Sukses

Paket Wisata Jogja Murah Terbaik untuk Liburan, Kenali Jenis dan Destinasinya

Liputan6.com, Jakarta Paket wisata Jogja murah bisa menjadi pilihan liburan yang menyenangkan. Hal ini didukung oleh beragam destinasi yang bisa kamu kunjungi saat ke Jogja. Destinasi wisata candi, wisata alam pantai, air terjun, hingga wisata dalam kota yang istimewa bisa kamu kunjungi.

Paket wisata Jogja murah bisa dibagi berdasarkan lokasinya yang berdekatan. Kamu bisa memilih salah satu, apakah mau berjalan-jalan di tengah kota menikmati kesyahduan Jogja atau menikmati wisata alam yang agak jauh di Kaliurang, Kulon Progo, Gunung Kidul, atau Bantul.

Tidak hanya itu, masih ada juga destinasi wisata candi yang juga menjadi favorit banyak orang juga. Destinasi wisata candi, seperti Candi Prambanan hingga Candi Borobudur tentunya sudah tidak asing lagi bagi wisatawan dalam negeri maupun wisatawan dari luar negeri.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (25/5/2022) tentang paket wisata Jogja murah.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 8 halaman

Paket Wisata Jogja Murah

Ada banyak jenis paket wisata Jogja murah dengan pilihan waktu tertentu. Durasi waktu paket wisata Jogja murah bisa meliputi 1 hari, 1 hari 1 malam, 2 hari 1 malam, 3 hari 2 malam, dan masih banyak lagi. Paket ini biasanya sudah termasuk penjemputan, supir, pemandu wisata, tiket masuk destinasi, dan makanan.

Ada beragam jenis paket wisata Jogja murah yang biasa ditawarkan. Jenis paket ini bisa berupa private trip, group trip, open trip, hingga bulan madu.

- Private trip. Dengan paket wisata Jogja murah private trip, kamu bisa mendapatkan liburan eksklusif bersama keluarga atau teman. Pilihan paket wisata Jogja murah privat ini juga cukup beragam tergantung durasi dan fasilitas yang dipilih. Harga private trip Jogja berkisar mulai dari Rp 150 ribu sampai Rp 800 ribu per orang tergantung pada durasi dan fasilitas yang dipilih.

- Group trip. Paket wisata Jogja murah satu ini cocok bagi kamu yang ingin melakukan perjalanan wisata rombongan seperti acara kantor atau organisasi. Harga group trip Jogja berkisar mulai dari Rp 350 ribu sampai Rp 1,3 juta per orang tergantung pada durasi dan fasilitas yang dipilih.

- Open trip. Tak jarang agen perjalanan wisata membuka paket open trip di mana kamu bisa bergabung dengan wisatawan lainnya dalam satu perjalanan. Paket open trip ini jauh lebih terjangkau bagi kamu yang ingin travelling sendiri, berdua, atau kurang dari 6 orang. Harga paket open trip di Jogja berkisar antara Rp 200 ribu per orang tergantung dengan durasi dan fasilitas yang dipilih.

- Bulan madu. Di Jogja banyak juga agen perjalanan wisata membuka paket bulan madu. Paket ini memberikan layanan eksklusif bagi pasangan yang ingin menikmati bulan madu di Jogja. Harga paket bulan madu di Jogja bisa berkisar antara Rp 4 juta hingga Rp 5 juta untuk pasangan.

3 dari 8 halaman

Destinasi Paket Wisata Jogja Murah Daerah Prambanan

Berikut referensi destinasi paket wisata Jogja murah daerah Prambanan:

Candi Prambanan

Destinasi paket wisata Jogja 1 hari yang tak kalah populer adalah Candi Prambanan. Candi Prambanan terletak tepat di perbatasan antara Kabupaten Sleman dan Kabupaten Klaten. Candi Prambanan termasuk candi Hindu terbesar di Indonesia dan masuk dalam Situs Warisan Dunia UNESCO.

Candi Ijo

Candi Ijo merupakan candi tertinggi yang ada di Jogja. Candi bercorak Hindu ini berada lereng barat sebuah bukit yang masih merupakan bagian perbukitan Batur Agung. Dari lokasi ini kamu bisa menyaksikan keindahan alam pegunungan Jogja yang asri.

Situs Ratu Boko

Candi Ratu Boko atau juga disebut Situs Ratu Baka merupakan situs purbakala berbentuk pemukiman. Ratu Boko diperkirakan sudah dipergunakan orang pada abad ke-8 pada masa Wangsa Sailendra. Situs Ratu Boko merupakan kompleks profan, lengkap dengan gerbang masuk, pendopo, tempat tinggal, kolam pemandian, hingga pagar pelindung.

Tebing Breksi

Tebing Breksi merupakan perbukitan batuan breksi yang sebelumnya adalah tempat penambangan batuan alam. Penambangan di lokasi ini sudah ditutup sejak 2014 dan tempat ini dijadikan salah satu tempat wisata Jogja hits. Tebing Breksi memiliki tebing putih yang indah yang sudah dipahat secara artistik.

4 dari 8 halaman

Destinasi Paket Wisata Jogja Murah Daerah Sleman

Candi Borobudur

Candi Borobudur sebenarnya berada di Kabupaten Magelang. Namun, wisata satu ini kerap dimasukkan ke dalam destinasi paket wisata Jogja 1 hari. Candi Borobudur merupakan candi Buddha di Magelang, peninggalan Dinasti Syailendra. Candi ini banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Lava Tour Merapi

Lava Tour Merapi merupakan salah satu destinasi wisata alam yang menawarkan petualangan menyusuri area sekitar Gunung Merapi. Ada banyak agen wisata yang membuka Lava Tour Merapi. Biasanya paket Lava Tour Merapi berupa berkeliling area bekas letusan Merapi lengkap dengan jeep dan pemandu.

Selain dua destinasi paket wisata Jogja 1 hari ini, kamu juga bisa mengunjungi berbagai destinasi lainnya di daerah Kaliurang.

5 dari 8 halaman

Destinasi Paket Wisata Jogja Murah Daerah Gunung Kidul

Berikut referensi destinasi paket wisata Jogja murah daerah Gunung Kidul:

Gua Pindul

Wisata gua pindul berada di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Paket wisata Goa Pindul selalu ramai khususnya saat liburan tiba. Paket wisata Goa Pindul yang utama adalah menyusuri gua yang dilakukan dengan menaiki ban pelampung di atas aliran sungai bawah tanah.

Pantai Siung

Destinasi paket wisata Gunung Kidul tentunya dipenuhi dengan alam yang indah dan pantai yang begitu beragam, sehingga tidak cukup sehari menjelajahinya. Salah satu pantai indah dan menenangkan adalah Pantai Siung. Pantai yang berjarak sekitar 70 kilometer dari pusat kota Jogja ini bernama pantai Siung. Pantai ini memiliki batu-batu karang berukuran besar. Di sini juga terdapat sebuah camping ground yang bisa kamu gunakan untuk mendirikan tenda jika ingin menghabiskan malam di pantai Siung.

Pantai Timang

Pantai ini sedikit berbeda dengan pantai lainnya yang ada di Jogja. Pantai Timang menawarkan pengalaman seru yang enggak bakal kamu temukan di tempat lainnya. Di sini kamu bisa menaiki gondola tradisional yang biasa digunakan oleh nelayan setempat untuk menyebrangi tebing karang. Dikombinasi dengan ganasnya laut Samudra Hindia di bawahnya yang bikin kamu semakin tertantang untuk mencoba wahana ini.

6 dari 8 halaman

Destinasi Paket Wisata Jogja Murah Daerah Bantul

Berikut referensi destinasi paket wisata Jogja murah daerah Bantul:

Pinus Mangunan

Di Hutan Pinus Mangunan atau yang juga sering disebut Hutan Pinus Imogiri kamu dapat menikmati kesejukan pepohonan pinus yang menjulang tinggi dengan suasana alam yang asri dan tenang. Kamu juga bisa mengunjungi tempat wisata Seribu Batu Songgo Langit yang tak jauh dari Hutan Pinus Mangunan. Di tempat ini ada banyak titik bagus untuk berfoto, seperti bangunan rumah Hobbit yang Instagramable.

Gumuk Pasir

Wisata Jogja paling hits selanjutnya adalah Gumuk Pasir Parangkusumo. Destinasi ini termasuk tempat unik karena terbentuk dari material Gunung Merapi yang mengalir melalui Sungai Opak dan Sungai Progo yang kemudian terbawa ombak dan mengendap di pantai. Gumuk Pasir biasanya jadi paket wisata Jogja bersama pantai Parangtritis dan pantai-pantai lainnya.

Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis dan Parangkusumo merupakan pantai yang saling berdampingan. Kedua pantai ini termasuk pantai di Jogja yang paling banyak dikunjungi. Di sini kamu bisa menikmati deburan ombak pantai selatan, menyaksikan sunset dan sunrise, hingga berkeliling pantai menggunakan jeep sewaan.

7 dari 8 halaman

Destinasi Paket Wisata Jogja Murah Daerah Kulon Progo

Berikut referensi destinasi paket wisata Jogja murah daerah Kulon Progo:

Pantai Glagah

Kulon Progo juga bisa menjadi destinasi paket wisata 1 hari kamu. Pantai Glagah termasuk wisata Jogja hits karena terkenal dengan tetrapod dan lagunanya yang indah. Pantai Glagah memiliki tetrapod atau pemecah ombak yang menjadi pilihan wisatawan untuk mencari foto terbaik. Di tengah-tengah hamparan tetrapod ini dibangun dermaga panjang dimana pengunjung dapat berjalan ke arah laut.

Kalibiru

Wisata alam satu ini berada di Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulonprogo. Keindahan alamnya jadi lokasi yang cocok sekali menjadi salah satu destinasi paket wisata Jogja 1 hari. Tidak jarang ada yang foto pre-wedding di sini. Selain itu lokasi ini juga kerap dijadikan lokasi kegiatan outbond.

Lokasi Kalibiru ini berupa area hutan kemasyarakatan (hutan yang dikelola masyarakat) yang ada di Perbukitan Menoreh. Dari puncaknya, kamu bisa melihat panorama indah dan waduk Sermo. Cuacanya yang sejuk bikin refreshing dari kepenatan kesibukan sehari-hari makin mantap.

8 dari 8 halaman

Destinasi Paket Wisata Jogja Murah dalam Kota

Berikut referensi destinasi paket wisata Jogja murah di dalam kota:

Tugu Jogja

Salah satu tempat yang sangat ikonik dan wajib dikunjungi tentunya adalah Tugu Jogja. Tugu yang juga kerap disebut sebagai tugu pal putih ini menjadi simbol dari garis lurus yang menghubungkan laut selatan, kraton Jogja dan gunung Merapi. Kini kawasan Tugu menjadi objek wisata Jogja yang selalu ramai wisatawan. Di sini kamu bisa menikmati aktivitas kota Jogja. Terdapat juga berbagai kuliner kaki lima seperti angkringan dan kopi jos yang begitu fenomenal.

Titik Nol Kilometer Jogja

Kamu juga dapat menikmati suasana kota Jogja di titik nol Kilometer Jogja. Lokasi Titik Nol Kilometer Jogja merupakan tempat yang cocok untuk bersantai menyaksikan keriuhan Jogja. Kawasan Titik Nol Kilometer Jogja sudah diatur sedemikian rupa menjadi ramah wisatawan dengan bangku dan penataan taman yang rapi. Di sekitar nol Kilometer kamu dapat menemukan bangunan-bangunan bersejarah yang masih berdiri megah seperti Gedung BNI 46, Kantor Pos, dan Gedung Agung.

Malioboro

Malioboro menjadi wisata legendaris di Jogja yang sangat hits. Mulai dari wisatawan lokal hingga mancanegara, Malioboro selalu memiliki daya tarik tersendiri. Di Malioboro terdapat banyak tempat belanja yang murah meriah. Mulai dari batik, tas, kaos, kuliner, hingga cenderamata, semua bisa ditemukan di Malioboro.

Keraton Jogja

Keraton Yogyakarta merupakan istana resmi Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat. Keraton Yogyakarta menjadi simbol kejayaan Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat hingga saat ini. Sebagian kompleks keraton merupakan museum yang menyimpan berbagai koleksi milik kesultanan, termasuk berbagai pemberian dari raja-raja Eropa, replika pusaka keraton, dan gamelan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.