Sukses

8 Manfaat Air Kelapa untuk Wanita, Kurangi Rasa Nyeri Haid dan Sehatkan Ibu Hamil

Liputan6.com, Jakarta Manfaat air kelapa bagi wanita perlu diketahui. Air kelapa adalah minuman menyegarkan yang populer dikalangan masyarakat Indonesia. Selain menyegarkan, air kelapa muda juga memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh.

Air kelapa memiliki nutrisi yang tinggi yang berguna dalam menjaga daya tahan tubuh. Secara khusus, wanita juga bisa mendapat manfaat tertentu dari konsumsi air kelapa ini. Apalagi bila dikonsumsi secara rutin setiap hari. 

Kandungan nutrisi dalam air kelapa adalah kalium, natrium, kalsium, magnesium, vitamin B1, B2, B3, B6, C, dan folat. Tak hanya itu, air kelapa juga tergolong minuman yang bebas lemak dan kolesterol serta rendah kalori dan gula.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai manfaat air kelapa untuk wanita yang dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (20/5/2022).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Manfaat Air Kelapa untuk Wanita

1. Mengatur siklus menstruasi

Manfaat air kelapa untuk wanita yang pertama adalah dapat mengatur siklus menstruasi. Banyak yang menyebut air kelapa dapat menghentikan atau memperpanjang menstruasi. Namun, hal ini tidaklah tepat. Faktanya, fitoestrogen pada air kelapa justru dapat membantu mengatur siklus menstruasi sehingga membuat haid menjadi lebih teratur. Hal ini justru bisa membantu wanita yang sedang merencanakan kehamilan.

2. Meredakan nyeri haid

Bukan hanya mengatur siklus menstruasi, manfaat air kelapa muda juga membantu meredakan nyeri saat haid (dismenore) serta gejala sebelum menstruasi (premenstrual syndrome/PMS). Kabar baiknya, hal tersebut telah terbukti dalam beberapa penelitian. Salah satu penelitian mengenai hubungan minum air kelapa dengan nyeri haid dipublikasikan di Jurnal Kedokteran Brawijaya tahun 2020. Berdasarkan penelitian tersebut, kandungan magnesium pada air kelapa hijau dapat membantu mengurangi nyeri dismenore dan gejala PMS.

3. Minuman sehat untuk ibu hamil

Manfaat air kelapa untuk wanita yang selanjutnya adalah menyehatkan ibu hamil. Ibu hamil yang tinggal di daerah tropis disarankan untuk minum air kelapa setiap hari untuk mengatasi morning sickness dan mencegah mual. Air kelapa mengandung elektrolit, klorida, kalsium, kalium, natrium, dan riboflavin. Minuman segar ini juga kaya vitamin C yang sangat diperlukan selama kehamilan. Air kelapa juga mengandung asam laurat (yang ditemukan dalam ASI). Terlebih, air kelapa juga memiliki sifat anti-bakteri dan anti-mikroba yang melindungi tubuh dari infeksi.

4. Menyembuhkan infeksi saluran kemih

ISK adalah infeksi yang umumnya dihadapi oleh kebanyakan wanita. Manfaat air kelapa bisa membunuh bakteri yang menyebabkan infeksi saluran kemih atau lainnya. Minum air kelapa dua kali sehari, jika Anda juga menderita infeksi vagina.

3 dari 4 halaman

Manfaat Air Kelapa untuk Wanita

5. Penurunan berat badan

Ini adalah salah satu manfaat air kelapa untuk wanita. Air kelapa yang dikenal rendah kalori, membuat perut kenyang lebih lama. Selain mengeluarkan racun dari tubuh, air kelapa juga membersihkan sistem dan mendorong oksigen dalam sel darah. Ini merupakan minuman bebas lemak yang berguna untuk menurunkan tingkat kolesterol LDL dan membakar timbunan lemak dalam tubuh.

6. Baik untuk kulit

Wanita mencoba beragam pengobatan untuk mendapatkan kulit yang cantik dan sempurna. Anda tentu senang jika mengetahui bahwa air kelapa menyediakan banyak manfaat kesehatan untuk kulit wanita. Air kelapa melembapkan kulit dan membersihkannya dari dalam. Jadi, untuk mendapatkan kulit lembut dan bersinar, minum air kelapa secara teratur.

7. Mengatasi sensasi terbakar pada vagina

Manfaat air kelapa untuk wanita yang berikutnya adalah mengatasi sensasi terbakar pada vagina. Infeksi yang terjadi pada vagina bisa mengakibatkan munculnya sensasi terbakar pada organ tubuh wanita. Mengonsumsi air kelapa bisa jadi cara yang sangat mudah untuk mengatasinya.

8. Membuat Anda tetap terhidrasi

Air kelapa adalah salah satu minuman terbaik yang memiliki banyak manfaat kesehatan untuk wanita. Dehidrasi dapat menyebabkan komplikasi kesehatan. Jadi, setiap kali Anda mengalami dehidrasi, segera minum air kelapa. Ini tidak hanya membuat Anda terhidrasi, tetapi juga mengeluarkan racun dari tubuh.

4 dari 4 halaman

Cara Mengonsumsi Air Kelapa yang Tepat

Untuk mendapatkan manfaat air kelapa secara maksimal, sebaiknya Anda mengonsumsi air kelapa murni yang diperoleh langsung dari buah kelapa. Selain itu, Anda juga disarankan untuk tidak menambahkan gula atau pemanis buatan saat mengonsumsinya.

Jika Anda mengonsumsi air kelapa kemasan, pastikan kemasan tidak rusak dan perhatikan kembali kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. Kebanyakan air kelapa kemasan sudah tidak lagi murni dan diberi perasa atau gula tambahan. Jika dikonsumsi secara berlebihan, tentu tidak baik bagi kesehatan.

Anda bisa menyimpan air kelapa kemasan di dalam kulkas agar tetap terjaga kesegarannya. Namun, bila sudah dibuka, segera habiskan air kelapa kemasan tersebut setidaknya dalam waktu 24 jam. Apabila Anda mengalami keluhan setelah mengonsumsi air kelapa, seperti mual, muntah, sakit perut, atau diare, konsultasikan keluhan Anda ke dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan dan penanganan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.