Sukses

Wisata Kalibiru dan Sekitarnya, Tawarkan Pesona Alam Bukit Menoreh

Liputan6.com, Jakarta Wisata Kalibiru merupakan salah satu destinasi wisata di Kulon Progo, DIY. Wisata Kalibiru menjadi tujuan banyak wisatawan untuk menikmati indahnya Perbukitan Menoreh. Dari wisata Kalibiru, kamu bisa menyaksikan bentang hutan yang hijau dengan lanskap Waduk Sermo dari ketinggian.

Wisata Kalibiru juga dikenal sebagai tempat selfie dengan banyak spot foto yang menarik. Wisata Kalibiru menawarkan udara segar di hutan lindung yang masih sangat asri.

Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan di wisata Kalibiru. Mulai dari duduk bersantai, berfoto, flying fox, trekking, sampai berkuliner. Berikut penjelasan tentang wisata Kalibiru, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin(16/5/2022).

2 dari 6 halaman

Mengenal wisata Kalibiru

Wisata Kalibiru merupakan wisata dataran tinggi yang ada di Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Wisata Kalibiru sebenarnya merupakan area hutan lindung yang dikelola masyarakat setempat sebagai objek wisata alam. Dari Kalibiru, wisatawan bisa menyaksikan megahnya Perbukitan Menoreh dari ketinggian.

Wisata Kalibiru menawarkan panorama waduk Sermo dan hutan yang asri dari ketinggian 450 mdpl. Di sini pengunjung dapat menemukan banyak spot foto dengan latar belakang pemandangan alam yang indah. Tempat ini cocok untuk para pemburu foto instagramable. Selain itu di Kalibiru pengunjung akan mendapati suasana dan udara yang sejuk dan tenang.

3 dari 6 halaman

Lokasi

Kalibiru merupakan wilayah dataran tinggi yang berada di Kulon Progo, sebelah barat DIY. Topografi Kalibiru berisi memiliki tanah bergelombang dan dominan oleh perbukitan dalam area hutan lindung. Wisata Kalibiru berada di Perbukitan Menoreh Kulon Progo Yogyakarta dengan ketinggian 450 mdpl.

Lokasi Kalibiru tepatnya berada di Kalibiru, Hargowilis, Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasi Kalibiru bisa ditempuk kurang lebih 50 menit yang berjarak kurang lebih 40 km dari Kota Yogyakarta.

4 dari 6 halaman

Sejarah Kalibiru

Kalibiru merupakan kawasan hutan lindung di Kulon Progo. Konon, dulu kawasan Kalibiru merupakan tempat tinggal warga di zamat penjajahan Belanda. Wilayah ini juga menjadi tempat persembunyian Pangeran Diponegoro saat berada dalam kejaran Belanda.

Kawasan Kalibiru kemudian menjadi bagian dari Hutan Negara di Kulon Progo. Hutan di Kalibiru sempat mengalami kerusakan. Namun, perlahan-lahan hutan ini kembali diperbaiki dengan upaya reboisasi dan perawatan yang berkesinambungan.

Akhirnya, bersama dengan komunitas LSM dan warga sekitar, Kalibiru bertransformasi menjadi wisata alam yang berkelanjutan.

5 dari 6 halaman

Aktivitas di Kalibiru

Gardu pandang

Objek yang sangat terkenal di wisata Kalibiru adalah gardu pandangnya. Dari gardu pandang ini, pengunjung bisa menyaksikan hamparan Perbukitan Menoreh yang indah. Tak cuma itu, dari gardu pandang akan terlihat juga Waduk Sermo. Gardu pandang di Kalibiru biasanya berbentuk papan yang dipasang di pohon. 3-5 pengunjung bisa naik ke gardu ini untuk menikmati pesona yang memukau.

Trekking

Wisata Kalibiru menjadi destinasi yang cocok bagi kamu yang suka trekking. Di sini kamu bisa berjalan menyusuri jalan setapak berbukit yang dikelilingi pepohonan yang segar dan sejuk.

Flying fox

Di wisata Kalibiru pengunjung juga bisa mencoba atraksi flying fox. Banyak yang rela antre untuk mencoba wahana ini. Di sini, kamu bisa melakukan flying fox di tengah hamparan hutan lindung yang hijau dan asri.

Kuliner

Di sekitar wisata Kalibiru, ada aneka kuliner khas yang bisa dicoba. Ada warung lesehan yang menawarkan masakan seperti pecel, lauk pauk, hingga jajanan. Ada juga sajian teh yang langsung berasal dari petani Kulon Progo.

6 dari 6 halaman

Wisata di sekitar Kalibiru

Waduk Sermo

Waduk Sermo berada di kawasan Bukit Menoreh, tepatnya di Dusun Sermo, Desa Hargowilis, Kokap, Kulon Progo, Yogyakarta. Waduk ini dibangun mulai 1994 dan diresmikan oleh Presiden Soeharto 20 November 1996. Waduk Sermo menawarkan suasana tenang dan segar bagi para pengunjungnya. Kamu juga dapat menyewa perahu untuk mengarungi waduk dengan luas kuran lebih 157 Ha ini.

Kedung Pedut

Berada di dataran tinggi Kulonprogo, Desa Kembang, Jatimulyo, Giromulyo, Kedung Pedut merupakan tempat wisata di Kulon Progo berupa air terjun yang sering dikunjungi wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Wisatawan yang masuk menikmati suasana Kedung Pedut dapat memilih beberapa spot untuk berfoto. Air Terjun Kedung Pedut dikenal karena keindahan warna airnya yang putih jernih kehijauan. Warna putih jernih terjadi karena aliran air deras yang berasal dari air terjun di samping kedung ini, sedangkan warna hijau toska terbentuk dari pantulan batuan di dasar sungai.

Air Terjun Sidoharjo

Air Terjun Sidoharjo merupakan air terjun tertinggi yang dimiliki oleh Yogyakarta. Dengan ketinggian hingga 75 meter dan debit air yang cukup deras, air terjun ini tampak megah dan sangat memesona.

Air Terjun Sidoharjo terletak di Gerbosari, Sidoharjo, Samigaluh, Kulon Progo. Selain air terjun, kamu juga dapat menikmati kolam yang cocok untuk berenang dan menikmati sensasi alam yang asri dan menenangkan.

Kebun Teh Nglinggo

Dengan pesona kehijauannya, Kebun Teh Nglinggo menjadi objek wisata yang cukup terkenal di Kulon Progo. Kebun Teh Nglinggo adalah satu-satunya kebun teh yang berada di Yogyakarta. Lokasinya di Desa Wisata Nglinggo, Nglinggo Barat, Pagerharjo, Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, DIY. Di sini kamu dapat menyaksikan aktivitas para pemetik teh secara langsung. Hasil teh dari kebun teh ini juga dijual bebas di warung-warung kecil milik penduduk setempat.