Sukses

Manfaat Daun Sirih untuk Wajah Berjerawat dan Cara Menerapkannya

Liputan6.com, Jakarta - Daun sirih adalah tanaman herbal yang dipercaya memiliki segudang kandungan baik untuk pengobatan tradisional (non farmakologi). Seperti adanya manfaat daun sirih untuk wajah berjerawat dan kecantikan yang akan diulas kali ini.

Daun sirih merah mampu mengurangi keparahan peradangan dan mengurangi jumlah jerawat. Manfaat daun sirih untuk wajah berjerawat ini diungkap dalam penelitian berjudul Efektivitas Penggunaan Daun Sirih Merah untuk Mengurangi Jerawat pada Remaja oleh Ellyzabeth Sukmawati.

Manfaat daun sirih untuk wajah berjerawat tidak hanya mampu mengurangi jumlah peradangannya. Akan tetapi, diungkap ada kandungan eugenol yang menjadikan manfaat daun sirih untuk wajah berjerawat dapat membantu mengurangi rasa sakit dan nyeri pada jerawat tersebut.

Lalu bagaimana cara menerapkan daun sirih merah agar manfaat daun sirih untuk wajah berjerawat bisa lebih maksimal didapatkan?

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam manfaat daun sirih untuk wajah berjerawat, cara menerapkan, dan manfaat untuk kecantikan lainnya, Jumat (20/5/2022).

2 dari 4 halaman

Manfaat Daun Sirih untuk Wajah Berjerawat

Daun sirih yang bisa memberikan manfaat lebih baik untuk jerawat adalah daun sirih merah. Daun sirih merah dikenal sebagai pengobatan herbal yang dipercaya sebagai zat eugenol.

Zat ini memiliki peran sebagai antifunal (anti jamur) sehingga mampu menghambat perkembangan sel tunas penyebab jerawat, dan zat antiseptik berkhasiat untuk membunuh bakteri penyebab munculnya jerawat.

Manfaat daun sirih untuk wajah berjerawat baik mengurangi keparahan peradangan dan mengurangi jumlah jerawat. Manfaat daun sirih untuk wajah berjerawat ini diungkap dalam penelitian berjudul Efektivitas Penggunaan Daun Sirih Merah untuk Mengurangi Jerawat pada Remaja oleh Ellyzabeth Sukmawati.

Hasil penelitian manfaat daun sirih untuk wajah berjerawat dengan daun sirih merah menunjukkan remaja yang menggunakan daun sirih merah untuk mengurangi jerawat dengan indikator warna, bentuk, jumlah dan volume yaitu remaja yang menggunakan daun sirih merah yang sebelumnya sedikit meradang menjadi berkurang.

Remaja yang menggunakan daun sirih merah untuk mengurangi jerawat dalam jumlah yang banyak adalah 15 orang dan hanya 2 orang diantaranya yang jerawatnya bertambah semakin banyak. Sedangkan yang volumenya tetap, dari 16 orang menjadi 4 orang.

“Hal ini menunjukkan bahwa daun sirih merah efektif dalam mengurangi jerawat,” dijelaskan.

Diungkap manfaat daun sirih untuk wajah berjerawat ini bisa diandalkan karena remaja yang memiliki jerawat dan selama tujuh hari mengobatinya dengan daun sirih merah akan mengalami perubahan kearah penyembuhan pada jerawatnya.

Dalam penelitian Global Health Science ini meyakinkan adanya manfaat daun sirih untuk wajah berjerawat karena dalam daun sirih merah terkandung hidroksikavicol, kavicol, kavibetol, allylprokatekol, karvakrol, eugenol, p-cymene, cineole, caryofelen, kadimen estragol, dan fenil propada.

Manfaat daun sirih untuk wajah berjerawat tidak hanya mampu mengurangi jumlah peradangannya. Akan tetapi, diungkap ada kandungan eugenol yang menjadikan manfaat daun sirih untuk wajah berjerawat dapat membantu mengurangi rasa sakit dan nyeri pada jerawat tersebut.

3 dari 4 halaman

Cara Membuat Masker Daun Sirih untuk Wajah Berjerawat

Apabila sudah memahami manfaat daun sirih untuk wajah berjerawat, selanjutnya ketahui cara menerapkan daun sirih merah untuk wajah berjerawat tersebut.

Masih mengutip dari literatur penelitian yang sama, baiknya agar manfaat daun sirih untuk wajah berjerawat bisa maksimal, perawatannya dilakukan dengan rutin dan disertai dengan menjaga kebersihan wajah.

Begini cara menerapkan daun sirih untuk wajah berjerawat dalam penelitian berjudul Efektivitas Penggunaan Daun Sirih Merah untuk Mengurangi Jerawat pada Remaja oleh Ellyzabeth Sukmawati:

1. Metode Satu:

Cara menerapkan daun sirih merah untuk wajah berjerawat adalah buat ramuan sirih dengan mengambil 7-10 lembar daun sirih merah, cuci bersih, dan tumbuk hingga halus, dan kemudian gunakan seduhan air sirih tersebut untuk mencuci muka, dan untuk hasil maksimal maka pemakaian ini dilakukan secara rutin 2 kali sehari.

2. Metode Dua:

Sirih merah ini bisa digunakan 2-3 lembar daun saja setelah itu daun ditumbuk dan ditetesi air hangat ½ sendok teh untuk mengambil sarinya, setelah itu balurkan sirih pada wajah dan tunggu 1-2 jam hingga kering lalu cuci muka menggunakan air hangat, gunakan sirih ini 2 kali sehari atau sebelum mandi. Luka jerawat akan mulai hilang pada 7-10 hari.

4 dari 4 halaman

Manfaat Daun Sirih untuk Kecantikan Lainnya

Manfaat daun sirih tidak hanya baik mengurangi peradangan pada jerawat di wajah. Ada beberapa manfaat daun sirih untuk kecantikan yang selama ini jarang diketahui.

Meski sebenarnya, belum ada penelitian tentang manfaat daun sirih untuk kecantikan yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber ini:

1. Menjaga Kesehatan Rambut

Manfaat daun sirih merah untuk kecantikan sangat baik menjaga rambut. Kandungan antioksidan pada sirih merah dapat meningkatkan kesehatan rambut dan mengobati kekurangan nutrisi yang dapat membahayakan kesehatan rambut. Antioksidan dari manfaat daun sirih merah untuk kecantikan dapat melindungi folikel rambut yang lembut dan mencegah rambut rontok yang disebabkan oleh stres oksidatif.

2. Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat daun sirih merah untuk kecantikan sifat anti-inflamasinya yang kuat, sirih merah tak hanya mampu mencegah jerawat. Air rebusan sirih merah juga dapat digunakan untuk mengobati berbagai kondisi kulit, termasuk ketombe, eksim, varises, luka bakar, memar, hingga gigitan serangga.

Beberapa penelitian menyatakan sifat antiseptik pada daun sirih merah lebih baik dari sabun atau produk antiseptik buatan. Kandungan antioksidan sirih merah mampu meregenerasi kulit wajah yang rusak akibat polusi dan radikal bebas. Untuk mencegah jerawat cukup gunakan air rebusan daun sirih merah sebagai pencuci muka dua kali sehari.

3. Menghilangkan Bau Badan

Sirih merah mengandung estradiol dan klavikula yang mengontrol produksi hormon dan kelenjar keringat. Mengonsumsi air rebusan daun sirih merah mampu meredakan bau badan yang berlebihan. Aplikasikan tumbukan daun sirih ke ketiak secara teratur untuk merasakan manfaat daun sirih merah untuk kecantikan ini.

Manfaat daun sirih merah untuk kecantikan juga dapat mengatasi bau mulut berkat kandungan eugenol dan capitol. Sifat antiseptik pada sirih merah ampuh membunuh bakteri mulut. Berkumur dengan air rebusan daun sirih merah mampu membunuh bakteri penyebab bau mulut.

4. Menjaga Organ Kewanitaan

Kesehatan organ kewanitaan alias Miss V tentunya sangat penting bagi setiap perempuan. Anda bisa menggunakan manfaat daun sirih merah untuk kesehatan khusus merawat organ intim wanita. Dilansir StyleCraze, daun sirih dapat membunuh bakteri Candida penyebab leukorrhea atau keputihan. Rebus 5-10 lembar daun sirih ke dalam 250 ml air. Setelah direbus, saring airnya dan gunakan untuk mencuci area kewanitaan yang bermasalah.

5. Mengatasi Pembengkakan Payudara

Biasanya payudara pada wanita akan membengkak selama masa menyusui. Manfaat daun sirih merah untuk kesehatan bisa dijadikan solusi mengatasi pembengkakan payudara ini. Senyawa allyprokatecol dan carvacol pada daun sirih merah dipercaya dapat membantu meregangkan otot-otot payudara yang mengalami inflamasi. Caranya, bakar daun sirih merah hingga sedikit layu. Setelah itu, kemudian tempelkan pada payudara yang membengkak selagi masih hangat.