Sukses

Super Tetra Obat Apa? Kenali Fungsi, Dosis, dan Efek Sampingnya

Liputan6.com, Jakarta Super Tetra obat apa mungkin menjadi pertanyaan banyak orang. Super Tetra adalah antibiotik yang bermanfaat untuk mengobati berbagai macam penyakit, terutama penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri.

Antibiotik yang biasanya tersedia dalam bentuk kapsul ini bekerja dengan cara menghentikan pertumbuhan bakteri. Namun, obat ini tidak dapat digunakan untuk mengatasi masalah kesehatan yang diakibatkan oleh infeksi virus.

Super Tetra obat apa mungkin bisa dijawab dengan kandungannya, yaitu adanya bahan aktif tetracycline. Untuk mengonsumsi obat ini tentu sebaiknya kamu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter agar penggunaannya tetap aman.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (19/5/2022) tentang Super Tetra obat apa.

2 dari 6 halaman

Super Tetra Obat Apa?

Super Tetra obat apa mungkin hanya dipahami oleh sabagian orang. Super Tetra obat apa yaitu obat antiobiotik yang memiliki manfaat untuk mengobati berbagai penyakit akibat infeksi bakteri. Super Tetra obat apa dapat mengobati infeksi saluran kemih, jerawat dengan derajat berat, gonore, klamidia, hingga sifilis. Namun, Super Tetra obat apa tidak bisa digunakan untuk mengobati infeksi virus, seperti flu.

Super Tetra obat apa bisa dikenali dari kandungannya yaitu adanya bahan aktif Tetracycline. Super Tetra obat apa memang bermanfaat untuk mengatasi infeksi yang disebabkan oleh organisme yang sensitif terhadap tetrasiklin. Antibiotik satu ini bekerja dengan cara menghalangi pertumbuhan sel dari bakteri.

Mengutip KlikDokter, Super Tetra adalah obat antibiotik yang diproduksi oleh Darya Varia Laboratoria Indonesia. Super Tetra obat apa tersedia dalam bentuk kapsul lunak yang dikemas di dalam box yang berisi 20 strip. Di dalam 1 kapsul Super Tetra terkandung 250 mg tetracyline.

3 dari 6 halaman

Keterangan Obat Super Tetra

Super Tetra obat apa perlu kamu kenali keterangannya. Mengutip dari KlikDokter, berikut keterangan obat antibiotik Super Tetra:

- Golongan: Obat Keras.

- Kelas Terapi: Antibiotik Tetrasiklin.

- Kandungan: Tetracycline hydrochloride 250 mg.

- Bentuk: Kapsul Lunak.

- Satuan Penjualan: Strip.

- Kemasan: Box, 20 Strip @ 6 Kapsul Lunak.

- Farmasi: Darya Varia Laboratoria Indonesia.

- Harga: Rp. 7.000 - Rp. 20.000/ Strip.

- Dosis: 1 kapsul, 3-4 kali sehari (Super Tetra merupakan obat keras yang memerlukan resep dokter)

- Cara penyimpanan: Simpan antara 20-25 derajat Celsius, serta terhindar dari paparan sinar matahari langsung.

4 dari 6 halaman

Cara Menggunakan Super Tetra dengan Benar

Mengutip Alodokter, berikut cara menggunakan Super Tetra yang benar:

1. Selalu ikuti aturan dokter ketika mengonsumsi Super Tetra. Jangan lupa untuk membaca petunjuk penggunaan yang ada pada kemasan.

2. Tida boleh mengubah dosis, waktu penggunaan, atau menghentikan penggunaan Super Tetra tanpa konsultasi dengan dokter.

3. Lebih baik diminum dengan perut kosong. Jadi, kamu bisa mengonsumsi Super Tetra 1 jam sebelum atau 1–2 jam setelah makan. Telan Super Tetra dengan bantuan segelas air putih.

4. Jangan berbaring setidaknya selama 10 menit setelah mengonsumsi Super Tetra. Jika perut terasa tidak nyaman setelah mengonsumsi obat ini, kamu dapat mengonsumsinya bersama makanan.

5. Tidak boleh menghentikan penggunaan Super Tetra sebelum waktu yang ditentukan dokter meskipun keluhan sudah mereda. Hal ini bisa menyebabkan penyakit infeksi tidak sembuh secara sempurna dan mudah kambuh.

5 dari 6 halaman

Efek Samping Super Tetra

Super Tetra obat apa tentunya memiliki efek sampin tersendiri ketika kamu mengonsumsinya. Masih mengutip KlikDokter, efek samping yang dapat muncul selama penggunaan obat Super Tetra, yaitu:

- Mual

- Muntah

- Ruam kulit

- Biduran

- Gatal

- Infeksi saluran pencernaan

- Nyeri ulu hati

- Anemia aplastik atau anemia hemolitik

- Trombositopenia

Sementara itu overdosis Tetracycline dapat menyebabkan beberapa gejala, yaitu mual, muntah, hipersensitivitas, serta kristaluria dan hematuria (dapat terjadi setelah dosis yang sangat besar diberikan).

6 dari 6 halaman

Keterangan Lainnya

Super Tetra tidak boleh digunakan pada pasien dengan kondisi alergi terhadap kandungan Super Tetra, memiliki gangguan ginjal berat, sedang dalam masa kehamilan, serta anak usia kurang dari 12 tahun.

Selain itu, ada beberapa obat yang dapat berinteraksi dengan Super Tetra, di antaranya dapat memperpanjang efek antikoagulan, dapat mengganggu aksi bakterisida penisilin, dapat mengurangi efektivitas kontrasepsi oral, dapat meningkatkan efek hipoglikemia insulin pada pasien dengan diabetes, dan dapat menaikkan kadar lithium dan digoxin.

Super Tetra obat apa memiliki berbagai efek samping seperti yang telah disebutkan di atas. Kamu harus segera berkonsultasi dengan dokter jika efek samping tersebut tidak kunjung membaik atau bahkan semakin parah.

Selain itu, kamu juga harus segera menemui dokter bila mengalami reaksi alergi atau efek samping serius seperti:

- Perubahan warna kuku dan gigi

- Sulit atau nyeri saat menelan

- Gejala infeksi baru, seperti radang tenggorokan, demam, dan menggigil

- Mudah mengalami perdarahan atau memar

- Penurunan jumlah urine

- Nyeri perut hebat

- Mata dan kulit menguning (penyakit kuning) atau urine berwarna gelap seperti teh.