Sukses

Cara Screenshot Laptop Windows dan MacBook, Mudah Tanpa Aplikasi

Liputan6.com, Jakarta Cara screenshot laptop kerap kali dibutuhkan ketika ingin menyimpan informasi penting. Screenshot merupakan cara menangkap tangkapan layar untuk bisa disimpan. Cara screenshot laptop tidaklah sulit. Bahkan tak memerlukan software yang harus diinstal.

Cara screenshot laptop berbeda antara Windows dan Macbook. Cara screenshot laptop Windows dan Macbook bisa menggunakan fitur bawaan perangkat. Kamu tak perlu menginstal software atau aplikasi pihak ketiga untuk melakukan cara screenshot laptop.

Untuk Windows, cara screenshot laptop umumnya bisa dilakukan di semua merek laptop. Berikut cara screenshot laptop Windows ataupun Macbook, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Minggu (22/5/2022).

2 dari 3 halaman

Cara screenshot laptop Windows

Print Screen+win

Cara screenshot laptop Windows yang paling mudah cukup menggunakan kombinasi tombol keyboard print screen dan win. Tombol win merupakan tombol dengan simbol jendela yang biasanya terdapat pada bagian kiri bawah keyboard. Berikut cara screenshot laptop Windows menggunakan tombol print screen dan win:

1. Tentukan area yang akan kamu screen shoot pada layar laptop

2. Tekan tombol print screen atau prt scr pada keyboard laptopmu bersamaan dengan tombol win

3. Screenshotmu otomatis telah tersimpan pada folder C:\Users\Pictures\Screenshots

Print Screen dan Paint

Cara screenshot laptop Windows selanjutnya masih menggunakan tombol print screen. Tapi, kamu memerlukan software Paint untuk menyimpan hasil screenshot. Berikut cara screenshot laptop Windows menggunakan tombol print screen dan paint:

1. Tentukan area yang akan kamu screenshot pada layar laptop

2. Tekan tombol print screen atau prt scr pada keyboard laptopmu. Screenshotmu otomatis telah tersimpan

3. Kemudian buka aplikasi paint yang ada pada laptopmu

4. Setelah paint terbuka, pilih pilihan paste pada home atau tekan ctrl+v pada keyboard

5. Hasil screenshot akan ditampilkan pada lembar kerja paintmu

6. Kamu dapat menympannya dengan format jpg, png, maupun bmp.

Namun baru-baru ini Microsoft mengumumkan bahwa mereka telah menutup usia Microsoft Paint atau dengan kata lain meniadakan software paint pada sistem windows. Jika kamu memiliki software pengedit gambar lainnya seperti Photoshop atau CorelDraw kamu juga dapat menggunakan software tersebut.

Snipping Tool

Cara screenshot laptop Windows selanjutnya adalah menggunakan software bawaan windows yaitu Snipping Tool. Snipping tool merupakan software sederhana bawaan Windows yang biasanya sudah tersedia di laptop Windows. Pilihan model screenshot pada snipping tool juga beragam. Tak seperti pada penggunaan tombol print screen yang hanya dapat melakukan screenshot dengan mode full screen.

Snipping tool memberi pilihan kamu untuk mengambil screenshot pada bagian tertentu yang kamu inginkan.Kamu cukup mengetik snipping tool pada kolom exploremu maka snipping tool sudah dapat kamu temukan. Berikut langkah-langkah menggunakannya:

1. Buka software snipping tool

2. Pada tampilan snipping tool terdapat 4 mode screenshot yang dapat kamu pilih. Mode tersebut antara lain adalah:

Free-form snip, yang memungkinkan kamu melakukan screenshot sesuai bentuk yang kamu mau. Kamu bisa mengarahkan kursormu sesuai bentuk yang kamu inginkan maka hasil screenshot akan mengikuti bentuk yang kamu arahkan.

Rectangular Snip, memungkinkan kamu melakukan screenshot dengan bentuk 4 sisi sesuai keinginanmu. Kamu bisa mengambil screenshot dengan bentuk persegi atau persegi panjang dengan ukuran sesukamu.

Window & Full Screen Snip, kedua pilihan ini memiliki fungsi yang sama yaitu melakukan screenshot untuk satu layar penuh. Seperti pada cara screenshot menggunakan print screen sebelumnya

3. Pilih lokasi atau area yang akan kamu screenshot

4. Pilih mode screenshot yang kamu inginkan

5. Lakukan screenshot sesuai mode yang kamu pilih

6. Hasil screenshot akan langsung ditampilkan pada jendela snipping tool

7. Simpan hasil screenshot dengan format gambar yang kamu inginkan.

 

3 dari 3 halaman

Cara screenshot laptop MacBook

Cara screenshot laptop Macbook seluruh layar

Berikut cara screenshot laptop Macbook seluruh layar:

1. Untuk mengambil screenshot layar, tekan dan tahan tombol Shift, Command, dan 3 secara bersamaan.

2. Jika melihat gambar mini di sudut layar, klik untuk mengedit screenshot layar. Atau, tunggu hingga screenshot layar tersimpan di desktop.

Cara mengambil screenshot sebagian layar

Berikut cara screenshot laptop Macbook sebagian layar:

1. Tekan dan tahan tombol Shift, Command, dan 4 secara bersamaan.

2. Tarik penunjuk bidik untuk memilih area layar yang akan diambil jepretannya. Untuk memindahkan area yang dipilih, tekan dan tahan bar Spasi sambil menarik penunjuk bidik. Untuk membatalkan pengambilan screenshot layar, tekan tombol Esc (Escape).

3. Untuk mengambil screenshot layar, lepas tombol mouse atau trackpad.

4. Jika melihat gambar mini di sudut layar, klik untuk mengedit screenshot layar. Atau, tunggu hingga screenshot layar tersimpan di desktop.

Cara mengambil screenshot jendela atau menu

Berikut cara screenshot laptop Macbook jendela atau menu:

1. Buka jendela atau menu yang ingin diambil screenshot.

2. Tekan dan tahan tombol Shift, Command, 4, dan bar Spasi secara bersamaan. Penunjuk berubah menjadi ikon kamera.Untuk membatalkan pengambilan screenshot layar, tekan tombol Esc (Escape).

3. Klik jendela atau menu untuk mengambil screenshot. Untuk mengecualikan bayangan jendela dari screenshot layar, tekan dan tahan tombol Option saat mengeklik.

4. Jika melihat gambar mini di sudut layar, klik untuk mengedit screenshot layar. Atau, tunggu hingga screenshot layar tersimpan di desktop.