Sukses

Penyebab Eutrofikasi pada Ekosistem Air, Ketahui Prosesnya

Eutrofikasi menyebabkan masalah lingkungan.

Liputan6.com, Jakarta Penyebab eutrofikasi bisa menimbulkan ketidakseimbangan pada ekosistem air. Eutrofikasi memicu reaksi berantai dalam ekosistem. Penyebab eutrofikasi bisa memicu berkembangnya alga berbahaya, matinya ekosistem, hingga kematian ikan.

Penyebab eutrofikasi sebenarnya merupakan perubahan alami. Tapi, penyebab eutrofikasi juga bisa diperburuk oleh perubahan iklim. Ini bisa menambah tantangan untuk memulihkan kualitas air dan kesehatan biologis.

Penyebab eutrofikasi bisa terjadi di danau, sungai, atau laut. Penyebab eutrofikasi dianggap sebagai masalah lingkungan yang serius karena sering mengakibatkan penurunan kualitas air. Berikut penyebab eutrofikasi dan prosesnya, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Minggu (22/5/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Apa itu eutrofikasi?

Eutrofikasi adalah proses di mana seluruh atau sebagian badan air semakin diperkaya dengan mineral dan nutrisi. Eutrofikasi mengacu pada proses yang dihasilkan dari penuaan danau dan sungai karena konsentrasi nutrisi yang tinggi. Mineral dan nutrisi ini terutama adalah nitrogen dan fosfor.

Pertumbuhan berlebihan alga dan plankton di badan air merupakan indikator dari eutrofikasi. Eutrofikasi lebih dikenal luas dalam kaitannya dengan aktivitas manusia di mana pengenalan buatan nutrisi tanaman telah menyebabkan perubahan komunitas dan penurunan kualitas air di banyak sistem air tawar.

Eutrofikasi dianggap sebagai masalah lingkungan yang serius karena sering mengakibatkan penurunan kualitas air dan menipisnya oksigen terlarut dalam badan air. Perairan eutrofik akhirnya bisa menjadi “zona mati” yang tidak mampu menopang kehidupan.

3 dari 5 halaman

Proses eutrofikasi

Ketika terlalu banyak nutrisi masuk ke badan air, pertumbuhan alga atau tanaman lain akan tumbuh secara invasif. Pertumbuhan berlebih ini akhirnya menghabiskan oksigen di dalam air, membunuh ikan dan kehidupan hewan lainnya.

Jika kamu pernah melihat permukaan kolam yang ditumbuhi ganggang hijau terang, ini adalah contoh eutrofikasi. Contoh lain eutrofikasi adalah pertumbuhan eceng gondok pada perairan. Perkembangan ini bisa disebabkan oleh fosfat dalam deterjen, pupuk, dan limbah.

Eutrofikasi adalah proses peningkatan produksi biomassa di badan air yang disebabkan oleh peningkatan konsentrasi nutrisi tanaman, paling sering fosfat dan nitrat. Peningkatan konsentrasi hara menyebabkan peningkatan pertumbuhan tanaman air, baik makrofita maupun fitoplankton. Semakin banyak bahan tanaman yang tersedia sebagai sumber makanan, ada peningkatan terkait invertebrata dan spesies ikan. Ketika proses berlanjut, biomassa badan air meningkat dan keanekaragaman hayati menurun.

4 dari 5 halaman

Penyebab eutrofikasi

Sebagian besar penyebab eutrofikasi adalah limpasan air hujan. Ketika air mengalir dari tanah ke danau dan sungai, ia membawa bahan kimia dan zat lain dari permukaan tanah bersamanya. Hal ini dapat menyebabkan pencemaran air, dan juga menyebabkan eutrofikasi. Eutrofikasi di ekosistem air tawar hampir selalu disebabkan oleh kelebihan fosfor. Sementara eutrofikasi di laur disebabkan oleh nitrogen dan fosfor, tergantung lokasinya.

Sebelum campur tangan manusia, eutrofikasi adalah proses alami yang sangat lambat di mana nutrisi, terutama senyawa fosfor dan bahan organik, menumpuk di badan air. Nutrisi ini berasal dari degradasi dan larutan mineral dalam batuan dan oleh pengaruh lumut kerak, lumut dan jamur yang secara aktif mengais nutrisi dari batuan.

Kini, eutrofikasi juga disebabkan oleh perilaku manusia. Eutrofikasi ini disebut dengan eutrofikasi antropogenik. Ini merupakan proses eutrofikasi yang jauh lebih cepat di mana nutrisi ditambahkan ke badan air dari berbagai input pencemar termasuk limbah yang tidak diolah atau diolah sebagian, limbah industri, dan pupuk dari praktik pertanian. Kondisi ini kerap kali disebut polusi nutrisi.

5 dari 5 halaman

Faktor penyebab eutrofikasi

Melansir conserve-energy-future, berikut faktor penyebab eutrofikasi:

Pupuk

Eutrofikasi lebih banyak disebabkan oleh ulah manusia karena ketergantungannya pada penggunaan pupuk nitrat dan fosfat. Praktek pertanian dan penggunaan pupuk di halaman rumput, lapangan golf dan bidang lainnya berkontribusi terhadap akumulasi nutrisi fosfat dan nitrat.

Ketika nutrisi ini dicuci oleh limpasan permukaan ke danau, sungai, lautan, dan air permukaan lainnya saat hujan, plankton yang lapar, ganggang, dan kehidupan tanaman air lainnya diberi makan dengan baik, dan aktivitas fotosintesisnya meningkat. Hal ini menyebabkan pertumbuhan yang padat dari ganggang dan kehidupan tanaman, seperti eceng gondok di lingkungan perairan.

Operasi Pemberian Makan Ternak Terkonsentrasi

Operasi pemberian makan hewan terkonsentrasi juga merupakan kontributor utama penyebab eutrofikasi. Operasi pemberian makan hewan terkonsentrasi biasanya melepaskan sejumlah besar nutrisi yang menemukan jalan ke sungai, sungai, danau, dan lautan di mana mereka terakumulasi dalam konsentrasi tinggi, sehingga mengganggu badan air dengan pertumbuhan cyanobacterial dan alga yang berulang.

Pembuangan Limbah Langsung dan Limbah Industri ke Badan Air

Di beberapa bagian dunia, terutama negara berkembang, air limbah langsung dibuang ke badan air seperti sungai, danau, dan lautan. Akibatnya, ia memasukkan nutrisi kimia dalam jumlah tinggi, sehingga merangsang pertumbuhan padat ganggang dan tanaman air lainnya, yang mengancam kelangsungan hidup kehidupan air dalam banyak cara.

Akuakultur

Akuakultur adalah teknik budidaya kerang, ikan bahkan tanaman air (tanpa tanah) dalam air yang mengandung nutrisi terlarut. Sebagai praktik yang sangat dianut belakangan ini, ini juga memenuhi syarat sebagai kontributor peringkat teratas penyebab eutrofikasi. Jika budidaya tidak dikelola dengan baik, partikel makanan yang tidak dikonsumsi bersama dengan ekskresi ikan dapat secara signifikan meningkatkan kadar nitrogen dan fosfor di dalam air, menghasilkan pertumbuhan padat tanaman terapung mikroskopis.

Peristiwa alam

Peristiwa alam seperti banjir dan aliran alami sungai dan sungai juga dapat mencuci kelebihan nutrisi dari tanah ke dalam sistem air, sehingga menyebabkan pertumbuhan alga yang berlebihan. Selain itu, seiring bertambahnya usia danau, danau tersebut secara alami mengakumulasi sedimen serta nutrisi fosfor dan nitrogen yang berkontribusi pada pertumbuhan eksplosif fitoplankton dan cyanobacterial blooms.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.