Sukses

Contoh Karya 3 Dimensi, Unsur-Unsur, Jenis, dan Fungsinya

Liputan6.com, Jakarta Contoh karya 3 dimensi perlu dikenali setiap orang. Kamu mungkin sudah memahami bahwa karya 3 dimensi merupakan karya seni yang memiliki ruang. Di mana, karya 3 dimensi mempunyai sisi panjang, lebar, tinggi, dan volume.

Karya 3 dimensi juga mengandung unsur garis, bentuk, bidang, dan warna layaknya karya dua dimensi. Unsur-unsur tersebut nantinya akan disusun sedemikian rupa sehingga membentuk objek 3 dimensi.

Contoh karya 3 dimensi berbeda dengan karya dua dimensi yang hanya memiliki panjang dan lebar. Sementara itu, karya 3 dimensi memiliki tinggi dan juga volume. Salah satu contoh karya 3 dimensi yang paling dikenal adalah seni patung.

Berikut Liputan6.com rangkum dari emodul.kemdikbud.go.id, Senin (16/5/2022) tentang contoh karya 3 dimensi.

2 dari 4 halaman

Unsur-Unsur Karya 3 Dimensi

Sebelum mengenali contoh karya 3 dimensi, kamu tentunya perlu mengetahui unsur-unsurnya terlebih dahulu. Berikut unsur-unsur karya 3 dimensi yang perlu kamu pahami:

1. Bentuk

- Bentuk Formal. Bentuk formal berarti bentuk tersebut mempunyai ukuran sesuai namanya, seperti kubus, kotak memanjang (persegi panjang), bulat, bulat memanjang, kerucut, silindris, piramid, dan lain sebagainya.

- Bentuk Non Formal. Bentuk non formal berarti bentuknya tidak beraturan dan tidak memerlukan ukuran ketepatan. Ukurannya berupa volume, yaitu susunan benda atau barang apa saja yang arahnya menjadi bentuk, namun tidak memerlukan ukuran garis.

2. Ruang

Unsur ruang tidak berdiri sendiri melainkan mempunyai dua golongan, yaitu:

- Ruang yang nyata. Ruang nyata merupakan ruangan yang dapat terlihat dalam keadaan benar-benar ada, misalnya ruang teras, ruang tamu, ruang kamar tidur, dan lain-lain.

- Ruang ilusi atau imajinasi. Ruang ilusi merupakan ruangan yang dapat dirasakan melalui khayalan atau imajinasi, misalnya ruangan yang ada hanya pada gambar yang seolah-olah benar adanya.

3. Tekstur

Tekstur merupakan kondisi permukaan atau dasar lapisan atas benda yang ada dalam karya seni rupa, misalnya tekstur yang halus, kasar, bergelombang, berongga, dan lain-lain.

4. Warna

Unsur warna menjadi penyebab utama terciptanya keindahan dan kemegahan dari hasil akhir sebuah karya seni rupa. Bayangkan jika sebuah tembikar tidak berwarna, keindahannya terlihat kurang maksimal. Ada pula pemaknaan warna sebagai simbolik yang berbeda-beda, misalnya warna hitam yang sering digunakan sebagai lambang dukacita, merah bermakna keberanian, dan lain-lain.

3 dari 4 halaman

Jenis dan Fungsi Karya 3 Dimensi

Jenis dan fungsinya sangat penting dipahami sebelum mengenal contoh karya 3 dimensi. Berikut jenis dan fungsi karya 3 dimensi yang perlu kamu ketahui:

- Seni rupa murni tiga dimensi

Seni rupa murni adalah karya seni yang tercipta bebas dengan fungsi yang lebih mengutamakan ekspresi dan keindahan daripada fungsi sebagai kepuasan pandangan mata saja. Contoh karya 3 dimensi ini biasanya sering digunakan hanya sebagai pajangan.

- Seni rupa terapan tiga dimensi

Seni rupa terapan adalah karya seni yang tidak hanya sebagai pajangan rumah saja, tetapi juga berfungsi untuk membantu kehidupan manusia. Seni rupa terapan lebih mengutamakan kegunaan dibandingkan keindahannya.

4 dari 4 halaman

Contoh Karya 3 Dimensi

Setelah memahami unsur-unsur, jenis, dan fungsinya, kamu bisa mengenali apa saja contoh karya 3 dimensi. Berikut beberapa contoh karya 3 dimensi beserta penjelasannya:

1. Seni Patung

Contoh karya 3 dimensi yang pertama dan paling dikenal adalah seni patung. Seni patung merupakan karya seni rupa yang diciptakan dari bahan bervolume seperti batu, tanah liat, semen/gypsum, kemudian dapat dipahat atau dicetak untuk membentuk karya yang diinginkan.

2. Seni Kriya

Kriya merupakan seni kerajinan tangan yang kebanyakan dibuat sebagai alat terapan yang membantu kehidupan sehari-hari. Contoh karya 3 dimensi ini misalnya poci dan cangkir untuk alat rumah tangga, furnitur seperti meja dan kursi, hingga wayang golek untuk seni pertunjukan.

3. Arsitektur

Arsitektur adalah seni membuat bangunan sebagai sarana maupun prasarana kehidupan manusia dari segala aspek, baik tempat istirahat dan berlindung maupun untuk beraktivitas. Contoh karya 3 dimensi ini dirancang, disusun dan diolah secara detil dengan kecerdasan, jiwa seni yang tinggi, dengan perasaan, pikiran, gagasan dan ide-ide baru agar tercipta sebuah bangunan yang mempunyai nilai estetika yang mengagumkan dan membanggakan. Contohnya yaitu bangunan candi, bangunan istana kerajaan, bangunan piramid dan lain-lain

4. Seni Instalasi

Contoh karya 3 dimensi berikutnya yaitu seni instalasi. Karya 3 dimensi ini memanfaatkan ruang dan tidak membedakan seni berdasarkan dimensinya, artinya seni instalasi dapat terdiri dari beberapa patung, objek non seni, lukisan, dan lain sebagainya, yang membutuhkan pemasangan atau penyusunan untuk menjadi kesatuan yang utuh.

5. Environmental Art (Seni Lingkungan)

Contoh karya 3 dimensi satu ini merupakan suatu wahana besar yang terintegrasi di sebuah lingkungan (terdiri dari banyak bangunan dan penunjangnya) yang dirancang sedemikian rupa untuk menjadi satu kesatuan seni. Contohnya yaitu Taman Impian Jaya Ancol, Kampung Bambu, dan lain sebagainya.