syukur kehadirat Tuhan yang Maha Esa karena telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan karya tulis yang berjudul “Pengaruh Gula Terhadap Stamina Tubuh”.

Tujuan penulisan ini untuk memenuhi tugas dari Ibu Karya tulis ini diharapkan dapat menjadi penambah wawasan bagi pembaca serta bagi penulis sendiri.

Penulis mengucapkan terima kasih kepada Dra. Suratin, pada kuliah Ilmu Gizi. yang sudah mempercayakan tugas ini kepada penulis, sehingga sangat membantu penulis untuk memperdalam pengetahuan pada bidang studi yang sedang ditekuni.

Terima kasih juga penulis ucapkan kepada semua pihak yang telah berbagi pengetahuannya kepada penulis, sehingga karya tulis ini dapat diselesaikan tepat waktu.

Tidak ada gading yang tak retak, penulis menyadari jika makalah ini masih jauh dari kata sempurna. Oleh karena itu, penulis mengharapkan kritik serta saran demi kesempurnaan dari makalah ini.

 

Yogyakarta, 19 April 2018

 

Penulis

6 dari 7 halaman

Contoh Kata Pengantar Makalah 4

Berikut contoh kata pengantar makalah yang bisa kamu pelajari:

Kata Pengantar

Puji dan syukur senantiasa kami ucapkan kepada Tuhan YME atas rida dan rahmat-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan hasil karya tulis ilmiah yang berjudul 'Upaya Pengurangan Dampak Efek Rumah Kaca'.

Tidak lupa, kami mengucapkan terima kasih kepada Bapak Aidin Arham yang yang telah membimbing dan membantu kami dalam proses penyusunan karya ilmiah ini. Ucapan terima kasih juga kami sampaikan kepada teman-teman yang telah membantu baik secara moral maupun material sehingga karya tulis ilmiah ini dapat terwujud.

Karya tulis ilmiah ini akan menjelaskan tentang fenomena 'Efek Rumah Kaca' dan upaya untuk mengurangi dampak yang ditimbulkannya. Fenomena ini merupakan sebuah fenomena yang sedang menjadi perhatian di seluruh dunia karena dampaknya yang luar biasa.

Penulis menyadari bahwa masih ada kekurangan dan kesalahan dalam karya tulis yang disusun. Oleh karena itu penulis mohon maaf atas kesalahan tersebut. Kritik dan saran dari pembaca senantiasa ditunggu oleh penulis guna meningkatkan kualitas tulisan ke depannya.

Jakarta, 4 Maret 2022

Penulis

7 dari 7 halaman

Contoh Kata Pengantar Makalah 5

Berikut contoh kata pengantar makalah yang bisa kamu pelajari:

Kata Pengantar

Rasa syukur senantiasa kita ucapkan atas kehadirat Allah SWT yang hingga saat ini masih memberikan kita nikmat iman serta kesehatan, sehingga penulis diberi waktu dalam menyelesaikan karya tulis dengan judul “Pengaruh Kesehatan dan Keselamatan Kerja terhadap Kinerja”.

Tidak lupa, penulis juga mengucapkan terima kasih yang kepada semua pihak yang telah membantu penulis dalam menyelesaikan karya tulis ini. Ucapan terima kasih ini penulis sampaikan kepada:

 

1. Bapak Drs. Achmad Zuliani M.B.A., Ph.D. selaku dosen yang mempercayakan penulisan topik karya tulis tersebut.

2. Bapak Suriyatno Handoko B.Eng selaku narasumber pada karya tulis tersebut.

3. Tidak lupa, kedua orang tua yang telah memberikan dukungan serta doa yang tidak henti-hentinya kepada penulis untuk menyelesaikan karya tulis ini.

4. Rekan kerja yang membantu terlaksananya penelitian dari karya tulis ini.

 

Adapun penulisan makalah ini merupakan bentuk dari pemenuhan tugas mata kuliah Manajemen Sumber Daya Manusia. Dan pada makalah ini akan dibahas mengenai pentingnya Kesehatan dan Keselamatan Kerja yang berpengaruh terhadap kinerja dari karyawan.

Penulis menyadari bahwa dalam penulisan karya tulis ini masih jauh dari sempurna dan juga masih banyak kesalahan yang penulis yakini ada di luar batas kemampuan penulis. Oleh karena itu, penulis dengan senang hati menerima kritik serta saran dari para pembaca.

 

Jakarta, 8 Agustus 2017

 

Penulis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.