Sukses

10 Wisata Pontianak Paling Populer, Pesona Kota Khatulistiwa yang Menakjubkan

Liputan6.com, Jakarta Wisata Pontianak di Kalimantan Barat wajib untuk anda kunjungi. Kota di jalur khatulistiwa ini dilalui dua sungai, yakni Sungai Kapuas dan Sungai Landak. Ada banyak wisata Pontianak yang unik dan Instagramable.

Kota yang dijuluki Kota Khatulistiwa ini mempunyai banyak tempat populer yang paling hits dan menjadi incaran para wisatawan yang berkunjung ke Pontianak. Wisata Pontianak mulai dari pantai, taman nasional, danau, hingga bangunan bersejarah memiliki daya tarik tersendiri.

Bagi kamu yang ingin berlibur di akhir pekan bersama keluarga ataupun teman, dapat berkunjung ke kota Pontianak. Di sini selain terkenal dengan tempat wisata Pontianak yang menarik, juga memiliki keragaman wisata kuliner yang lezat.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai tempat wisata Pontianak paling populer yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (17/5/2022).

2 dari 4 halaman

Tempat Wisata Pontianak Paling Populer

1. Taman Nasional Gunung Palung

Tempat wisata Pontianak yang pertama adalah Taman Nasional Gunung Palung yang diperkirakan memiliki luas kurang lebih 90.000 hektar. Taman Nasional ini memiliki ekosistem yang sangat lengkap mulai dari hutan tropis, hutan bakau, rawa, hingga pegunungan. Dengan berbagai spesies flora dan fauna yang eksotis, di sini juga bisa ditemui spesies Anggrek Hitam yang hampir punah di sekitar sungai Matan. Tempat wisata Pontianak ini terletak di Padu Banjar, Simpang Hilir, Ketapang, Kalimantan Barat.

2. Danau Biru Singkawang

Tempat wisata Pontianak selanjutnya ialah danau Biru Singkawang. Danau Biru Singkawang merupakan sebuah danau yang tercipta dari bekas penambangan emas. Kerennya, tempat wisata Pontianak berupa danau ini disebut-sebut sebagai lokasi wisata terbaik yang ada di kota Singkawang, memang terbentuk secara tidak sengaja. Pemandangan airnya yang berwarna biru mencolok menciptakan kesan keunikan tersendiri di mata wisatawan. Ditambah lagi dengan keadaan alam sekitarnya terlihat masih sangat alami, membuat pikiran jadi lebih rileks. Tempat wisata ini terletak di Jalan Wonosari, Roban, Singkawang Tengah, Kota Singkawang, Kalimantan Barat. Untuk harga tiket masuknya hanya Rp 5.000,- Jam Buka 24 jam setiap hari.

3. Pantai Pasir Panjang

Tempat wisata Pontianak yang berikutnya adalah pantai Pasir Panjang. Pantai ini masuk dalam kawasan Selat Nasik. Loaksainya benar-benar terletak di balik hutan. Tak heran akses ke pantai ini pun tergolong susah. Jika kamu ingin singgah ke pantai ini maka kamu perlu berjuang keras untuk sampai di tempat ini. Hal yang unik dari pantai ini adalah pasirnya bertekstur keras yang tak dapat kamu temui di pantai lainnya. Di sini kamu juga akan menyaksikan hamparan pasir putih. Cocok untuk foto dan mengisi feed Instagram kamu. Tiket masuk pantai ini juga murah meriah cukup dengan 10 ribu pada weekdays dan 20 ribu untuk weekend.

3 dari 4 halaman

Tempat Wisata Pontianak Paling Populer

4. Taman Burung Singkawang

Tempat wisata Pontianak selanjutnya adalah Taman Burung Singkawang. Taman ini kerap digunakan oleh masyarakat sekitar untuk dijadikan tempat bersantai di kala sore hari menjelang. Taman ini kerap disebut warga sekitar sebagai Taman Mess Daerah, sebab letaknya berdekatan dengan Mess Daerah Singkawang. Untuk nama dari taman ini, konon menurut cerita masyarakat disebabkan karena banyaknya hiasan patung burung yang berada di sekitar area taman, jadi akhirnya dinamakan taman burung. Tiket masuk tempat wisata ini sangat terjangkau yakni 10 ribu saja dan buka selama 24 jam setiap hari. Lokasinya di Jalan Merdeka, Tengah, Singkawang.

5. Khatulistiwa Park

Tempat wisata Pontianak yang berikutnya ialah Khatulistiwa Park. Khatulistiwa Park dapat dikatakan adalah ikonnya Pontianak, letaknya tak terlalu jauh dari pusat kota Pontianak, kira-kira 3 km aja. Di sini kamu bakalan dapat banyak informasi penting tentang sejarah pembangunan tugu tersebut. Hal menarik lainnya dari tempat ini adalah sering mengadakan event tahunan yang bertepatan dengan fenomena alam yang melahirkan titik iluminasi.

Iluminasi sendiri merupakan titik di mana saat matahari berada tepat di atas kepala kita sehingga membuat bayangan tidak nampak. Tempat wisata ini tepatnya berada di Jalan Khatulistiwa, Batu Layang, Siantan, Kota Pontianak, Kalimantan Barat. Untuk masuk ke sini, kalian tidak dipungut biaya alias gratis.

6. Keraton Kadariah

Tempat wisata Pontianak yang satu ini dibangun pada tahun 1771 hingga 1778. Pada saat kepemipinan Sayyid Syarif Abdurrahman Alkadri menjadi sultan yang pertama tinggal di keraton tersebut. Lokasinya tepat di pinggir sungai, tepatnya di Jalan Tj. Raya 1, Dalam Bugis, Pontianak Tim., Kota Pontianak.

Keraton Kadariah memiliki struktur bangunan unik dengan warna cat kuning berukuran sekitar 30×50 meter dan terdiri dari 3 lantai. Kentalnya sisi historis bangunan dibuktikan dengan masih banyaknya benda-benda bersejarah seperti kursi singasana, baju kesultanan, tombak penobatan, cermin seribu, dan masih banyak lagi. Di bagian luar bangunan keraton ada meriam kecil berjumlah 13 yang dibuat oleh Prancis dan Portugis. Untuk masuk ke tempat wisata ini kamu cukup membayar Rp. 7. 000,-

7. Rumah Betang

Rumah adat Suku Dayak ini disebut juga Rumah Panjang. Rumah ini dibangun menggunakan kayu ulin.  Untuk memasuki rumah, masyarakat menggunakan sebatang pohon kayu kelapa utuh yang dipahat menjadi tangga. Di dalam Rumah Betang ini terdapat ruang serba guna yang juga disewakan untuk acara-acara. Rumah adat ini tinggi, besar dan arsitekturnya kental dengan corak Suku Daya yang didominasi warna merah, sehingga bisa menjadi spot foto yang menarik. Pengunjung bisa memasuki komplek rumah betang ini pukul 07.00-17.00 WIB hari Senin-Sabtu. 

4 dari 4 halaman

Tempat Wisata Pontianak Paling Populer

8. Aloe Vera Center

Aloe Vera Center merupakan pusat budidaya tanaman lidah buaya yang kerap menjadi daya tarik wisata Pontianak. Selain menemui hamparan kebun lidah buaya, Kamu juga bisa mengintip proses pengolahan Aloe Vera menjadi berbagai produk seperti dodol, permen, hingga berbagai kosmetik. Jika kamu berencana berkunjung ke sini, jangan lupa bawa berbagai produk olahan lidah buaya sebagai oleh-oleh untuk keluarga. Tempat wisata ini terletak di Jl. Budi Utomo, Siantan Hulu, Pontianak.

9. Kampung Betin

Tempat wisata Pontianak berikutnya bernama Kampung Betin. Kampung tersebut cukup unik, karena berada di atas tepian sungai Kapuas. Menjelajahi kawasan di sekitar kampung ini melewati jembatan gertak sebagai sarana penghubung tiap rumah yang berada di premukiman ini.

10. Taman Alun-alun Kapuas

Taman alun-alun Kapuas yang berdampingan langsung dengan sungai Kapuas ini selalu menjadi tempat masyarakat berkumpul, jalan santai sambil melihat matahari terbenam. Dari sini, pengunjung bisa menaiki "sun-set cruise", yakni kapal terbuka dengan tempat duduk plastik dan meja-meja kecil yang bisa membawa pengunjung keliling sungai Kapuas. Dengan biaya sekitar Rp 10.000 per orang, pengunjung sudah bisa menikmati matahari terbenam dari atas kapal bertingkat ini. Bagi pengunjung yang ingin bersantai, duduk-duduk di pinggir sungai, berkeliling taman naik sepeda atau lari, pengunjung tidak perlu repot membawa makanan dan minuman sendiri, karena di sini sangat banyak penjual makanan dan minuman berderet.