Sukses

25 Wisata Turki Eksotis ala Mediterania, Perpaduan Asia dan Eropa

Liputan6.com, Jakarta Wisata Turki merupakan destinasi istimewa yang bisa dikunjungi. Belakangan Cappadocia menjadi wisata Turki yang jadi daya tarik tersendiri. Selain Cappadocia, ada banyak wisata Turki yang bisa dieksplorasi.

Turki merupakan negara unik yang berada di antara Asia dan Eropa. Keunikannya membuat negara ini punya banyak destinasi wisata yang menarik dikunjungi. Mulai dari situs bersejarah hingga pesona mediteranianya, wisata Turki begitu istimewa.

Perpaduan Timur Tengah dengan Eropa Klasik membuat keistimewaan wisata Turki tak akan ditemukan di negara-negara lainnya. Berikut wisata Turki yang eksotis dan istimewa, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa(17/5/2022).

2 dari 6 halaman

Wisata Turki eksotis ala mediterania

Istanbul

Istanbul adalah wisata Turki yang paling banyak dikunjungi para pelancong. Istanbul merupakan perpaduan kota dengan nuansa Asia dan Eropa. Ini adalah kota yang sangat Turki, tidak ada bandingannya dengan tujuan Eropa lainnya dan bahkan tidak ada bandingannya dengan kota-kota Turki lainnya.

Ankara

Ankara merupakan ibu kota negara Turki. Ankara cocok bagi kamu yang menyukai sejarah. Di sini kamu bisa menemukan Aniktabir, sebuah makam yang didedikasikan untuk Atatürk atau Museum Peradaban Anatolia atau pemandian Romawi. Ankara menawarkan pemandangan seni dan budaya yang semarak dengan sejumlah besar teater dan museum, termasuk Museum Peradaban Anatolia, yang menampung lebih dari 200.000 objek. Ibu kota Turki, Ankara, adalah kota modern yang luas dengan gedung-gedung pemerintah, bisnis komersial, universitas, dan kedutaan asing.

Mardin

Bertengger di puncak bukit strategis yang menghadap ke dataran Mesopotamia di tenggara Turki, Mardin adalah ibu kota Provinsi Mardin. Salah satu pemukiman tertua di wilayah ini, Mardin terkenal karena keragaman budayanya dan Kota Tua dengan bangunan batu pasir yang mengalir menuruni bukit. Kota Tua Mardin mudah dikunjungi dengan berjalan kaki. Labirin jalan berkelok-kelok membawa pengunjung menyusuri rumah bertingkat dan situs populer seperti Biara Deyrü'z-Zafaran, salah satu biara tertua di dunia, dan Sultan Isa Medresesi, monumen abad pertengahan yang pernah berfungsi sebagai observatorium astronomi.

Antalya

Antalya adalah tujuan sempurna bagi mereka yang ragu-ragu antara liburan kota dan liburan pantai. Antalya terkenal di dunia karena perairannya yang biru kehijauan dan pantai berpasir yang indah. Antalya dikelilingi oleh reruntuhan Yunani dan Romawi. Kamu tak hanya akan jatuh cinta di bawah pesona pusat bersejarahnya yang lama, kafe-kafe tradisionalnya, tetapi juga tempat-tempat budaya yang trendi.

Biara Sumela

Biara Sumela (Biara Perawan Maria) adalah daya tarik utama bagi pengunjung di sepanjang Pantai Laut Hitam. Biara pertama dibuka selama era Bizantium dan hanya berhenti beroperasi sebagai pusat keagamaan yang berfungsi pada tahun 1923, ketika para biarawan dipaksa untuk pergi sebagai bagian dari Pertukaran Penduduk Yunani-Turki. Interior gerejanya penuh dengan lukisan dinding yang memesona dan semarak, adalah suatu keharusan bagi siapa saja yang melakukan perjalanan panjang ke wilayah timur laut Turki.

 

3 dari 6 halaman

Wisata Turki eksotis ala mediterania

Lüdeniz

Lüdeniz memiliki pemandangan yang luar biasa, alam yang menakjubkan, dan pantai yang cantik. Wisata Turki ini adalah lingkungan kecil dan resor pantai di distrik Fethiye di Provinsi Muğla. Oludeniz juga dikenal sebagai Blue Lagoon adalah salah satu tujuan liburan paling populer di Turki dan Eropa. Lautnya yang unik dan pemandangannya yang fantastis membuat tempat ini banyak jadi tujuan berlibur.

Aspendo

Aspendo dianggap sebagai contoh terbaik dari teater zaman klasik yang masih berdiri di dunia. Teater berkapasitas 15.000 kursi yang telah dipugar dengan sangat baik ini adalah salah satu atraksi bintang kuno. Meskipun teater adalah alasan utama untuk berkunjung ke sini, situs Aspendos menawarkan lebih banyak reruntuhan untuk dijelajahi. Ada sisa-sisa saluran air, agora, stadion, dan basilika era Bizantium, semuanya tersebar di area lereng bukit yang luas di sekitar teater ini.

Konya

Konya adalah salah satu kota tertua di dunia dan terkenal dengan arsitektur Seljuk yang luar biasa. Kota ini juga terkenal dengan penari Darwis yang berputar-putar. Pada abad ke-12 dan ke-13, Konya makmur sebagai ibu kota di bawah kekuasaan Dinasti Seljuk. Saat ini, bangunan menarik dari masa itu masih bisa dikagumi seperti Masjid Alaeddin, yang menjadi tempat makam beberapa sultan.

Marmaris

Marmaris adalah salah satu mutiara dari Riviera Turki. Dikelilingi oleh pegunungan, hutan pinus, dan perairan biru kehijauan yang dibuat untuk berenang, Marmaris adalah tujuan populer bagi wisatawan yang mencari relaksasi, bersantap, bar, dan klub malam. Ini adalah tujuan yang sempurna untuk berpesta dan bersantai di pantai.

Bodrum

Terletak di barat daya Turki, berbatasan dengan Laut Aegea, Bodrum adalah tujuan sempurna bagi pecinta pantai, keahlian memasak, selam scuba, dan anggur. Kota yang luar biasa ini, didedikasikan untuk relaksasi dan rekreasi. Wisata Turki satu ini juga disebut Saint-Tropez Turki. Selama berada di di Bodrum, pastikan untuk mengunjungi Kastil Bodrum. Ini adalah kastil paling indah di Turki dan dibangun dengan batu-batu Mausoleum Halicarnassus, salah satu dari Tujuh Keajaiban Dunia Kuno.

4 dari 6 halaman

Wisata Turki eksotis ala mediterania

Izmir

Meskipun menjadi kota terbesar ketiga di negara itu, Izmir jauh kurang terkenal daripada beberapa tujuan wisata Turki seperti Marmara, Olüdeniz atau wilayah Cappadocia. Izmir dianggap sebagai kota paling barat di Turki. Kamu bisa mengunjungi Masjid Biru dan berjalan-jalan di Dermaga Konak. Pastikan juga mengunjungi situs UNESCO Ephesus serta desa ortodoks Turki irince kecil yang indah.

Kas

Kas adalah salah satu tujuan wisata Turki terindah di provinsi Antalya. Dengan pemandangan laut yang luar biasa, jalan-jalan sempit dan rumah-rumah bercat putih yang indah dan bugenvilnya, ini adalah tujuan yang sempurna untuk memperindah akun Instagram.

Hagia Sophia

Hagia Sophia menjadi salah satu ikon wisata Turki. Awalnya Hagia Sophia erupakan bangunan gereja yang sudah dibangun sejak abad ke-4. Bangunan ini kemudian beralih fungsi sebagai masjid pada masa kekuasaan Kesultanan Utsmani (1453 sampai 1931). Meski difungsikan sebagai masjid, untuk menghormati sultan sebelumnya, simbol-simbol gereja yang ada di dalam Hagia Sofya tidak dihapus. Pada 1 Februari 1935 bangunan ini disekulerkan dan dibuka sebagai museum oleh Republik Turki. Kini Hagia Sofya menjadi bangunan dengan arsitektur paling monumental dan banyak dikunjungi wisatawan saat sedang melancong ke Turki.

Blue Mosque

Blue Mosque atau Masjid Sultanahmed dibangun antara tahun 1609 dan 1616 atas perintah Sultan Ahmed I. Masjid ini dibangun untuk menandingi Hagia Sophia dengan gaya arsitektur Turki Utsmani. Disebut Blue Mosque karena pada masa lalu interiornya berwarna biru. Di halaman Blue Mosque menjadi lokasi menarik wisatawan untuk berfoto. Tak jarang mereka menghabiskan waktunya dengan duduk di taman.

Istana Topkapı

Istana Topkapı merupakan kediaman resmi Sultan Utsmaniyah selama lebih dari 600 tahun. Istana Topkapi juga merupakan rumah bagi banyak peninggalan suci dari Nabi Muhammad, yang menjadikan istana ini tujuan populer bagi umat Islam.

5 dari 6 halaman

Wisata Turki eksotis ala mediterania

Benteng Rumeli Hisari

Benteng Rumeli dibangun Rumeli Hisari Muzesi pada 1452. Benteng ini digunakan untuk mengatur lalu lintas laut serta untuk pertahanan Kerajaan Bynzantium yang menduduki Turki beberapa abad silam. Benteng Rumeli Hisari terletak di Distrik Sarıyer di Istanbul, Turki, di sebuah bukit di sisi Eropa dari Selat Bosporus. Hingga kini benteng Rumeli Hisari masih berdiri kokoh dan ramai dikunjungi wisatawan.

Cappadocia

Lembah batu Cappadocia yang nyata dan menukik adalah impian setiap fotografer. Tebing-tebing tebing dan puncak-puncak bukit adalah rumah bagi panorama berombak batu seperti gelombang atau puncak berbentuk aneh yang telah tertentuk alam ribuan tahun lalu. Yang unik dari wisata Turki ini adalah pemandangan balon-balon udara yang menghiasi langit. Tempat ini menjadi wilayah favorit wisatawan menikmati keindahan Turki yang khas.

Ephesus

Ephesus adalah situs kuno yang terletak di Aegean Turki. Pada abad ke-1 SM, Ephesus adalah salah satu kota terbesar di seluruh Kekaisaran Romawi, yang memiliki salah satu dari Tujuh Keajaiban Dunia Kuno, Kuil Artemis. Reruntuhan Ephesus terpelihara dengan baik dan terkandung dalam situs arkeologi besar, menjadikannya salah satu tempat wisata Turki paling populer. Daya tariknya termasuk Teater besar, Kuil Hadrian dan Perpustakaan Celsus yang megah, struktur dua lantai yang dibangun untuk menampung lebih dari 12.000 gulungan.

Makam Batu Lycian

Pada abad ke-4, orang Lycia percaya bahwa orang yang meninggal dibawa ke alam baka oleh para malaikat. Untuk memberikan prioritas para malaikat untuk membantu almarhum, Lycia membangun makam monumental di puncak bukit. Makam itu dapat dilihat dari jauh dan para malaikat memprioritaskan orang mati yang dikuburkan di tempat-tempat yang mudah terlihat dan mudah dijangkau.

Gunung Nemrut

Destinasi wisata Turki Timur adalah gundukan pemakaman puncak Gunung Nemrut tersebar dengan sisa-sisa patung-patung yang dulunya sangat besar. Tempat yang unik dan sunyi ini menjadi salah satu situs arkeologi paling unik di Turki. Kepala-kepala batu raksasa dari dewa-dewa yang telah lama terlupakan menatap keluar dari puncak, menciptakan suasana yang menakutkan di atas puncak gunung yang tandus. Waktu yang paling tepat untuk mengunjunginya adalah saat matahari terbit, sehingga Anda dapat menyaksikan patung-patung saat mereka muncul dari kegelapan.

6 dari 6 halaman

Wisata Turki eksotis ala mediterania

Pamukkale

Salah satu keajaiban alam paling terkenal di wisata Turki, teras travertine putih bersih di Pamukkale. Selama ribuan tahun, mata air panas ini menjadi tempat berendam banyak orang. Cekungan karang membendung air, dan air terjun beku menghiasi tebing di daerah itu. Mengalir 400 liter per detik, air panas Pamukkale mengandung kalsium dan magnesium yang tinggi, sehingga dipercaya mampu mengobati berbagai penyakit kulit.

Istiklal Street

Jalan Istiklal juga merupakan salah satu tempat terbaik untuk melihat kemegahan Istanbul. Trem nostalgia membentang sepanjang Jalan Istiklal. Kawasan ini merupakan pusat belanja para wisatawan di Turki. jalan pejalan kaki yang penuh warna dan boulevard besar memotong Beyoglu dan penuh dengan semua jenis toko, restoran, kafe, pertunjukan jalanan yang menarik.

Grand Bazaar

Grand Bazaar Istanbul sangat disukai oleh banyak turis untuk berbelanja. Situs besar ini adalah pasar tertutup terbesar di dunia. Di sini ada 61 jalan tertutup dan lebih dari 3.000 toko dapat menarik pengunjung sebanyak 250.000 sampai 400.000 setiap harinya.

Pergamus

Wisata Turki memiliki banyak reruntuhan Yunani-Romawi, tetapi tidak ada yang dapat ditempatkan secara romantis seperti Pergamus kuno di Bergama modern. Ini adalah tempat yang sangat atmosfer untuk dijelajahi. Area Acropolis dengan teaternya yang terbelah di lereng bukit menyimpan sisa-sisa peninggalan paling banyak dan menawarkan pemandangan panorama yang indah ke seluruh pedesaan. Di bawah, area Asklepion adalah rumah bagi reruntuhan pusat kesehatan kota yang terkenal.

Safranbolu

Safranbolu adalah kota Ottoman yang paling terpelihara di Turki. Ini adalah tempat fotogenik yang luar biasa dari gang-gang sempit berliku yang dijejali rumah-rumah kayu yang dipugar dengan indah yang dulunya merupakan rumah pedagang kaya dan sekarang telah diubah menjadi hotel butik dan restoran.