Sukses

Bentuk Latihan Kebugaran untuk Meningkatkan Kelincahan adalah Latihan Fisik

Liputan6.com, Jakarta Bentuk latihan kebugaran untuk meningkatkan kelincahan adalah latihan fisik, di antaranya yaitu shuttle run, lari zig-zag, hingga squat thrust. Kelincahan sendiri adalah kemampuan seseorang dalam menyesuaikan gerakan dari posisi satu ke posisi yang lainnya. 

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) daring, kelincahan adalah kemampuan bergerak atau berubah arah dan posisi tubuh secara cepat dan terkontrol. Kelincahan menjadi bagian penting dalam banyak cabang olahraga, seperti sepak bola, basket dan sebagainya.

Latihan kebugaran untuk meningkatkan kelincahan adalah bagian penting dari program kebugaran secara menyeluruh. Namun, aktivitas ini kerap kali diabaikan saat sedang berolahraga. Padahal, kelincahan termasuk bagian penting yang harus terus dilatih.

Bentuk latihan kebugaran untuk meningkatkan kelincahan adalah latihan fisik yang perlu diperhatikan. Pasalnya, seseorang dengan tingkat kelincahan yang baik biasanya mempunyai kecepatan dan akurasi yang tinggi.

Oleh karena itu, sangat penting bagi kamu untuk mengetahui latihan apa saja yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kelincahan. Berikut Liputan6.com rangkum dari Bola.com, Rabu (25/5/2022) tentang bentuk latihan kebugaran untuk meningkatkan kelincahan adalah.

2 dari 4 halaman

Bentuk Latihan Kebugaran untuk Meningkatkan Kelincahan adalah Latihan Fisik

Bentuk Latihan Kebugaran untuk Meningkatkan Kelincahan adalah Shutle Run

Bentuk latihan kebugaran untuk meningkatkan kelincahan adalah lari lurus dengan bolak-balik atau shuttle run. Cara melakukan bentuk latihan kebugaran untuk meningkatkan kelincahan adalah shutle run yaitu, pertama posisikan tubuh dalam posisi jongkok. Pastikan agar satu di antara kaki berada di posisi depan. Setelah mendapat aba-aba, sudah dapat memulai berlari dalam trek lurus.

Sampai di pengujung trek, dapat kembali lari ke arah berlawanan. Gerakan ini sering disebut dengan lari bolak-balik. Rasakanlah reaksinya jika dilakukan secara rutin. Tak hanya kelincahan, latihan ini juga termasuk latihan kecepatan yang bisa dicoba.

Bentuk Latihan Kebugaran untuk Meningkatkan Kelincahan adalah dengan Lompat Tangga

Bentuk latihan kebugaran untuk meningkatkan kelincahan adalah lompat tangga. Gerakan ini sangat berguna untuk mencapai suatu tingkatan refleks kaki dan kelincahan yang baik. Lompat tangga bermanfaat untuk melatih fisik tubuh agar kuat dan membuat sistem peredaran darah dalam tubuh lancar.

Tubuh juga menjadi tidak kaku lagi dan dapat lebih cepat menunjukkan refleks. Langkah pertama dari latihan ini adalah dengan memposisikan badan secara tegak lurus. Jika ada aba-aba, mulai lakukan gerakan lompatan tangga dengan satu di antara kaki. Lakukan gerakan tersebut secara bergantian agar memiliki otot kaki yang lebih lincah.

3 dari 4 halaman

Bentuk Latihan Kebugaran untuk Meningkatkan Kelincahan adalah Latihan Fisik

Bentuk Latihan Kebugaran untuk Meningkatkan Kelincahan adalah Lari Zig Zag

Bentuk latihan kebugaran untuk meningkatkan kelincahan adalah dengan lari zig-zag. Melakukan lari zig-zag bertujuan untuk memberikan kemampuan lebih pada otot kaki. Jadi, selain kelincahan, latihan ini bisa melatih kekuatan otot kaki.

Cara pertama untuk dapat berlatih kelincahan dengan cara ini adalah dengan memposisikan tubuh secara tegak. Kemudian kedua tangan berada di samping badan. Lalu pandangan ke depan sambil menunggu aba-aba. Jika ada aba-aba start, lakukanlah gerakan lari secara belok-belok baik ke arah kanan maupun kiri secara bergantian. Koordinasi antara mata, kaki, dan otak dalam melakukan lari zig zag sangat penting untuk melatih kelincahan.

Bentuk Latihan Kebugaran untuk Meningkatkan Kelincahan adalah Menggunakan Agility Balls

Bentuk latihan kebugaran untuk meningkatkan kelincahan adalah menggunakan agility balls. Gerakan ini akan melatih ketangkasan dalam melakukan lempar tangkap bola yang berukuran kecil. Dalam melakukannya dapat mulai dengan bola yang dipantulkan ke tembok.

Bagaimana cara menghadapi pantulan bola inilah yang menjadi refleks atau tingkat kelincahan yang ditunjukkan oleh tubuh. Lakukan latihan tersebut sampai refleks terhadapan pantulan bola makin baik.

4 dari 4 halaman

Bentuk Latihan Kebugaran untuk Meningkatkan Kelincahan adalah Latihan Fisik

Bentuk Latihan Kebugaran untuk Meningkatkan Kelincahan adalah Menggunakan Reaksi Beban Gerak

Bentuk latihan kebugaran untuk meningkatkan kelincahan adalah menggunakan bantuan balon berisi udara, sebagai beban pada tubuh. Itulah sebabnya, latihan ini tak hanya menghasilkan kelincahan, tetapi juga dapat memperkuat sistem otot tubuh secara keseluruhan.

Untuk dapat melakukan latihan ini, posisikan tubuh secara tegak lurus. Selanjutnya pasanglah balon udara dengan diikat di perut secara kuat. Sambil tetap adanya balon udara yang terikat di tubuh, mulailah berlari. Latihan ini juga termasuk jenis olahraga untuk melatih pernapasan yang efektif.

Bentuk latihan kebugaran untuk meningkatkan kelincahan adalah Jongkok Berdiri (Squat Thrust)

Bentuk latihan kebugaran untuk meningkatkan kelincahan adalah dengan cara melakukan jongkok lalu berdiri secara berulang-ulang. Gerakan ini dikenal dengan nama squat thrust. Latihan kelincahan ini dilakukan dengan posisi awal jongkok, kemudian berdiri lagi. Hal tersebut secara tidak langsung akan meningkatkan postur tubuh secara bertahap.

Walau gerakannya sangat sederhana, tetap perlu hati-hati. Jika ingin mencobanya, posisikan tubuh secara tegak lurus, kemudian jika ada aba-aba, mulailah berhitung sambil jongkok dan kedua tangan menyentuh ke lantai. Setelah itu, berdiri lagi. Lakukan latihan tersebut secara berulang-ulang untuk melatih otot tubuh dan beberapa bagian tubuh yang lain agar menjadi lebih lincah.