Sukses

Penyanyi Senior Ivo Nilakreshna Meninggal Dunia, Ini 4 Faktanya

Liputan6.com, Jakarta Kabar duka kembali datang dari industri musik Tanah Air. Penyanyi senior Ivo Nilakreshna dikabarkan meninggal dunia pada Jumat (20/5/2022) pada pukul 14.22 WIB. 

Meninggalnya Ivo Nilakhresna ini disampaikan langsung oleh Baina Ivo selaku sang putri melalui akun Instagram pribadinya. Dalam unggahan tersebut, terlihat foto sang ibunda yang masih terbaring di rumah sakit dengan menggunakan selang oksigen.

"Innalilahi wa innalillahi rojiun, Telah berpulang ibunda tercinta H. Ivo Fauziah Hanum binti TM. Usman El Muhammady tgl 20 Mei 2022 hari Jumat pukul 14.22. Kami sekeluarga mohon di bukakan pintu maaf apabila ibu kami ada kesalahan yg di sengaja maupun yg tidak di sengaja," tulisnya.

Sebelum meninggal dunia, penyanyi kelahiran 31 Januari 1940 ini diketahui tengah menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Kencana. Meski begitu, belum diketahui mengenai penyakit ataupun penyebab Ivo Nilakreshna meninggal dunia.

Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, berikut ini beberapa fakta terkait meninggalnya Ivo Nilakreshna, Jumat (20/5/2022).

2 dari 5 halaman

1. Meninggal di Usia 83 tahun

Penyanyi legendaris Ivo Nilakreshna diketahui meninggal dunia di rumah sakit pada usia 83 tahun. Jenazah Wanita yang pernah bergabung dengan TVRI Statisun Pusat Jakarta pada 1963 ini pun disemayamkan di rumah duka yang berada di kawasan Ampera, Jakarta Selatan. Info tersebut diketahui awak media dari pesan singkat yang dikirimkan oleh piihak keluarga.

"Almarhumah akan disemayankan,di jl. Kenanga no 71, jeruk purut. Ampera, pada hari Jumat , 20 Mei 2022 pukul 17.00 WIB," bunyi pesan tersebut.

 

3 dari 5 halaman

2. Dimakamkan pada esok hari

Rencananya, jenazah Ivo Nilakreshna akan disemayamkan satu malam di rumah duka, sebelum dimakamkan pada esok hari. Almarhumah pun akan dimakamkan di Tempat pemakaman Umum (TPU) Tanah Kusir, Jakarta Selatan pada pukul 08.00 WIB.

"Insya allah akan dikebumikan di taman pemakaman Tanah Kusir Sabtu, 21 Mei 2022 Pukul 8.00 AM." lanjutnya.

4 dari 5 halaman

3. Awal karier

Ivo Nilakreshna atau yang memiliki nama asli Ivo Fauziah Hanum mengawali kariernya dalam pemilihan Bintang Radio di Medan pada 1956. Bahkan, dirinya juga ikut dalam pemilihan Bintang Radio se-Jakarta pada 1964 dan berhasil meraih juara pertama.

Dirinya juga bergabung dalam TVRI Stasiun Pusat Jakarta pada 1963 dan tampil di berbagai acara. Dirinya pun tampil di beberapa acara musik seperti, Sejenak Bersama, Hiburan Malam, Irama Keroncong, Irama Melayu, Jazz, Dari Masa Ke Masa, Irama Gurun Sahara, Lagu & Pencipta, dan sebagainya.

5 dari 5 halaman

4. Karier Internasional

Tak hanya berhasil meniti karier di Indonesia saja, akan tetapi wanita berdarah Aceh-Minang ini juga pernah tampil di berbagai televisi luar negeri. Dirinya berhasil tampil di TV Malaysia (1962 dan 1969), Hongkong (1962), Manila (1962), Tokyo (1982 dan 1965), Singapura (1962-1979) dan Amsterdam (1968).

Ivo sendiri diketahui telah berkarier di dunia musik Tanah Air selama 54 tahun. Bahkan, ia telah berhasil merilis 100 album keroncong, pop serta jazz. Tak hanya itu saja, ia juga telah menciptakan sedikitnya 200 lagu.

Bukan hanya dikenal sebagai penyanyi saja, namun Ivo juga turut mendirikan perusahaan rekaman serta periklanan bernama PT Nilakreshna Entertainment. Berkat kegigihannya, ia juga pernah mendapatkan posisi di organisasi IKARI, DPD-Jaya Perbumi dan IWAPI.