Sukses

Cara Cek Kuota Indosat Lewat SMS, Dial, Operator, dan Menggunakan Aplikasi

Liputan6.com, Jakarta Cara cek kuota Indosat mungkin sudah diketahui oleh pengguna lama operator satu ini. Namun, bagi pengguna baru mungkin sebagian masih belum tahu. Padahal, mengecek kuota sangat penting dalam mengatur penggunaannya.

Cara cek kuota Indosat bisa lewat sms, dial USSD, hingga melalui aplikasi. Mengecek kuota bisa membuat kamu lebih pandai dalam mengatur penggunaan internet. Apalagi, banyak sekali godaan untuk terus berselancar di media sosial.

Kuota internet Indosat bisa menjadi pilihan bagi setiap orang dalam menggunakan media sosial ataupun berselancari di website. Kamu bisa menghemat kuota dengan memperhatikan pemakaian sehari-hari dengan cara cek kuota Indosat.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (19/5/2022) tentang cara cek kuota Indosat.

2 dari 6 halaman

Cara Cek Kuota Indosat Lewat SMS

Cara cek kuota Indosat pertama adalah dengan mengirimkan SMS. Namun, kamu tidak memerlukan pulsa untuk mengirim sms ini, alias gratis.

Cukup ketik USAGE lalu kirim ke 363. Maka akan muncul informasi lengkap jenis paket yang kamu gunakan serta rincian sisa kuota yang kamu miliki.

Kelebihan menggunakan cara pertama ini adalah kamu tidak perlu mengeluarkan pulsa untuk mengetahui status kuota yang kamu miliki. Cara cek kuota Indosat ini merupakan cara paling mudah yang bisa kamu coba di rumah. Namun, sayangnya kamu tidak bisa memeriksa masa aktif kartu menggunakan cara ini.

3 dari 6 halaman

Cara Cek Kuota Indosat Lewat Dial USSD

Cara cek kuota Indosat yang kedua adalah dengan dial USSD. Cara ini juga tidak akan menyedot pulsa kamu karena cukup dengan dial nomor *363# atau *123#.

Kemudian akan muncul beberapa opsi. Kamu bisa memilih opsi cek kuota dengan memilih nomor yang sesuai dengan opsi cek kuota tersebut. Lalu, kamu bisa memilih paket apa yang ingin diperiksa kuotanya.

Kelebihan menggunakan cara ini adalah kamu hanya perlu dial nomor sama seperti saat melakukan panggilan. Selain itu, kamu tidak perlu mengeluarkan pulsa untuk dapat mengetahui status kuota.

Kamu juga bisa sekaligus memeriksa masa aktif kartu menggunakan cara ini. Namun, cara ini disinyalir memakan waktu yang lama karena harus sabar menunggu opsi-opsi selanjutnya untuk muncul.

4 dari 6 halaman

Cek Kuota Indosat Lewat Operator

Bantuan operator pun tersedia bagi kamu yang sedang mencari cara cek kuota Indosat. Kamu bisa melakukan panggilan pada beberapa nomor berikut ini:

- Jika kamu merupakan pengguna Matrix, silakan telepon nomor 111. Telepon tersebut tak akan memungut biaya alias gratis.

- Bagi kamu pengguna kartu prabayar, seperti IM3 Ooredoo dan Mentari Ooredoo silakan telepon nomor 100 atau 185. Tak seperti pengguna Matrix, panggilan ini akan dikenakan tarif sebesar Rp 400,00.

- Namun, jika ternyata kamu kehabisan pulsa, silakan hubungi nomor +6221 5438 8888 atau +6221 3000 3000 menggunakan telepon rumah.

5 dari 6 halaman

Cek Kuota Indosat Lewat Aplikasi MyIM3

Cara cek kuota Indosat berikutnya yaitu melalui aplikasi MyIM3. Kamu perlu menginstal aplikasinya terlebih dahulu di PlayStore. Setelah selesai menginstal, langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuka aplikasi MyIM3 lalu pilih bahasa. Terdapat dua pilihan bahasa yaitu bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Selanjutnya, kamu akan dimintai izin untuk akses penggunaan VPN, maka kamu tekan tombol ‘mengerti’.

Lalu akan muncul opsi Data Saving Mode dan kamu tekan Continue lalu Ok. Kemudian, ketika diminta untuk mengakses lokasi, tekan ‘mengerti’ dan ‘izinkan’. Begitu juga dengan akses telepon dan sms. Baru setelah itu kamu bisa login nomor hp beserta kode verifikasi yang akan dikirim ke nomor hp tersebut.

Lalu akan muncul tampilan beranda Aplikasi MyIM3 lengkap dengan fitur untuk mengecek kuota. Bahkan, dengan aplikasi ini kamu juga bisa mengetahui masa aktif kartu, bisa isi pulsa, membeli paket lain, memeriksa informasi tagihan, dan menemukan lokasi Outlet Indosat.

Kelebihan menggunakan cara cek kuota Indosat yang ketiga ini adalah kamu bisa dengan mudah mengecek kuota tanpa harus dial nomor seperti cara kedua. Namun, jika belum memiliki aplikasi ini, artinya kamu harus mengunduh terlebih dahulu di Playstore maupun Appstore. Selain itu, kamu harus memastikan memiliki sambungan internet karena aplikasi MyIM3 tidak akan bisa berjalan tanpa sambungan internet.

6 dari 6 halaman

Cara Mengisi Kuota Melalui Aplikasi MyIM3

Selain cara cek kuota Indosat, kamu juga bisa mengisi kuota IM3 di aplikasi MyIM3. Berikut cara mengisi kuota di aplikasi MyIM3:

- Login ke Aplikasi MyIM3.

- Setelah berhasil masuk, pilih menu Isi Ulang.

- Pada menu tersebut, ada dua kotak yang harus diisi. Pertama, masukkan nomor yang akan ditambahkan pulsa atau paketnya. Lalu, yang kedua adalah 14 digit voucher.

- Klik "LANJUTKAN" supaya aplikasi memproses nomor voucher tersebut.

- Kuota atau pulsa akan terisi secara otomatis jika semua tahapan di atas telah dilakukan.