Sukses

13 Wisata Tuban yang Bagus dan Populer, Sudah Buka Wajib Dikunjungi

Liputan6.com, Jakarta Berkunjung ke Tuban, jangan lupa mampir ke beberapa destinasi wisata Tuban. Kabupaten Tuban di Jawa Timur memiliki segudang wisata alam yang rugi bila dilewatkan begitu saja. Wisata Tuban yang bagus dan populer terdiri dari wisata alam dan sejarah.

Tertarik berkunjung ke tempat wisata Tuban yang bagus dan populer? Wisata berupa pantai, air terjun, dan kelenteng yang ada di Tuban mayoritas sangat mudah diakses oleh wisatawan. Meski sebagian kecil di antaranya masih ada di lokasi yang aksesnya sulit saking asrinya.

Wisata Tuban berupa pantai, air terjun, dan kelenteng tersebut sangat cocok dikunjungi bareng keluarga, pasangan, dan teman-teman untuk sekadar mengisi akhir pekan atau mengisi waktu libur yang panjang. Penasaran dengan tempat wisata Tuban tersebut seperti apa?

Berikut Liputan6.com ulas 13 wisata Tuban yang bagus dan populer, Kamis (19/5/2022).

2 dari 3 halaman

Wisata Tuban yang Bagus dan Populer

1. Pantai Remen

Pantai Remen adalah wisata Tuban yang bagus dan populer yang menawarkan pesona pantai pasir putih di jalur pantai utara. Pantai ini berlokasi di Desa Remen, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban. Hamparan pasir putih yang melingkar menjorok ke laut memberi keunikan tersendiri dari pantai ini.

Pantai Remen sebagai wisata Tuban yang bagus dan populer merupakan tempat wisata yang terhitung masih baru di Tuban, karena baru diresmikan pada tahun 2015 lalu. Pantai ini masih masih bersih dan alami karena dijaga dan dikelola secara mandiri oleh warga setempat.

2. Air Terjun Nglirip

Air Terjun Nglirip adalah wisata Tuban yang bagus dan populer. Lokasinya berjarak sekitar 37 km dari Kota Tuban, tepatnya di Desa Mulyo Agung, Kecamatan Singgahan, Kabupaten Tuban.

Letak wisata Tuban yang bagus dan populer ini jauh dari pusat Kota Tuban. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 30 meter dengan air yang sangat deras. Pada musim kemarau airnya berwarna biru tosca yang sangat indah.

Tidak mengherankan bila wisata Tuban ini begitu terkenal dan populer sebagi kunjungan wisata. Keindahan dan kesegaran alamnya akan membuatmu tenang dan nyaman untuk liburan.

3. Pantai Sowan

Pantai Sowan adalah wisata Tuban yang bagus dan populer yang berlokasi di Bogoran, Bogorejo, Bancar, Tuban. Di tepi Pantai Sowan pun terdapat hutan yang luasnya mencapai 32 Hektar. Di pinggir pantai pengunjung akan menemukan rimbunan pohon Mahoni, Jati, Akacia, Klampis, dan lainnya. Lokasinya berada di perbatasan antara provinsi Jawa Timur dan Jawa Tengah.

Pantai Sowan sebagai wisata Tuban yang bagus dan populer juga dikelola oleh Perhutani membuatnya nampak bersih dan terawat. Tak cuma pepohonan, di sini akan ditemukan hewan seperti burung perkutut, Burung kutilang, Burung jalak, Burung gereja, Burung puyuh, Burung kakak tua putih, Burung trucukan, Musang, Trenggiling, hingga Biawak.

4. Gerbang Kepiting Di Kelenteng Kwan Sing Bio

Kelenteng Kwan Sing Bio adalah wisata Tuban yang bagus dan populer yang memang tampak seperti bangunan kelenteng pada umumnya. Didominasi warna merah, kuning dan hijau yang terang pada bangunannya dengan banyak hiasan Naga, lampion, dan lilin berbagai ukuran.

Tentu saja bau dupa dan hio yang senantiasa menguat dari dalam kelenteng wisata Tuban yang bagus dan populer ini.

Kelenteng Kwan Sing Bio berada di Jalan Raya R.E. Martadinata, Tuban, Jawa Timur. Cukup mudah menuju ke wisata Tuban yang bagus dan populer ini karena lokasinya yang berada di tepi jalan raya utama jalur Pantai Utara Jawa dengan banyak angkutan umum yang melintasinya.

5. Air Terjun Gajahan

Air Terjun Gajahan adalah wisata Tuban yang bagus dan populer berada di Ngulahan, Tambakboyo, Tuban. Untuk menuju lokasi Air Terjun Gajahan pengunjung perlu menempuh perjalanan sekitar 37 kilometer atau 1 jam, perjalanan dari pusat kota Tuban.

Air terjun ini memiliki panorama bebatuan besar yang eksotis dan masih sangat asri. Air Terjun Gajahan dikelilingi hutan yang hijau dengan udara segar dan menenangkan.

6. Pantai Kelapa

Sesuai namanya, di wisata Tuban yang bagus dan populer ini pengunjung akan menemukan jajara pohon kelapa yang melambai santaiantai Kelapa terletak di Desa Panyuran, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban.

Masih terbilang asri, tak jarang pengunjung berkemah di pantai wisata Tuban yang bagus dan populer ini. Wahana outbound seperti flying fox juga tersedia di pantai ini. Tempat ini menjadi andalan untuk rekreasi, berkumpul, atau sekadar bersantai di akhir pekan.

3 dari 3 halaman

Wisata Tuban yang Bagus dan Populer Selanjutnya

7. Air Terjun Sanggrahan

Air Terjun Sanggrahan adalah wisata Tuban yang bagus dan populer. Air terjun ini berlokasi dekat dengan Pemandian Air Hangat Nganget di Desa Kedung Jambe, Kecamatan Singgahan. Untuk bisa ke sini pengunjung perlu treking sebentar menyusuri sawah, semak serta pepohonan rindang.

8. Pantai Boom

Pantai Boom adalah wisata Tuban yang bagus dan populer serta menjadi pantai paling populer di Tuban. Pantai Boom Tuban terletak di Kelurahan Kutorejo, Kabupaten Tuban.

Lokasi wisata Tuban yang bagus dan populer ini tak jauh dari pusat kota Tuban yaitu di sebelah utara Alun-Alun Tuban. Dulunya Pantai Boom adalah sebuah pelabuhan kuno di masa kejayaan Kerajaan Majapahit.

Pantai wisata Tuban yang bagus dan populer ini memiliki jalan yang mejorok panjang ke laut, menjadikannya tempat bersantai para pengunjung. Banyak hal yang bisa dilakukan di Pantai Boom ini. Selain menikmati matahari terbit dan ternggelam pengunjung juga bisa memancing, serta berlayar di pantai menggunakan perahu nelayan.

9. Air Terjun Wukirharjo

Air Terjun Wukirharjo adalah wisata Tuban yang bagus dan populer berada di Wukirharjo, Parengan, Tuban. Akses menuju air terjun ini cukup rumit, tetapi akan terbayar saat melihat keindahan air terjun dengan hijaunya pepohonan asri.

Air terjun wisata Tuban yang bagus dan populer ini dikelilingi tebing berwarna kuning dengan pepohonan hijau yang rimbun. Lokasinya dapat ditempuh kurang lebih 1 jam atau 36 km dari pusat kota Tuban. Meski sulit diakses, air terjun ini tetap dikunjungi wisatawan yang hendak menyaksikan eksotisnya air terjun yang asri ini.

10. Air Terjun Kedung Bonjor

Air Terjun Kedung Bonjor adalah wisata Tuban yang bagus dan populer berada di Desa Jamprong, Kecamatan Kenduruan, Tuban. Air terjun ini tidak terlalu tinggi dengan ketinggian 5 meter saja.

Air Terjun Kedung Bonjor dikelilingi oleh hutan yang masih sangat sejuk dan segar. Kolam di air terjun ini sangat cocok untuk mandi, berendam atau sekadar bermain air. Air Terjun Kedung Bonjor kerap dijadikan tempat berfoto karena latar belakangnya yang memesona.

11. Air Terjun Bongok

Air Terjun Bongok adalah wisata Tuban yang bagus dan populer, meski lokasinya terbilang cukup terpencil. Selain suasana yang tenang dan sunyi khas wisata alam, disini juga terdapat 2 air terjun.

Di wisata Tuban yang bagus dan populer ini pengunjung dapat bermain air dan bahkan mandi di alirannya. Pemandangan di sekitarnya dapat dinikmati dengan mengambil foto air terjun yang snagat cantik.

Jalan ke wisata Tuban satu ini belum terlalu memadai, sehingga membuat pengunjung harus berusaha sedikit untuk berletih-letih, sebelum mencapai Air terjun Bongok ini. Tetapi setelah sampai, letihmu akan terbayarkan dengan panorama alam yang memesona.

12. Pantai Cemara

Pantai Cemara adalah wisata Tuban yang bagus dan populer. Di pantai Cemara pengunjung bisa menikmati hamparan pasir pantai dengan hijaunya pohon cemara yang teduh.

Selain itu, di kawasan Pantai Cemara ini ada pusat mangrove yang dapat dikunjungi wisatawan. Jadi pengunjung memiliki banyak alternatif kunjungan di salah satu wisata Tuban ini.

Wisata Tuban yang bagus dan populer seperti pantai Cemara ini memiliki struktur dangkal dan ombak yang relatif tenang. Ini membuat pantai cemara jadi pilihan cocok untuk bermain anak dan keluarga.

Pantai Cemara berada di Jl. Tuban-Gresik, Sendang Harjo, Sugihwaras, Kec. Tuban, Kabupaten Tuban.

13. Air Terjun Banyu Langse

Air Terjun Banyu Langse adalah wisata Tuban yang bagus dan populer berada di Desa Boto, Kecamatan Semanding, Tuban. Air terjun ini menawarkan perpaduan panorama hijaunya pepohonan dan putihnya perbukitan kapur.

Air Terjun Banyu Langse berada tak jauh dari pusat kota Tuban dan memiliki akses yang mudah dijangkau. Di lokasi wisata Tuban yang bagus dan populer ini, pengunjung bisa menikmati 3 pemandangan air terjun sekaligus yang masih sangat asri. Tingginya sekitar 10 meter dengan kedalaman kolam kurang lebih 5 meter.