Sukses

Jelaskan Pengertian Kebugaran Jasmani Menurut Para Ahli, Kenali Unsurnya

Kebugaran jasmani merupakan kunci kesehatan dan ketahanan tubuh yang sebenarnya.

Liputan6.com, Jakarta Jelaskan pengertian kebugaran jasmani perlu dipahami oleh setiap orang. Kebugaran jasmani harus dipenuhi oleh setiap orang supaya mampu menjalankan aktivitas sehari-hari dengan baik tanpa mengalami rasa lelah berlebihan.  

Jelaskan pengertian kebugaran jasmani perlu dipahami dan dipraktikkan. Semakin sering olahraga atau berkegiatan fisik turut membantu badan agar senantiasa bertenaga. Apalagi, kebugaran jasmani juga akan mendukung kesehatan kamu.

Kebugaran jasmani merupakan kunci kesehatan dan ketahanan tubuh yang sebenarnya. Makin tinggi taraf kebugaran jasmani kamu, maka semakin bagus juga kemampuan kerja fisik yang kamu miliki. Hal ini tentunya akan berpengaruh terhadap produktivitas harian seseorang.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (23/5/2022) tentang jelaskan pengertian kebugaran jasmani.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Jelaskan Pengertian Kebugaran Jasmani!

Jelaskan pengertian kebugaran jasmani berkaitan dengan kesehatan dan ketahanan tubuh seseorang. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), jelaskan pengertian kebugaran jasmani yaitu kebugaran yang berkaitan dengan pengaruh latihan terhadap kondisi fisik, seperti kekuatan dan daya tahan otot, daya tahan kardiovaskuler, serta fleksibilitas.

Jelaskan pengertian kebugaran jasmani bisa kamu jawab sebagai sebuah kemampuan fisik yang dimiliki seseorang dalam tujuan melakukan aktivitas fisik tanpa harus mengalami kelelahan. Menurut Rusli Lutan, jelaskan pengertian kebugaran jasmani adalah kemampuan seseorang dalam menyelesaikan segala bentuk kegiatan fisik sehari-hari yang butuh tiga unsur inti. Tiga unsur inti tersebut adalah daya tahan, fleksibilitas, dan kekuatan.

3 dari 5 halaman

Jelaskan Pengertian Kebugaran Jasmani Menurut Para Ahli!

Jelaskan pengertian kebugaran jasmani bisa kamu kenali dari pendapat para ahli, yaitu sebagai berikut:

Muhajir

Jelaskan pengertian kebugaran jasmani, menurut Muhajir adalah kemampuan fisik dari seseorang untuk melakukan adaptasi terhadap beberapa kegiatan sehari-hari tanpa merasakan rasa capek dan lelah.

Agus Mukhlolid, M.Pd (2004:3)

Menurut Agus Mukhlolid, M.Pd, pengertian kebugaran Jasmani adalah kemampuan dan kesanggupan untuk melakukan aktivitas atau kerja, mempertinggi daya kerja dengan tanpa mengalami kelelahan yang berlebihan.

Sadoso Sumosardjuno (1989:9)

Menurut Sadoso Sumosardjuno, jelaskan pengertian kebugaran jasmani yaitu kemampuan seseorang untuk menunaikan tugasnya sehari-hari secara mudah, tanpa merasa lelah yang berarti, serta masih mempunyai cadangan tenaga (sisa) untuk menikmati waktu senggangnya dan untuk keadaan-keadaan mendadak.

Suratman (1975)

Menurut Suratman, pengertian kebugaran jasmani adalah suatu aspek fisik dari kesegaran menyeluruh atau total fitness yang memberi kemampuan pada seseorang untuk menjalankan kehidupan yang produktif dan dapat menyesuaikan pada tiap pembebanan atau stres fisik yang wajar.

Judith Rink

Menurut Judith Rink, pengertian kebugaran jasmani adalah kemampuan seseorang saat melakukan rutinitas sehari-hari dengan energi yang besar, tetapi tidak merasa kelelahan yang berlebihan, dan bisa menikmati rutinitas tersebut.

Sudarno (1992)

Menurut Sudarno, jelaskan pengertian kebugaran jasmani adalah kesanggupan tubuh untuk melakukan berbagai aktivitas dengan baik tanpa mengalami kelelahan berarti. Selain itu, tubuh masih memiliki cadangan energi yang bisa digunakan sewaktu-waktu.

T. Cholik Muthohir (1999) dalam Ismaryati (2006: 40)

Menurut T. Cholik Muthohir (1999) dalam Ismaryati (2006: 40), pengertian kebugaran jasmani adalah kondisi yang menggambarkan kemampuan seseorang untuk melakukan tugas dengan produktif tanpa mengalami kelelahan yang berlebihan.

Kockey

Pengertian kebugaran Jasmani adalah sesuatu kemampuan untuk dapat menyelesaikan tugas sehari-hari dengan mudah, tanpa kelelahan yang sangat berarti dan masih dapat menikmati waktu senggangnya serta dalam suatu keadaan darurat masih mampu melakukan pekerjaan yang tidak terduga.

4 dari 5 halaman

Bentuk-Bentuk Latihan Kebugaran Jasmani

Mengutip Bola.com, kebugaran jasmani seseorang dapat diuji dengan beberapa aktivitas latihan tertentu, di antaranya:

- Push up untuk melatih kekuatan otot lengan.

- Sit up untuk melatih kekuatan otot perut.

- Back lift untuk melatih otot punggung.

- Latihan kekuatan otot lengan dan bahu.

5 dari 5 halaman

Unsur-Unsur Kebugaran Jasmani

Setelah memahami apa yang dimaksud dengan kebugaran jasmani, kamu perlu juga mengenali unsur-unsurnya. Berikut unsur-unsur kebugaran jasmani yang perlu kamu ketahui:

- Kekuatan (Strenght). Unsur-unsur kebugaran jasmani yang pertama adalah kekuatan. Kekuatan adalah kemampuan otot ketika menerima beban saat melakukan aktivitas. Kekuatan otot, baik otot lengan atau otot kaki, bisa diperoleh dari latihan rutin dengan beban berat dan frekuensi sedikit.

- Kecepatan (Speed). Kecepatan adalah unsur-unsur kebugaran jasmani yang merupakan kemampuan seseorang mengerjakan gerakan dengan terus-menerus dalam bentuk sama dan waktu singkat.

- Daya Tahan (Endurance). Daya tahan merupakan kemampuan seseorang menggunakan sistem jantung, paru-paru atau pernapasan, serta peredaran darahnya dengan efektif dan efisien.

- Daya Otot (Muscular Power). Daya otot juga merupakan salah satu unsur-unsur kebugaran jasmani. Daya otot sendiri adalah kemampuan seseorang menggunakan kekuatan maksimum yang dikeluarkan dalam waktu singkat.

- Keseimbangan (Balance). Keseimbangan adalah kemampuan seseorang mengendalikan tubuh sehingga berbagai gerakan yang dilakukan bisa dilakukan dengan baik dan benar. Salah satu latihan yang mampu meningkatkan keseimbangan tubuh adalah senam.

- Kelincahan (Agility). Kelincahan maksudnya sebuah kemampuan seseorang mengubah posisi di area tertentu dengan cepat. Salah satu jenis olahraga yang mengandalkan kelincahan sebagai unsur-unsur kebugaran jasmani adalah bulu tangkis, tenis, dan tinju.

- Koordinasi (Coordination). Selanjutnya koordinasi, yaitu sebuah kemampuan seseorang mengintegrasi berbagai gerakan yang beda dan mampu koordinasikan seluruh bagian tubuh dengan baik dan benar.

- Reaksi (Reaction). Unsur-unsur kebugaran jasmani selanjutnya adalah reaksi. Reaksi yaitu kemampuan seseorang untuk segera bertindak serta menanggapi adanya sebuah rangsangan yang ditangkap oleh indra. Jenis latihan yang bisa meningkatkan dan butuh sebuah reaksi adalah lempar tangkap.

- Daya Lentur (Flexibility). Daya lentur adalah tingkat penyesuaian seseorang dalam berbagai jenis aktivitas kerja secara efektif dan efisien dengan cara penguluran tubuh yang baik. Apabila seseorang memiliki kelenturan yang baik, maka orang tersebut bisa terhindar dari berbagai risiko cedera.

- Ketepatan (Accuracy). Unsur-unsur kebugaran jasmani yang terakhir adalah ketepatan. Ketepatan adalah sebuah kemampuan seseorang mengendalikan gerak bebas tubuh kepada suatu sasaran. Ada berbagai jenis latihan yang membutuhkan ketepatan, salah satu yang paling populer yaitu memanah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.