Sukses

20 Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah dan Kesehatan Tubuh

Liputan6.com, Jakarta Manfaat minyak zaitun untuk wajah sangat penting dikenali. Pasalnya, minyak zaitun biasa dijadikan sebagai masker untuk perawatan kulit wajah, dengan mencampurkannya dengan bahan alami lainnya. Minyak zaitun sangat baik untuk kesehatan kulit.

Selain berkhasiat untuk wajah, minyak zaitun juga sangat baik digunakan untuk menjaga kesehatan tubuh kamu. Minyak zaitun dapat dijadikan sebagai pengganti minyak kelapa atau minyak dengan kadar lemak jenuh tinggi.

Manfaat minyak zaitun didapatkan dari kandungan nutrisinya. Kandungan vitamin E, K, lemak (omega 9, omega 6, omega 3, dan lemak ak jenuh) phenolic, serta zat besi dalam minyak zaitun sangat baik dalam mendukung kesehatan tubuh.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (24/5/2022) tentang manfaat minyak zaitun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 6 halaman

Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah

Melembapkan Kulit

Manfaat minyak zaitun untuk wajah yang paling dikenal adalah untuk melembapkan dan menghaluskan kulit. Minyak zaitun adalah pelembap alami populer yang sering digunakan untuk melembutkan kulit dan rambut.

Minyak zaitun mampu mempertahankan elastisitas kulit dan cenderung membuatnya halus, kenyal, dan bercahaya. Minyak ini mengandung jumlah vitamin E yang baik, antioksidan yang melindungi kulit dari berbagai faktor eksternal seperti sinar matahari atau udara dingin.

Mencegah dan Mengatasi Jerawat

Mencegah dan mengatasi jerawat juga merupakan salah satu manfaat minyak zaitun untuk wajah. Minyak zaitun telah terbukti memiliki sifat antibakteri. Jika kamu rentan terhadap jerawat, menggunakan sabun yang mengandung minyak zaitun dapat membantu.

Mencegah Penuaan Dini

Ketika diterapkan pada kulit, antioksidan pada minyak zaitun dapat mencegah penuaan dini. Seiring bertambahnya usia, kulit mulai mengendur dan mengembangkan kerutan. Tanda-tanda penuaan ini bisa diperlambat dengan minyak zaitun. Manfaat minyak zaitun ini dapat memperbaiki sel-sel kulit secara alami. Hal ini karena kandungan antioksidannya, minyak zaitun dapat mengurangi penuaan kulit dan kerutan.

Bantu Hilangkan Komedo

Minyak zaitun adalah obat alami untuk komedo. Menggunakan minyak zaitun di wajah akan membuka sumbat pori-pori dengan menyerap kotoran yang terkumpul sehingga komedo dapat terangkat.

3 dari 6 halaman

Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah

Mengecilkan Pori-Pori

Memiliki pori-pori besar di area wajah merupakan salah satu masalah kulit yang tentunya tidak disukai banyak orang. Tak hanya mengganggu penampilan, pori-pori yang besar juga bisa menjadi salah satu penyebab munculnya berbagai masalah kulit wajah lainnya. Melalui pori-pori yang besar, berbagai macam partikel kecil bisa masuk dan dapat menimbulkan banyak minyak dan komedo.

Untuk mengecilkannya, kamu bisa menggunakan manfaat minyak zaitun untuk perawatan wajah. Kamu bisa mendapatkan manfaat minyak zaitun untuk wajah ini dengan mengoleskannya di area-area tertentu yang mengalami masalah pori-pori besar dan berminyak.

Bantu Menghapus Makeup

Manfaat minyak zaitun untuk wajah juga bisa menjadi alternatif dalam menghapus makeup. Menggunakan minyak zaitun sebagai pembersih wajah bisa menjadi solusi alami untuk kulit sensitif yang kerap bermasalah ketika bersentuhan dengan bahan kimia. Cara menggunakan minyak zaitun untuk membersihkan wajah adalah dengan mengoleskan dan memijatnya lembut.

Mengencangkan Kulit Wajah

Antioksidan dalam minyak zaitun mampu mengencangkan kulit wajah dan melindungi sel-sel dari kerusakan. Hal ini dikarenakan minyak zaitun memiliki kandungan zat linoleic acid yang akan membantu menjaga kadar air pada kulit wajah. Hidrasi yang cukup membuat kulit tetap kencang bercahaya. Jadi, kamu bisa menggunakan manfaat minyak zaitun untuk kulit usebagai perawatan harian.

Menghilangkan Kutil di Wajah

Kutil merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh bakteri yang masuk ke dalam sel kulit dan menyebabkan iritasi dan menimbulkan rasa gatal. Bila digaruk, biasanya iritasi akan semakin parah dan malah makin sakit. Nah, untuk menghilangkan kutil yang ada di wajah ini, kamu bisa menggunakan manfaat minyak zaitun.

Kamu bisa merasakan manfaat minyak zaitun untuk wajah dengan mengoleskan langsung minyak zaitun pada bagian kutil dan diamkan beberapa menit. Lakukan cara ini sehari tiga kali, yaitu pagi, siang, dan malam hari sebelum tidur. Pastikan untuk membersihkan wajah terlebih dahulu.

4 dari 6 halaman

Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan Tubuh

Kaya Lemak Tak Jenuh Tunggal

Manfaat minyak zaitun bagi kesehatan tidak lepas dari kandungan lemak tak jenuh tunggalnya. Asam lemak utama dalam minyak zaitun adalah lemak tak jenuh tunggal yang disebut asam oleat, yang membentuk 73% dari total kandungan minyak. Studi menunjukkan bahwa asam oleat mengurangi peradangan dan bahkan mungkin memiliki efek menguntungkan pada gen yang terkait dengan kanker.

Lemak tak jenuh tunggal juga cukup tahan terhadap panas tinggi, membuat minyak zaitun extra virgin menjadi pilihan sehat untuk memasak. Selain itu, minyak alami yang diekstrak dari buah zaitun ini terdiri dari sekitar 14% lemak jenuh, dan 11% lemak tak jenuh ganda, seperti omega-6 dan asam lemak omega-3.

Antioksidan dan Antiinflamasi yang Kuat

Minyak zaitun juga sarat dengan antioksidan kuat. Antioksidan ini aktif secara biologis dan dapat mengurangi risiko penyakit kronis. Manfaat minyak zaitun ini juga memerangi peradangan dan membantu melindungi kolesterol darah dari oksidasi, yang merupakan dua manfaat untuk menurunkan risiko penyakit jantung. Apalagi peradangan kronis dianggap sebagai pendorong utama penyakit, seperti kanker, penyakit jantung, sindrom metabolik, diabetes tipe 2, Alzheimer, radang sendi dan bahkan obesitas.

Efek anti-inflamasi utama dimediasi oleh antioksidan. Kuncinya adalah oleocanthal, yang telah terbukti bekerja mirip dengan ibuprofen, obat anti-inflamasi. Beberapa ilmuwan memperkirakan bahwa oleocanthal dalam 3,4 sendok makan (50 ml) minyak zaitun extra virgin memiliki efek yang sama dengan 10% dari dosis dewasa ibuprofen. Satu studi juga menunjukkan bahwa antioksidan minyak zaitun dapat menghambat beberapa gen dan protein yang mendorong peradangan.

Memiliki Sifat Anti-Kanker

Manfaat minyak zaitun berikutnya adalah memiliki sifat anti-kanker. Sebagai salah satu penyebab kematian paling umum di dunia, kanker memang sangat ditakuti. Namun, ternyata orang-orang di negara-negara Mediterania memiliki risiko lebih rendah terhadap beberapa jenis kanker, dan banyak peneliti percaya bahwa minyak zaitun menjadi alasannya.

Antioksidan dalam minyak zaitun dapat mengurangi kerusakan oksidatif akibat radikal bebas, yang diyakini sebagai pendorong utama kanker. Banyak penelitian menunjukkan bahwa senyawa dalam minyak zaitun dapat melawan sel kanker. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memastikan apakah minyak zaitun dapat mengurangi risiko kanker.

Sifat Antibakteri

Minyak zaitun mengandung banyak nutrisi yang dapat menghambat atau membunuh bakteri berbahaya. Salah satunya adalah Helicobacter pylori, bakteri yang hidup di perut dan dapat menyebabkan tukak lambung dan kanker perut.

Penelitian menunjukkan bahwa manfaat minyak zaitun bagi kesehatan mampu melawan delapan jenis bakteri ini, tiga di antaranya resisten terhadap antibiotik. Sebuah studi pada manusia menunjukkan bahwa 30 gram minyak zaitun extra virgin, diminum setiap hari, dapat menghilangkan infeksi Helicobacter pylori pada 10–40% orang hanya dalam waktu dua minggu.

5 dari 6 halaman

Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan Tubuh

Mencegah Stroke

Stroke disebabkan oleh gangguan aliran darah ke otak, baik karena gumpalan darah atau pendarahan. Di negara maju, stroke adalah penyebab kematian paling umum kedua, tepat di belakang penyakit jantung.

Sebuah tinjauan besar studi di 841.000 orang menemukan bahwa minyak zaitun adalah satu-satunya sumber lemak tak jenuh tunggal yang terkait dengan pengurangan risiko stroke dan penyakit jantung. Dalam ulasan lain, dari 140.000 peserta, seseorang yang mengonsumsi minyak zaitun memiliki risiko stroke yang jauh lebih rendah daripada seseorang yang tidak.

Mengurangi Risiko Diabetes Tipe 2

Manfaat minyak zaitun bagi kesehatan juga dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2. Beberapa penelitian telah mengaitkan minyak zaitun dengan efek menguntungkan pada gula darah dan sensitivitas insulin. Sebuah uji klinis acak pada 418 orang sehat baru-baru ini mengkonfirmasi efek perlindungan dari minyak zaitun. Dalam studi ini, makanan Mediterania yang kaya akan minyak zaitun mengurangi risiko diabetes tipe 2 hingga lebih dari 40%.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Makan terlalu banyak lemak menyebabkan kenaikan berat badan. Namun, banyak penelitian telah mengaitkan makanan Mediterania, kaya akan minyak zaitun, dengan efek yang menguntungkan pada berat badan. Dalam studi 30 bulan di lebih dari 7.000 mahasiswa Spanyol, mengkonsumsi banyak minyak zaitun tidak terkait dengan peningkatan berat badan.

Selain itu, satu studi tiga tahun pada 187 peserta menemukan bahwa makanan yang kaya akan minyak zaitun dikaitkan dengan peningkatan kadar antioksidan dalam darah, serta penurunan berat badan. Jadi, manfaat minyak zaitun bagi kesehatan satu ini sangat berguna bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan.

Mengobati Rheumatoid Arthritis

Artritis reumatoid adalah penyakit autoimun yang ditandai dengan persendian yang cacat dan nyeri. Meskipun penyebab pastinya belum dipahami dengan baik, penyakit ini membuat sistem kekebalan tubuh menyerang sel-sel normal secara tidak sengaja. Suplemen minyak zaitun mampu meningkatkan penanda inflamasi dan mengurangi stres oksidatif pada individu dengan rheumatoid arthritis.

Minyak zaitun sangat bermanfaat bila dikombinasikan dengan minyak ikan yang merupakan sumber asam lemak omega-3 anti-inflamasi. Dalam sebuah penelitian, minyak zaitun dan minyak ikan secara signifikan meningkatkan kekuatan genggaman tangan, nyeri sendi, dan kekakuan di pagi hari pada orang dengan rheumatoid arthritis.

6 dari 6 halaman

Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan

Menyehatkan Otak

Fungsi minyak zaitun sangat baik untuk otak karena penuh dengan lemak sehat. Asam lemak Omega-3 dan Omega-6 hadir dalam minyak zaitun sangat penting untuk kesehatan otak. Asam lemak dalam minyak zaitun membantu melindungi jaringan otak terhadap zat-zat beracun yang dapat menyebabkan penyakit Alzheimer.

Mengatasi Sembelit

Minum minyak zaitun dapat meringankan sembelit. Minyak zaitun bisa jadi cara yang aman dan sehat untuk membuat tinja bergerak dan meringankan sembelit. Lemak dalam minyak zaitun dapat membantu menghaluskan bagian dalam usus, sehingga memudahkan buang air besar.

Mencegah Kerusakan pada Rambut

Minyak zaitun kaya akan antioksidan yang membantu menjaga kesehatan kulit kepala dan rambut serta melindunginya dari kerusakan akibat radikal bebas. Hal ini karena minyak mencegah kekeringan, minyak zaitun juga membantu menjaga rambut tetap tebal dengan mengurangi kerusakan. Kandungan asam lemak omega-6 yang kaya, menjaga rambut tidak patah.

Menghilangkan Ketombe

Menggunakan minyak zaitun dapat mengurangi ketombe. Minyak zaitun akan membantu melembabkan kulit kepala yang kering dan menenangkan pengelupasan. Minyak zaitun memiliki sifat antioksidan dan antibakteri. Ini menjadikannya pembersih rambut yang baik. Pembersihan ini digunakan untuk menghilangkan penumpukan yang menyumbat folikel rambut.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS