Sukses

8 Keutamaan Mengamalkan Asmaul Husna, Mengenal 99 Nama Kemuliaan Allah SWT

Liputan6.com, Jakarta Keutamaan mengamalkan Asmaul Husna terdapat pada masing-masing nama itu sendiri. Manfaat dan faedah membaca Asmaul Husna akan benar-benar terasa jika seorang muslim sudah terbiasa mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

Keutamaan mengamalkan Asmaul Husna yang akan dirasakan tidak hanya dalam kehidupan di dunia, tapi juga nanti saat berada di akhirat. Seperti disebutkan dalam kitab Khawwâsh Asmâ’ul-Husnâ Littadâwi wa Qadhâ il-Hâjât, yang berbunyi:

“Menyebut Asmaul Husna bermanfaat bagi (urusan) dunia, agama, dan akhirat, dan zikirnya dinamakan kumpulan kebaikan-kebaikan, kunci-kunci keberkahan, dan singkapan kejelasan. Tidaklah kesulitan yang ditekuni dengan Asmaul Husna melainkan Allah lapangkan kesulitannya, tidaklah hutang melainkan Allah tunaikan hutangnya, tidaklah kekalahan melainkan Allah akan menolongnya, tidak orang yang dizalimi melainkan Allah kembalikan kezalimannya, tidaklah orang yang sesat melainkan Allah beri petunjuk, tidaklah orang yag sakit melainkan Allah sembuhkan penyakitnya, tidaklah kegelapan hati melainkan Allah terangi hatinya dengan Asmaul Husna.” (Muhammad bin Alwi al-Aidarus, Khawwâsh Asmâ` ul-Husnâ Littadâwi wa Qadhâ il-Hâjât, Dar el-Kutub, Shan’a, Cet. Ke-3 2011, Hal. 17)

Berikut Liputan6.com ulas mengenai keutamaan mengamalkan Asmaul Husna yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (17/5/2022).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 3 halaman

Keutamaan Mengamalkan Asmaul Husna

1. Terkabulnya Doa

Keutamaan mengamalkan asmaul husna dengan membaca dan memuji Allah juga dapat membuat doa lebih mudah dikabulkan. Allah memerintahkan setiap hamba untuk berdoa dengan menyebut asmaul husna, sesuai dengan firman Allah SWT dalam surat Al-Araf ayat 180."Hanya milik Allah asmaul husna, maka bermohon lah kepada-Nya dengan menyebut asmaul husna itu dan tinggalkan lah orang-orang yang menyimpang dari kebenaran dalam [menyebut] nama-nama-Nya. Nanti mereka akan mendapat balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan," (Q.S. Al-Araf ayat 180)

2. Mendapatkan Surga

Allah menjanjikan setiap orang yang mengamalkan asmaul husna dalam perkataan dan juga kepribadian atau tingkah lakunya akan dimasukkan ke dalam surga di hari pembalasan kelak."Allah mempunyai 99 nama, 100 kurang satu, barang siapa memahaminya akan masuk surga," (HR Imam Bukhari dan Muslim)Asmaul husna dapat dibaca kapan saja. Sama seperti zikir, membaca asmaul husna juga dapat mengingat Allah dan mendekatkan diri pada Allah.

3. Mengenal Allah

Keutamaan mengamalkan asmaul husna merupakan salah satu cara yang tepat untuk mengenal Allah SWT, karena dari setiap nama tersebut anda akan mengerti sifat-sifat dan kebesaran-Nya. Semakin anda memaknai Asmaul Husna, maka semakin kuat pula iman yang akan terbentuk di dalam diri. Pun anda akan menyadari bahwa di alam semesta ini, hanya Allah lah tempat mengadu dan tempat memohon perlindungan.

4. Meneguhkan Iman

Ketika anda sungguh-sungguh mengamalkan Asmaul Husna dalam kehidupan, anda akan semakin menyadari kebesaran Allah. Hal ini akan membuat anda semakin tunduk dan taat, karena menyadari bahwa manusia tak lebihnya sebuah butiran debu dalam semesta. Dengan menyadari hal tersebut, keimanan dalam dirimu akan semakin bertambah.

3 dari 3 halaman

Keutamaan Mengamalkan Asmaul Husna

5. Memberikan Rasa Aman

Dari 99 nama yang tercantum, anda akan tahu bahwa salah satu sifat besar Allah adalah Maha Pelindung. Hanya kepada Allah seorang muslim meminta pertolongan karena Ia adalah sebaik-baiknya pertolongan. Keutamaan mengamalkan Asmaul Husna dalam hati akan membuat anda merasa aman dan senantiasa terlindungi dari hal-hal buruk.

6. Teringat Akan Dosa

Dengan senantiasa mengamalkan Asmaul Husna, setiap muslim akan teringat akan dosa-dosa yang dimiliki. Dosa-dosa tersebut tentu tidak akan terhapus sebelum Allah memberikan ampunan-Nya. Untuk itu, mengamalkan Asmaul Husna merupakan salah satu sarana yang tepat dalam mendapatkan ampunan-Nya.

7. Sifat-sifat Allah SWT

Nama-nama Allah yang baik ini juga merupakan sifat-sifat Allah yang wajib diimani. Nama-nama ini banyak terdapat di dalam Alquran seperti di dalam surat Al-Hasyr ayat 22-24.

"Dia lah Allah tidak ada tuhan selain Dia. Yang Mengetahui yang gaib dan yang nyata, Dia lah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang."

"Dia lah Allah tidak ada tuhan selain Dia. Maha Raja, Yang Maha Suci, Yang Maha Sejahtera, Yang Menjaga Keamanan, Pemelihara Keselamatan, Yang Maha Perkasa, Yang Maha Kuasa, Yang Memiliki Segala Keagungan, Mahasuci Allah dari apa yang mereka persekutukan.

"Dia lah Allah Yang Menciptakan, Yang Mengadakan, Yang Membentuk Rupa, Dia memiliki nama-nama yang indah. Apa yang di langit dan di bumi bertasbih kepada-Nya. Dan Dia lah Yang Maha Perkasa, Maha Bijaksana," (Q.S Al-Hasyr ayat 22-24)

Asmaul Husna disusun menjadi beberapa versi agar lebih mudah diingat dan dihafalkan. Membaca atau bahkan menghafal Asmaul Husna bernilai ibadah di sisi Allah SWT.

8. Takut Akan Siksaan Akhirat

Seorang muslim pasti paham bahwa di akhirat kelak, setiap perbuatan yang dilakukan di dunia akan dipertanggungjawabkan. Siksaan Allah SWT sangatlah pedih bagi orang-orang yang melanggar aturannya, namun Allah SWT juga Maha Pengampun terhadap hamba-Nya yang sungguh-sungguh dalam bertaubat. Keutamaan mengamalkan Asmaul Husna yang lainnya yaitu dapat membuat kita takut akan siksaan akhirat kelak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.