Sukses

15 Wisata di Purwakarta yang Alam dan Selalu Populer, Wajib Dikunjungi

Liputan6.com, Jakarta - Ingin berlibur ke Jawa Barat? Jangan sampai melewatkan wisata di Purwakarta yang alam. Di kabupaten Purwakarta, wisata alamnya memesona sekali, mulai dari curug, gunung, waduk, dan banyak kolam air yang masih sangat asri sejak zaman dahulu.

Wisata di Purwakarta yang alam dan selalu populer, ada Taman Sri Baduga yang diklaim sebagai air mancur terbesar se-Asia Tenggara. Kemudian ada Gunung Parang, tebing tertinggi kedua se-Asia. Penasaran dengan wisata di Purwakarta yang alam dan selalu populer lainnya?

Tempat wisata di Purwakarta yang alam ini sebagian besar sudah sangat mudah dijangkau wisatawan, jarak tempuh tidak jauh dari kota dan aksesnya mudah. Tempat wisata di Purwakarta ini sangat cocok dikunjungi bareng keluarga, teman, hingga pasangan.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam lima belas wisata di Purwarkarta yang alam dan selalu populer, Rabu (25/5/2022).

2 dari 4 halaman

Wisata di Purwakarta yang Alam dan Selalu Populer

1. Curug Pamoyanan

Curug Pamoyanan adalah wisata di Purwakarta yang alam dan selalu populer. Curug ini letaknya berjarak kurang lebih 600 meter dari lokasi Camping Ground Bukit Pinus Panyawangan. Perjalanan menuju wisata di Purwakarta yang alam dan selalu populer ini tidaklah sulit.

Sebelum sampai curug akan melewati jalanan setapak, pohon-pohon pinus, dan melewati peninggalan bersejarah Goa Jepang yang diberi nama Goa Panyileukan.

Wisata di Purwakarta yang alam dan selalu populer Curug Pamoyanan memiliki tinggi sekitar 25 meter ini konon dahulunya merupakan tempat berjemurnya harimau-harimau hutan. Tak mengherankan, dalam bahasa sunda, Pamoyanan berarti tempat berjemur.

2. Sungai Cidomas

Sungai Cidomas adalah wisata di Purwakarta yang alam dan selalu populer. Lokasinya ada di Parakan Garokgek, Kiarapedes, Kabupaten Purwakarta. Sayangnya, wisata alam Purwakarta ini belum dikelola dengan baik. Tapi jangan salah, lokasi wisata alam Purwakarta ini menyimpan begitu banyak keindahan.

3. Gunung Lembu

Gunung lembu adalah wisata di Purwakarta yang alam dan selalu populer, tidak kalah dengan Waduk Jatiluhur. Untuk mencapai puncak gunung, memang dibutuhkan tenaga ekstra karena Pengunjung harus mendaki melalui tanjakan yang cukup curam.

Setelah selesai proses pendakian, Pengunjung akan disambut pempengunjungngan alam yang sangat indah, serta bisa meliha lanskap Kota Purwakarta juga Waduk Jatiluhur dari ketinggian. Dari lokasi puncak gunung, Pengunjung juga bisa menikmati momen matahari terbenam yang memanjakan mata. 

4. Situ Wanayasa

Situ Wanayasa adalah wisata di Purwakarta yang alam dan selalu populer. Ini adalah danau seluas 7 hektar dengan pesona alam yang sangat indah. Pada bagian tengah danau, ada semacam dataran kecil yang jadi lokasi makam RA. Suriawinata yang merupakan salah satu pendiri Kabupaten Purwakarta.

Wisata di Purwakarta yang alam dan selalu populer Situ Wanayasa punya latar belakang pempengunjungngan Gunung Burangrang. Wisata alam Purwakarta ini ada di ketinggian sekitar 600 mdpl. Maka tidak heran jika salah satu lokasi wisata alam Purwakarta ini punya cuaca yang cukup sejuk dan cocok sebagai lokasi relaksasi.

5. Gunung Parang

Gunung Parang adalah wisata di Purwakarta yang alam dan selalu populer. Ada beragam aktivitas yang memacu adrenalin, salah satunya spot khusus bernama Badega Parang yang ditujukan untuk pencinta panjat tebing. Di area wisata di Purwakarta yang alam dan selalu populer ini, terdapat besi-besi yang ditanam pada tebing sehingga Pengunjung yang bukan pendaki profesional tetap bisa melakukan panjat tebing dengan aman.

3 dari 4 halaman

Wisata di Purwakarta yang Alam dan Selalu Populer

6. Taman Sri Baduga

Air mancur Taman Sri Baduga adalah wisata di Purwakarta yang alam dan selalu populer. Lokasi wisata yang terletak di pusat kota ini diklaim sebagai air mancur terbesar se-Asia Tenggara. Taman Air Mancur Sri Baduga ini memiliki diameter sekitar 2 hektare dan memiliki kurang lebih 100 pipa yang bisa memancarkan air setinggi 10 meter.

Keindahan wisata di Purwakarta yang alam dan selalu populer ini mampu menyaingi air mancur di Dubai dan Singapura. Saat malam hari, objek wisata di Purwakarta ini akan berubah menakjubkan dengan permainan lampu warna-warni.

7. Kolam Mata Air Cijanun

Kolam Mata Air Cijanun adalah wisata di Purwakarta yang alam dan selalu populer di Kampung Cijanun Lembangsari, Desa Cipendeuy, Kecamatan Bojong yang cocok dijadikan alternatif. Tempat wisata di Purwakarta yang alam dan selalu populer ini adalah kolam pemandian air alami biasa.

Area kolam pemandian dikelilingi perbukitan dan bebatuan yang memungkinkan Pengunjung berendam sembari menikmati pempengunjungngan. Pengunjung juga tidak dikenakan biaya untuk masuk ke area wisata alam Purwakarta ini. 

 8. Gunung Bongkok

Gunung Bongkok adalah wisata di Purwakarta yang alam dan selalu populer sebagai spot sunrise terbaik di Purwakarta. Puncak Gunung Bongkok ada di ketinggian kurang dari 1.000 mdpl dan relatif mudah didaki pemula.

Saat di wisata di Purwakarta yang alam dan selalu populer seperti puncak gunung ini, ada dua spot yang bisa dipilih untuk menikmati pempengunjungngan alam sekitar, yaitu Puncak Datar dan Puncak Batu Tumpuk. Kedua spot ini cocok untuk berfoto dengan latar belakang lanskap Kota Purwakarta, Gunung Parang, serta Waduk Jatiluhur.

9. Waduk Jatiluhur

Waduk Jatiluhur adalah wisata di Purwakarta yang alam dan selalu populer. Tak hanya sekedar waduk, tempat ini merupakan pioneer bendungan pertama di Indonesia dan salah satu waduk terbesar di tanah air.

Pengunjung juga bisa sekedar bersantai menikmati makna penting dari waduk yang memiliki luas 4.500 kilometer persegi tesebut. Coba nikmati dari area Gunung Lembu. Area ini bisa pengunjung jadikan tempat menikmati Waduk Jatiluhur dengan pemanadangan yang menghadap perahu-perahu nelayan.

10. Urban Farming Purwakarta

Urban Farming Purwakarta adalah wisata di Purwakarta yang alam dan selalu populer. Di tempat wisata di Purwakarta yang alam dan selalu populer ini terdapat jajaran rumah khas Eropa lengkap dengan dekorasinya.

Saat mengunjungi tempat wisata di Purwakarta yang alam dan selalu populer ini Pengunjung bak sedang berada di negeri Eropa mini yang indah. Tak jarang Urban Farming dianggap sebagai tempat yang instagramable di Purwakarta.

Di wisata di Purwakarta yang alam dan selalu populer ini juga terdapat taman kelinci, perkebunan, bahkan Pengunjung dapat membeli bibit tanaman seperti sayur dan buah. Urban Farming Purwak

4 dari 4 halaman

Wisata di Purwakarta yang Alam dan Selalu Populer

11. Mata Air Purba

Mata air purba adalah wisata di Purwakarta yang alam dan selalu populer. Lokasinya di Desa Ciracas, Kecamatan Kiarapedes, Purwakarta. Berdasarkan sejarahnya, sumber air panas ini merupakan tempat wisata yang ada sejak zaman penjajahan Belpengunjung dan masuk kategori mata air purba.

Menariknya, ada 12 titik sumber mata air panas dan beberapa diantaranya berlokasi di pematang sawah milik masyarakat. Wisata di Purwakarta yang alam dan selalu populer seperti Kolam Air Panas Ciracas ini memang belum banyak diketahui banyak orang.

Atmosfer pedesaan wisata di Purwakarta yang alam dan selalu populer ini sangat kental dan cocok dijadikan tempat berlibur. Untuk masuk ke area ini, tak ada patokan harga tiket masuk. Pengunjung bayar secara sukarela pada kotak amal yang tersedia.

12. Curug Cipurut

Curug cipurut adalah wisata di Purwakarta yang alam dan selalu populer. Lokasi wisata alam Purwakarta ini tepat di kaki Gunung Burangrang. Curug Cipurut dikelilingi pinus yang membuat asri dan sejuk. Debit air di Curug Cipurut juga tidak terlalu besar, sehingga relatif aman untuk pengunjung.

Ada dua rute perjalanan yang bisa ditempuh untuk menuju ke lokasi ini. Keduanya butuh waktu sekitar 1 jam perjalanan dari Terminal Wanayasa, kemudian melewati Kampung Cileungsing Kulon lalu langsung menuju Desa Wanayasa di mana Curug Cipurut berada. Sedangkan rute alternatif yang bisa dilalui dari Desa Sumurugul ke arah Bojong-Sawit.

13. Pasir Langlang Panyawangan

Pasir langlang panyawangan adalah wisata di Purwakarta yang alam dan selalu populer. Lokasi wisata alam ini adalah kompleks hutan pinus yang ada di Desa Pasir Muncang, Kecamatan Kiarapedes. Jadi tidak heran apabila udara di lokasi wisata alam Purwakarta ini sangat sejuk.

14. Curug Suhada

Curug suhada adalah wisata di Purwakarta yang alam dan selalu populer. Pengunjung bisa menikmati pepohonan, sawah, sampai pegunungan. Air terjun di Curug Suhada mengalir lewat tebing bebatuan dengan ketinggian sekitar 7 meter. Debit air curug ini tidak begitu deras dan cukup aman untuk dijadikan tempat bermain air atau berenang. Lokasi curug ini ada di Kampung Tajur, Desa Sindanglaya, Kecamatan Sukatani.

15. Desa Sejuta Batu Purwakarta

Desa Sajuta Batu adalah wisata di Purwakarta yang alam dan selalu populer menyajikan objek dengan kebudayaan lokal. Mulai dari wahana rekreasi, kuliner, hingga cagar budaya. Dinamakan sejuta batu karena tempat ini memiliki bermacam-macam batuan alam, dari yang terkecil hingga terbesar.

Dulu sebelum hits, desa ini merupakan area populer untuk panjat tebing. Sekarang, bukan hanya rock climbing yang bisa pengunjung lakukan, tapi kegiatan serupa memancing, berkemah, flying fox, pendakian gunung, hingga olahraga offroad bisa pengunjung nikmati.