Sukses

13 Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan, Rawat Luka Bakar dan Tingkatkan Imun

Liputan6.com, Jakarta Manfaat lidah buaya bukan hanya untuk kecantikan namun juga baik untuk kesehatan tubuh. Tanaman lidah buaya adalah spesies tanaman sukulen dari genus Aloe. Tanaman ini tumbuh subur di iklim tropis dan telah digunakan selama berabad-abad sebagai tanaman obat.

Ada dua bagian lidah buaya yang biasanya dimanfaatkan orang untuk mendapatkan khasiatnya, yaitu gel dan lateks. Gel lidah buaya yang berwarna bening dengan tekstur seperti jeli ini bisa ditemukan dari sel-sel yang berada di bagian tengah kulit lidah buaya. Gel ini sering diolah menjadi salep, losion atau krim untuk digunakan sebagai obat. Sedangkan lateks bisa diperoleh dari sel-sel yang tepat berada di bawah lapisan kulit lidah buaya. Biasanya lateks diolah menjadi zat-zat kering seperti suplemen.

Daging daun tanaman lidah buaya dapat langsung digunakan untuk mengobati luka bakar pada kulit. Tetapi, meminum ramuan sehat ini dalam bentuk jus dapat memberi sejumlah manfaat lain untuk kesehatan.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai manfaat lidah buaya untuk kesehatan tubuh yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (24/5/2022).

2 dari 4 halaman

Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan Tubuh

1. Menurunkan Kadar Gula Darah

Dikutip dari sebuah penelitian yang dimuat di International Journal of Phytotherapy and Phytopharmacy, mengonsumsi dua sendok makan jus lidah buaya per hari dapat menyebabkan kadar gula darah turun pada penderita diabetes tipe 2. Hal ini tidak menutup kemungkinan bahwa lidah buaya bisa menjadi pilihan pengobatan diabetes di masa yang akan datang.

2. Melancarkan Pencernaan

Walaupun kebanyakan manfaat lidah buaya didapatkan dari gel atau cairan yang terkandung di dalamnya, masih ada bagian lainnya yang berkhasiat. Lateks (residu berwarna kuning dan lengket yang bisa ditemukan di bawah area terluar daun lidah buaya) diketahui dapat membantu mengatasi konstipasi. Hal ini disebabkan kandungan aloin atau barbaloin di dalamnya, yang memiliki efek pencahar alami.

3. Menangani Sariawan

Sariawan sering kali muncul di bawah bibir serta bagian dalam mulut, dan biasanya berlangsung selama 7-10 hari. Studi membuktikan bahwa manfaat lidah buaya efektif mengurangi peradangan dan ukuran sariawan. Selain itu, lidah buaya dapat menurunkan rasa nyeri yang cukup menyiksa akibat sariawan.

4. Mengobati Luka Bakar

Manfaat lidah buaya yang lainnya adalah dapat mengobati luka bakar. Getah dari tanaman aloe vera ini bahkan sering digunakan sebagai salep alami untuk mengobati luka bakar. Getah tersebut mampu mempersingkat waktu penyembuhan pada jaringan kulit yang mengalami luka bakar. Itu karena, sifat pelembap alami dan kandungan antioksidan kuat yang melindungi dan memperbaiki sel kulit yang rusak. Lidah buaya sangat efektif untuk mengobati luka bakar.

3 dari 4 halaman

Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan Tubuh

5. Mengurangi Plak Gigi

Plak gigi merupakan salah satu masalah yang dapat mengganggu penampilan, serta menyebabkan gigi berlubang apabila dibiarkan menumpuk. Maka penumpukan plak gigi perlu dicegah, salah satunya dengan rutin menggunakan obat kumur. Sebuah studi membandingkan obat kumur standar yang mengandung chlorhexidine dengan berkumur menggunakan jus lidah buaya. Hasilnya, penggunaan keduanya  sama-sama efektif. Berkumur dengan lidah buaya dapat membunuh bakteri Streptococcus mutans yang menyebabkan plak gigi serta jamur Candida albicans.

6. Meredakan Gatal

Munculnya rasa gatal di bagian kulit atau mulut juga bisa diredakan dengan lidah buaya. Tinggal mengoleskan gelnya saja sebanyak 3 kali sehari selama 3 bulan, maka rasa gatal ini dapat berangsur-angsur berkurang. Hal tersebut juga berlaku pada gatal yang disebabkan penyakit kronis.

7. Mengatasi Mata Bengkak

Tidak jarang Anda harus tampil prima dalam setiap kesempatan, tak peduli bagaimana kondisinya. Ketika perlu menghilangkan tampilan mata bengkak, Anda bisa menggunakan bantuan lidah buaya ini. Berkat manfaat lidah buaya dalam meningkatkan aliran darah, mata bengkak bisa diatasi dalam waktu cepat.

8. Dapat Menghidrasi Tubuh

Manfaat lidah buaya yang lainnya adalah dapat menghidrasi tubuh. Tanaman lidah buaya sangat padat air, jadi minum jus lidah buaya ideal untuk mencegah atau mengobati dehidrasi. Tetap terhidrasi dapat membantu detoksifikasi tubuh dengan mendorong tubuh untuk membersihkan dan membuang kotoran. Jus ini juga mengemas nutrisi yang kuat yang dapat mengoptimalkan keluaran organ tubuh. Hal ini sangat penting karena ginjal dan hati sebagian besar bertanggung jawab atas tugas detoksifikasi darah dan produksi urin. 

4 dari 4 halaman

Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan Tubuh

9. Mendukung Fungsi Hati

Dalam hal detoksifikasi, fungsi hati yang sehat adalah kuncinya. Dengan minum jus lidah buaya adalah salah satu cara terbaik untuk menjaga kesehatan hati. Pasalnya, hati berfungsi paling baik ketika tubuh cukup ternutrisi dan terhidrasi, untuk itu jus lidah buaya sangat ideal untuk hati karena menghidrasi dan kaya akan fitonutrien.

10. Langsingkan Badan

Lidah buaya bisa dikonsumsi untuk membantu program diet. Beberapa studi menyebut kandungan lidah buaya dapat membantu tingkatkan metabolisme tubuh, sehingga kalori yang dibakar bisa jadi lebih banyak. Dalam tes pada hewan yang dipublikasi dalam jurnal Traditional and Complementary Medicine, manfaat lidah buaya dapat memengaruhi metabolisme sehingga mencegah lemak dan gula di dalam tubuh terakumulasi pada lemak perut.

11. Tingkatkan Kekebalan Tubuh

Lidah buaya mengandung antioksidan, kalsium, natrium, magnesium, glukosa, folat, vitamin A, B, C, dan E. Penyerapan nutrisi-nutrisi tersebut secara umum dapat membantu menjaga kekebalan tubuh. Anda dapat mengonsumsi lidah buaya dengan membuatnya menjadi jus.

12. Menurunkan Risiko Terkena Penyakit Jantung

Penyakit jantung adalah penyakit yang paling ditakuti banyak orang karena bisa terjadi secara tiba-tiba dan tanpa disadari. Namun, dengan mengonsumsi lidah buaya secara rutin, anda bisa terhindar dari penyakit yang berbahaya tersebut. Nutrisi yang terkandung pada lidah buaya mampu menjaga kesehatan jantung dan menurunkan risiko seseorang terkena kolesterol.

13. Mengobati Penyakit Reumatoid Arthritis

Rheumatoid artritis, yang dengan sebutan radang sendi adalah penyakit autoimun yang terjadi karena tubuh diserang oleh sistem kekebalan tubuh itu sendiri. Lidah buaya merupakan obat yang ampuh untuk menyembuhkan penyakit ini. Mengonsumsi lidah buaya selama dua minggu berturut-turut dapat mengobati nyeri akibat reumatoid arthritis.