Sukses

15 Penyebab Kepala Sering Pusing, Sadari Pemicunya

Liputan6.com, Jakarta Penyebab kepala sering pusing punya banyak pemicu. Pusing adalah sensasi seolah ruangan berputar dan perasaan tidak stabil secara fisik. Rasa pusing mungkin bisa muncul ketika kelelahan, saat sedang sakit, atau terlalu sering menatap layar komputer.

Terkadang pusing yang sering muncul atau parah bisa sangat mengganggu aktivitas. Ini sebabnya, penyebab kepala sering pusing harus segera ditemukan. Mengetahui penyebab kepala sering pusing bisa membantu menentukan perawatan yang tepat.

Ada banyak kemungkinan penyebab kepala sering pusing. Penyebab kepala sering pusing bisa dikaitkan dengan kondisi kesehatan, lingkungan, atau obat-obatan. Penyebab kepala sering pusing dapat berkisar dari perubahan fisik sementara hingga kondisi medis mendasar yang lebih serius.

Berikut penyebab kepala sering pusing, dirangkum Liputan6.com dari Medical News Today dan Mayo Clinic, Selasa(17/5/2022).

2 dari 4 halaman

Penyebab kepala sering pusing

Tekanan darah rendah

Penurunan tajam dalam tekanan darah dapat menyebabkan sensasi kepala ringan. Perubahan tekanan darah bisa terjadi setelah duduk atau berdiri terlalu cepat. Kondisi lain yang dapat menyebabkan perubahan tekanan darah seperti dehidrasi, kehamilan, reaksi alergi parah, atau anafilaksis, atauk kehilangan banyak darah.

Anemia

Anemia disebabkan salah satunya kekurangan zat besi. Kondisi ini membuat tubuh tidak memiliki cukup darah yang kaya oksigen. Tanda dan gejala lain yang mungkin terjadi bersamaan dengan pusing jika menderita anemia termasuk kelelahan, kelemahan, dan kulit pucat.

Hipoglikemia

Hipoglikemia terjadi ketika glukosa darah, atau gula darah, turun di bawah tingkat normal. Kondisi ini umumnya terjadi pada penderita diabetes yang menggunakan insulin. Ini bisa terjadi ketika sering melewatkan makan, mengkonsumsi alkohol, minum obat tertentu, seperti insulin atau aspirin, dan mengalami ketidakseimbangan hormon.

Mabuk

Jika Anda sering merasa pusing ketika melakukan perjalanan, bisa jadi karena mabuk perjalanan. Gerakan berulang dari berada di dalam kendaraan, seperti mobil, pesawat terbang, atau perahu, dapat mengganggu struktur telinga bagian dalam. Ini bisa menyebabkan pusing, mual, dan muntah. Gejala mabuk perjalanan biasanya mereda begitu orang tersebut menginjakkan kaki di tanah yang kokoh.

Dehidrasi

Penyebab kepala sering pusing bisa jadi karena dehidrasi. Orang yang mengalami dehidrasi sering kali mengalami penurunan tekanan darah atau volume darah yang lebih rendah. Ketika ini terjadi, darah mungkin tidak mencapai otak. Akhirnya pusing bisa terjadi.

3 dari 4 halaman

Penyebab kepala sering pusing

Stres

Stres jangka panjang atau kronis dapat berkontribusi pada perkembangan masalah kesehatan yang signifikan, seperti Depresi, kecemasan, penyakit jantung, diabetes , atau disfungsi kekebalan. Selama respons stres, otak melepaskan hormon yang memengaruhi sistem pernapasan dan kardiovaskular. Hormon-hormon ini mempersempit pembuluh darah, meningkatkan detak jantung, dan menyebabkan pernapasan yang cepat dan dangkal. Respons ini dapat menyebabkan pusing.

Kecemasan

Pusing adalah gejala umum dari kecemasan. Beberapa orang mungkin mengalami serangan kecemasan yang memicu pusing, sementara yang lain mungkin mengalami pusing mendadak yang memicu serangan kecemasan. Peristiwa stres, dapat memicu serangan kecemasan. Orang mungkin merasa pusing, bingung, dan mual selama serangan kecemasan.

Vertigo

Vertigo biasanya ditandai dengan pusing yang parah. Vertigo dapat menyebabkan orang merasa seolah-olah lingkungan di sekitar mereka berputar atau miring. Vertigo terjadi karena perkembangan masalah di telinga bagian dalam.

Migrain

Migrain bisa menjadi salah satu penyebab kepala sering pusing. Migrain adalah jenis sakit kepala berulang yang dapat menyebabkan nyeri berdenyut atau berdenyut di satu sisi kepala. The American Migraine Foundation memperkirakan bahwa 30-50% orang akan mengalami pusing selama episode migrain. Terkadang, orang mengalami pusing sebelum timbulnya episode migrain.

Penyakit kardiovaskukar

Kondisi yang mempengaruhi sistem kardiovaskular, seperti penumpukan plak di arteri dan gagal jantung kongestif, dapat menyebabkan pusing. Kondisi seperti kardiomiopati, serangan jantung, aritmia jantung, dan serangan iskemik transien dapat menyebabkan pusing.

4 dari 4 halaman

Penyebab kepala sering pusing

Ketegangan mata

Pusing karena masalah mata biasanya karena masalah penglihatan binokular. Penglihatan binokular adalah ketika mata bekerja sama untuk menghasilkan satu pandangan yang bersatu. Ketika mata seseorang tidak sejajar, otot-otot mata tegang untuk fokus dan memberikan otak gambar yang jelas dan terpadu. Hal ini dapat menyebabkan ketegangan mata, yang menyebabkan pusing, disorientasi, dan sakit kepala.

Penyakit telinga bagian dalam autoimun

Penyakit telinga bagian dalam autoimun (AIED) mengacu pada kondisi apa pun di mana sistem kekebalan tubuh secara keliru menyerang telinga bagian dalam. AIED dapat menyebabkan gangguan pendengaran pada satu atau kedua telinga.

Kondisi neurologis

Beberapa gangguan neurologis – seperti penyakit Parkinson dan multiple sclerosis – dapat menyebabkan hilangnya keseimbangan secara progresif. Ini pada akhirnya menjadi penyebab kepala sering pusing.

Obat-obatan tertentu

Pusing bisa menjadi efek samping dari obat-obatan tertentu - seperti obat anti kejang, antidepresan, obat penenang dan obat penenang. Secara khusus, obat penurun tekanan darah dapat menyebabkan pingsan jika terlalu banyak menurunkan tekanan darah.

Keracunan karbon monoksida

Gejala keracunan karbon monoksida sering digambarkan sebagai "seperti flu" dan termasuk sakit kepala, pusing, lemas, sakit perut, muntah, nyeri dada dan kebingungan.