Sukses

8 Penyebab Flek Hitam di Wajah dan Cara Mengatasinya Secara Alami

Penyebab flek hitam di wajah yang paling umum adalah paparan sinar matahari atau sinar ultraviolet.

Liputan6.com, Jakarta Penyebab flek hitam di wajah yang paling umum adalah paparan sinar matahari atau sinar ultraviolet. Paparan sinar matahari akan membuat produksi hormon melanin kulit meningkat. Melanin inilah yang memicu flek hitam di wajah dan memunculkan bintik-bintik hitam. Bintik hitam ini akan semakin jelas jika terjadi penumpukan hormon melanin.

Hormon melanin merupakan pigmen alami yang menentukan warna kulit seseorang. Semakin banyak penumpukan melanin pada kulit wajah, semakin gelap pula kulit wajah seseorang. Persebaran dari flek hitam ini dimulai dari tulang hidung dan pipi.

Penyebab flek hitam juga dapat dipengaruhi oleh berbagai kondisi lainnya. Paparan sinar matahari hanya salah satu dari pemicunya. masalah jerawat, perubahan hormon, penggunaan kosmetik, hingga faktor genetik juga dapat menjadi pemicu munculnya flek hitam ini.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (25/5/2022) tentang penyebab flek hitam.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penyebab Flek Hitam

Paparan Sinar Matahari yang Berlebihan

Penyebab flek hitam yang paling utama yaitu karena paparan sinar matahari yang berlebihan. Flek hitam muncul karena peningkatan produksi melanin di kulit, terutama setelah wajah terpapar sinar matahari atau sinar ultraviolet. Melanin adalah pigmen alami yang menentukan warna kulit seseorang.

Sebaiknya, kamu menggunakan tabir surya secara rutin untuk mencegah penyebab flek hitam. Tak hanya digunakan saat cuaca panas, tabir surya harus digunakan setiap waktu meskipun sedang hujan. Hal ini untuk mencegah terjadinya perubahan warna pada kulit. Gunakanlah tabir surya setiap dua jam sekali.

Memencet Jerawat

Bagi sebagian orang, bekas jerawat bisa meninggalkan noda hitam yang sangat sulit untuk hilang. Biasanya, bekas ini bisa terjadi karena jerawat tersebut sengaja dipecahkan sebelum matang atau mengalami radang. Padahal memencet jerawat dapat memicu peradangan dan membuat bekas jerawat bertahan lebih lama.

Peradangan jerawat dapat mengakibatkan kerusakan pada sel-sel keratinosit basal yang merupakan bagian dari struktur kulit manusia. Alhasil, tubuh memproduksi melanin secara berlebihan yang dapat memicu hiperpigmentasi pada kulit.  Penyebab flek hitam ini perlu kamu hindari.

Faktor Keturunan

Pada sebagian orang, kulit wajah bisa tetap selalu mulus walaupun sudah tua. Namun sebagian lainnya mulai mendapatkan flek hitam di usia muda. Di sini, kamu bisa coba melihat kondisi kulit kedua orang tuamu, terutama ibu. Apabila ia tampak mengalami flek hitam, maka ada kemungkinan flek hitam juga akan muncul di kulitmu.

Untuk mencegah penyebab flek hitam ini, kamu bisa menggunakan perlindungan khusus untuk kulit wajah atau sunscreen, menghentikan kebiasaan merokok, dan memilih kosmetik yang tepat.

Kurang Asupan Vitamin

Vitamin merupakan salah satu hal penting yang turut mendukung kesehatan kulit wajah. Untuk itu, bila kamu melewatkan menutrisi wajah dengan vitamin, maka jangan heran kalau pigmentasi pada wajah sangat terlihat jelas. Pastikan kamu mendapatkan asupan vitamin B12, K, dan juga vitamin E untuk mencegah munculnya penyebab flek hitam.

3 dari 4 halaman

Penyebab Flek Hitam

Salah Menggunakan Produk Kosmetik

Penyebab flek hitam muncul di wajah juga bisa diakibatkan karena kamu salah dalam menggunakan produk kosmetik. Hal ini karena beberapa kosmetik mengandung bahan kimia tertentu yang dapat memicu melanocyte yang memproduksi melanin.

Tak hanya itu, beberapa bahan pada kosmetik juga bisa memicu fotosensitivitas. Di mana hal ini mengakibatkan kulit wajah jadi sensitif terhadap sinar matahari. Efek buruk dari sinar matahari ini bisa membuat kulit makin cepat mendapatkan flek hitam. Jadi, sebisa mungkin kamu untuk lebih jeli lagi dalam memilih kosmetik yang kamu gunakan.

Perubahan Hormon Tubuh

Perubahan hormon juga bisa membuat perubahan pada kulit dan menjadi penyebab flek hitam. Misalnya saja pada perempuan yang sedang hamil. Perempuan hamil kerap mengalami perubahan warna kulit atau munculnya flek hitam di wajah. Perubahan ini biasanya wajar dan akan menghilang dengan sendirinya.

Lampu dalam Ruangan

Tak banyak orang mengetahui bahwa lampu di dalam ruangan bisa menjadi penyebab flek hitam. Hal tersebut karena cahaya atau lampu neon dapat memengaruhi hiperpigmentasi kulit. Bahkan cahaya pada komputer, ponsel, dan televisi juga dapat memengaruhinya. Untuk mencegahnya, kamu dapat menggunakan tabir surya setiap hari sebelum menjalani rutinitas.

Usia

Usia merupakan salah satu penyebab flek hitam di wajah. Seseorang yang sudah berusia lanjut pasti akan lebih rentan mengalaminya. Pada usia ini, kulit wajah akan kehilangan elastisitasnya. Kondisi ini membuat kulit lebih rentan terhadap bintik-bintik gelap dan sel-sel kulit yang rusak. Flek hitam yang muncul karena usia disebut lentigine. Lakukan pencegahan dengan menggunakan krim anti-penuaan sejak usia tiga puluhan agar elastisitas kulit terjaga.

4 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Flek Hitam Secara Alami

Cara mengatasi flek hitam yang paling penting yaitu dengan menggunakan tabir surya. Agar kulit terlindungi dari paparan sinar ultraviolet, gunakan tabir surya dengan SPF 30 atau lebih saat beraktivitas di luar ruangan.

Selain itu, kamu bisa menggunakan beberapa bahan alami untuk emngatasi flek hitam. Berikut beberapa cara mengatasi flek hitam secara alami:

Lidah Buaya

Gel dari lidah buaya memiliki kandungan polisakarida. Polisakarida ini yang mampu merangsang pertumbuhan sel kulit baru. Begitu juga mampu menyamarkan flek hitam membandel. Bahan alami ini juga sangat aman digunakan.

Cara menghilangkan flek hitam dengan cepat:

1. Cuci bersih lidah buaya.

2. Kemudian potong bagian sisi lidah dan ambil gelnya.

3. Lalu oleskan gel tersebut ke wajah yang terdapat bintik hitam.

4. Diamkan selama 20 menit, kemudian bilas dengan air bersih.

Almond

Almond membantu untuk mencerahkan kulit kamu sekaligus menghilangkan flek hitam membandel dan bekas luka. Almond kaya akan vitamin E, antioksidan dan lemak sehat, juga membantu untuk menjaga kulit agar tetap bersih dan mulus.

Cara menghilangkan flek hitam dengan cepat:

1. Ambil 8-10 biji almond, lalu rendam ke dalam susu, biarkan semalam.

2. Kupas kulitnya dan giling kacang almond keesokan harinya.

4. Tambahkan 1 sendok teh bubuk cendana dan ½ sendok teh madu ke dalamnya.

5. Campur semua bahan untuk membuat pasta masker.

6. Oleskan pasta itu pada wajah Anda.

7. Biarkan selama sekitar 30 menit dan kemudian bersihkan.

8. Gunakan masker wajah ini sekali atau dua kali seminggu.

Pepaya

Pepaya mampu mencerahkan kulit karena adanya kandungan enzim papain. Selain itu pepaya juga membantu membersihkan wajah dari kotoran dan mampu melindungi kulit dari kerusakan akibat terpapar sinar matahari. Maka dari itu pepaya sangat cocok sebagai cara menghilangkan flek hitam membandel di wajah.

Cara menghilangkan flek hitam dengan cepat:

1. Haluskan pepaya

2. Kemudian oleskan pada wajah yang terdapat flek hitam

3. Diamkan selama 20 menit.

4. Lalu basuh muka dengan air bersih.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.