Sukses

Gejala Kanker Usus Besar, Penyebab, Risiko, dan Tahap Stadiumnya

Kanker usus besar paling umum ke-3 di seluruh dunia.

Liputan6.com, Jakarta Kanker usus besar merupakan jenis kanker yang perlu diwaspadai. Menurut World Cancer Research Fund International, kanker usus besar atau kanker kolorektal adalah kanker paling umum ke-3 di seluruh dunia. Ada lebih dari 1,9 juta kasus baru kanker kolorektal pada tahun 2020.

Usus besar merupakan organ yang berfungsi mengeluarkan air dan garam dari limbah padat. Limbah tersebut kemudian bergerak melalui rektum dan keluar dari tubuh melalui anus. Masalah pada usus besar akan memengaruhi proses metabolisme tubuh.

Mengenali penyebab dan gejala kanker usus besar bisa membantu meningkatkan kewaspadaan akan penyakit ini. Gejala kanker usus besar umumnya berkaitan dengan masalah pencernaan. Berikut gejala kanker usus besar dan penyebabnya, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Minggu (22/5/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Penyebab kanker usus besar

Melansir American Cancer Society, kanker dimulai ketika sel-sel dalam tubuh mulai tumbuh di luar kendali. Para peneliti masih mempelajari penyebab kanker usus besar. Penyebab kanker usus besar bisa berasal dari mutasi genetik yang dapat diturunkan dan lingkungan.

Penyebab kanker usus besar seringkali dimulai dari pertumbuhan polip di usus besar atau rektum. Seiring waktu, beberapa polip dapat berubah menjadi kanker. Tetapi tidak semua polip menjadi kanker. Peluang polip berubah menjadi kanker tergantung pada jenis polipnya.

Polip yang berisiko menjadi kanker di antaranya adalah polip adenomatosa (adenoma) dan polip bergerigi sessile (SSP) dan adenoma bergerigi tradisional (TSA). Faktor lain yang dapat membuat polip lebih mungkin mengandung kanker atau meningkatkan risiko seseorang terkena kanker kolorektal adalah ketika polip lebih besar dari 1 cm, ada lebih dari 3 polip, adanya displasia terlihat pada polip setelah diangkat. Displasia adalah kondisi pra-kanker lainnya. Itu berarti ada area di polip atau di lapisan usus besar atau rektum di mana sel-selnya terlihat tidak normal, tetapi mereka belum menjadi kanker.

Jika kanker terbentuk dalam polip, ia dapat tumbuh ke dinding usus besar atau rektum seiring waktu. Dinding usus besar dan rektum terdiri dari banyak lapisan. Kanker kolorektal dimulai di lapisan terdalam (mukosa) dan dapat tumbuh ke luar melalui beberapa atau semua lapisan lainnya.

Ketika sel kanker berada di dinding, mereka kemudian dapat tumbuh menjadi pembuluh darah atau pembuluh getah bening (saluran kecil yang membawa limbah dan cairan). Dari sana, mereka dapat melakukan perjalanan ke kelenjar getah bening terdekat atau ke bagian tubuh yang jauh.

3 dari 5 halaman

Faktor risiko penyebab kanker usus besar

Ada beberapa faktor risiko yang dapat meningkatkan peluang terkena kanker usus besar. Memiliki salah satu dari faktor risiko ini membuat seseorang lebih mungkin mengalami kanker usus besar. Berikut faktor risikonya:

- memiliki orang tua, saudara kandung, atau anak dengan riwayat kanker usus besar atau rektum

- riwayat pribadi kanker usus besar, dubur, atau ovarium

- riwayat pribadi polip berukuran 1 sentimeter atau lebih, atau dengan sel abnormal

- kondisi genetik yang diturunkan, seperti sindrom Lynch

- menderita kolitis ulserativa kronis atau penyakit Crohn selama 8 tahun atau lebih

- secara teratur mengkonsumsi alkohol tiga kali atau lebih dalam sehari

- merokok

- usia yang lebih tua

- kurangnya aktivitas fisik

- pola makan rendah serat, diet tinggi lemak kurang buah dan sayuran

- menderita diabetes tipe 2

- mengkonsumsi makanan tinggi daging olahan

- ras dan etnis, karena Afrika-Amerika, Asia, dan orang-orang keturunan Hispanik dapat menerima diagnosis kanker usus besar pada tahap penyakit selanjutnya

4 dari 5 halaman

Tahapan kanker usus besar

Melansir Healthline, dokter menggunakan pementasan sebagai pedoman umum untuk mengetahui seberapa jauh kanker itu. Ada lima tahapan kanker usus besar, dari 0 sampai 4. Kanker usus besar stadium 0 adalah stadium paling awal, dan stadium 4 adalah stadium paling lanjut. Berikut definisinya:

Tahap 0: dikenal sebagai tahap akrsinoma in situ. Pada tahap ini, el-sel abnormal hanya berada di lapisan dalam usus besar atau rektum.

Tahap 1: Kanker telah menembus lapisan, atau mukosa, usus besar atau rektum dan mungkin telah tumbuh ke lapisan otot. Itu belum menyebar ke kelenjar getah bening terdekat atau ke bagian lain dari tubuh.

Tahap 2: anker telah menyebar ke dinding usus besar atau rektum, atau melalui dinding ke jaringan terdekat, tetapi belum mempengaruhi kelenjar getah bening.

Tahap 3: Kanker telah pindah ke kelenjar getah bening tetapi tidak ke bagian tubuh yang lain.

Tahap 4: Kanker telah menyebar ke organ jauh lainnya, seperti hati atau paru-paru.

5 dari 5 halaman

Gejala kanker usus besar

Pada tahap awal, pengidap kanker usus besar tidak mengalami gejala sama sekali. Tapi, kemungkinan gejala yang muncul bisa meliputi sembelit, diare, perubahan warna tinja, perubahan bentuk tinja, darah dalam tinja, pendarahan dari rektum, gas yang berlebihan, kram dan sakit perut.

Gejala kanker usus besar lebih terlihat pada stadium 3 dan 4. Selain gejala di atas, kanker usus besar stadium lanjur bisa menyebabkan gejala seperti kelelahan berlebihan, kelemahan yang tidak dapat dijelaskan, penurunan berat badan yang tidak disengaja, perubahan tinja yang bertahan lebih dari sebulan, perasaan bahwa perut tidak akan benar-benar kosong, dan muntah.

Jika kanker usus besar menyebar ke bagian lain dari tubuh, kanker bisa menimbulkan gejala penyakit kuning, bengkak di tangan atau kaki, kesulitan bernapas, sakit kepala kronis, pandangan kabur, sampai patah tulang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.