Sukses

10 Manfaat Temulawak untuk Kecantikan, Bantu Atasi Jerawat Hingga Cerahkan Kulit

Temulawak (Curcuma zanthorrhiza) adalah tanaman herbal asli Indonesia yang kerap dimanfaatkan untuk mengobati berbagai masalah kesehatan dan kecantikan.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat temulawak tak hanya baik untuk kesehatan tubuh, namun juga berkhasiat untuk kecantikan wajah. Temulawak (Curcuma zanthorrhiza) adalah tanaman herbal asli Indonesia yang kerap dimanfaatkan untuk mengobati berbagai masalah kesehatan dan kecantikan.

Temulawak juga masih kerabat dekat dengan kunyit. Temulawak banyak dimanfaatkan sebagai obat herbal sejak nenek moyang. Untuk mendapatkan manfaat temulawak untuk kecatikan wajah, maka dapat menggunakannya sebagai masker wajah.

Manfaat temulawak dapat anda rasakan bila menggunakannya secara rutin. Selain digunakan sebagai masker, anda juga dapat mendapatkan manfaat temulawak dari mengonsumsi sari temulawak.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai manfaat temulawak untuk kecantikan wajah yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (24/5/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Bantu Atasi Jerawat dan Haluskan Kulit

1. Membantu Mengatasi Jerawat

Jerawat merupakan peradangan di wajah yang disbebakan oleh infeksi bakteri. Faktor pemicunya sangat beragam, mulai dari faktor hormon, polusi, hingga kebiasaan kurang bersih dalam merawat wajah. Bagi sebagian orang, munculnya jerawat ini sangat meresahkan karena selain menimbulkan rasa sakit, jerawat juga merusak penampilan.

Nah, untuk mengatasi masalah jerawat di wajah ini anda bisa menggunakan temulawak. Manfaat temulawak dipercaya memiliki efek anti-inflamasi untuk meredakan peradangan jerawat dan membuat jerawat menjadi lebih cepat kering. Dapatkan manfaat temulawak untuk wajah ini dengan melakukan perawatan wajah dengan menjadikannya sebagai masker.

2. Menghaluskan Kulit Wajah

Manfaat temulawak untuk kecantikan wajah selanjutnya adalah bisa menghaluskan wajah. Anda bisa menggunakan masker temulawak secara rutin untuk mendapatkan wajah yang halus dan tidak kasar. Nah, jika kulit wajah anda menjadi halus, maka akan terlihat terawat dan juga akan membuat make up yang digunakan terlihat lebih sempurna.

3 dari 6 halaman

Bantu Cerahkan Kulit Wajah dan samarkan Noda Hitam

3. Kulit Wajah Menjadi Lebih Cerah

Manfaat temulawak untuk kecantikan wajah berikutnya adalah dapat mencerahkan kulit. Temulawak memiliki khasiat untuk membantu mengangkat sel-sel kulit mati pada wajah. Penumpukan sel kulit mati di wajah memang merupakan salah satu penyebab dari kulit menjadi kusam dan gelap.

Agar kulit menjadi lebih cerah, anda bisa melakukan eksfoliasi pada wajah secara rutin guna mengangkat sel kulit mati. Nah, Anda bisa menjadikan temulawak ini sebagai bahan untuk melakukan eksfoliasi dan nikmati hasil kulit wajah cerah.

4. Menyamarkan Noda Hitam

Manfaat temulawak untuk kecantikan wajah lainnya adalah bisa untuk menyamarkan noda hitam. Noda hitam pada wajah ini diakibatkan oleh paparan sinar matahari dan radikal bebas, bekas jerawat, dan gejala penuaan. Jika dibiarkan, noda hitam bisa semakin banyak jumlahnya dan akan semakin sulit untuk ditutupi. Nah, agar noda hitam tak semakin parah, anda bisa menyamarkannya dengan menggunakan masker secara rutin. Salah satu bahan masker yang bisa anda gunakan adalah dari temulawak.

4 dari 6 halaman

Bantu Lembabkan dan Remajakan Kulit Wajah

5. Melembapkan Kulit

Manfaat temulawak untuk kecantikan wajah yang tak kalah penting adalah bisa menjaga kelembapan kulit. Memiliki wajah yang lembap dan tidak kering merupakan salah satu kondisi wajah yang sangat diidamkan oleh banyak orang. Banyak faktor yang bisa mengakibatkan kulit wajah anda menjadi kering alis tidak lembap. Misalnya saja sering terpapar sinar matahari dan debu yang membuat kulit wajah jadi kering.

Nah, untuk menjaga kondisi kulit wajah agar selalu lembap, anda bisa menggunakan masker temulawak. Cara membuat masker dari temulawak ini adalah dengan mencampurkan bubuk temulawak dengan minyak zaitun dan juga kuning telur. Campurkan ketiga bahan tersebut dan oleskan pada kulit wajah secara teratur.

6. Meremajakan Kulit Wajah

Bila gejala penuaan sudah terlanjur muncul, tak perlu khawatir. Anda bisa meremajakan kulit dengan berbagai macam perawatan. Salah satunya adalah dengan menggunakan temulawak. Anda bisa menemukan manfaat temulawak untuk meremajakan kulit wajah.

Manfaat temulawak untuk kecantikan wajah tidak hanya dapat mencegah gejala penuaan, namun bisa juga membantu meremajakan kulit. Perawatan dengan temulawak dapat memberikan nutrisi pada kulit sehingga kulit pun menjadi lebih sehat. Kulit yang sehat akan terlihat lebih segar sehingga anda akan terlihat lebih muda.

5 dari 6 halaman

Kaya Antioksidan dan Kecilkan Pori-Pori

7. Kaya Antioksidan

Manfaat temulawak untuk kecantikan adalah dapat menjadi antioksidan yang alami. Sebagai antioksidan alami, temulawak dapat membantu memelihara kesehatan kulit dan mencegah berbagai masalah kulit akibat dari radikal bebas yang mungkin menyerang anda.

8. Mengecilkan Pori-Pori

Manfaat temulawak untuk kecantikan adalah bisa mengecilkan pori-pori. Memiliki pori-pori wajah yang besar, memang menjadi salah satu masalah kecantikan yang serius bagi sebagian orang. Sebab memiliki pori-pori wajah yang besar biasanya dapat menimbulkan wajah berjerawat.

Untuk mengecilkan pori-pori, anda dapat mengandalkan manfaat temulawak untuk kecantikan dengan menggunakan masker temulawak secara rutin. Sifat astringent yang terkandung di temulawak bermanfaat mengecilkan dan menghambat minyak secara berlebih.

6 dari 6 halaman

Bantu Hilangkan Bekas Luka dan Kencangkan Kulit Wajah

9. Menghilangkan Bekas Luka

Manfaat temulawak untuk kecantikan adalah menghilangkan bekas luka. Wajah menjadi salah satu pusat penampilan yang kerap diperhatikan orang lain. Oleh sebab itu, menjaga kecantikan dan kebersihan wajah menjadi hak yang perlu diperhatikan.

Tapi, ada kalanya kulit wajah mengalami masalah, seperti bekas luka. Untuk menghilangkan bekas luka, anda bisa mengandalkan manfaat temulawak untuk kecantikan dengan menggunakan masker temulawak secara rutin. Maka secara bertahap bekas luka pada wajah dapat tersamarkan.

10. Mengencangkan Kulit

Manfaat temulawak untuk kecantikan lainnya adalah mengencangkan kulit wajah. Memiliki kulit yang kencang dan tak kendur adalah dambaan banyak orang. Tapi seiring bertambah usia, kulit semakin tidak kencang. Untuk menjaga kulit wajah tetap kencang secara alami, anda bisa menggunakan temulawak. Penggunaan temulawak secara rutin dipercaya dapat menghasilkan kulit yang lebih kencang. Kandungan antioksidan dalam temulawak memiliki peran dalam proses membantu mengencangkan kulit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.