Sukses

Akuntabilitas Adalah Pertanggungjawaban, Ketahui Penerapannya

Liputan6.com, Jakarta Akuntabilitas adalah istilah yang sering digunakan dalam kepentingan pertanggunjawaban. Akuntabilitas adalah konsep yang umum diterapkan di korporat, instansi, atau organisasi. Dalam arti yang lebih luas, akuntabilitas istilah yang terkait untuk penilaian kinerja.

Memiliki akuntabilitas adalah salah satu kapasitas profesional seseorang. Akuntabilitas adalah sifat yang berkaitan dengan perilaku etis, komitmen, dan perlakuan adil. Dalam perusahaan, akuntabilitas adalah konsep penting dalam keuangan.

Tapi, seiring berkembangnya waktu, akuntabilitas adalah bidang yang mencakup kegiatan perusahaan secara luas. Akuntabilitas adalah kemampuan yang penting bagi setiap orang yang memiliki tanggung jawab. Berikut pengertian akuntabilitas, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu(25/5/2022).

2 dari 4 halaman

Pengertian akuntabilitas

Akuntabilitas adalah kata yang menggambarkan penerimaan tanggung jawab. Ini dapat bersifat pribadi atau sangat umum. Menurut KBBI, akuntabilitas adalah perihal bertanggung jawab. Ini bisa mengarah pada keadaan dapat dimintai pertanggungjawaban.

Istilah akuntabel berasal dari bahasa Latin computare, “untuk menghitung.” Untuk dapat dipertanggung jawabkan diperlukan seseorang untuk menghasilkan "hitungan" baik harta atau uang yang telah ditinggalkan dalam perawatannya. Akuntabilitas sebagai kata benda abstrak karena itu mengacu pada kapasitas dan kewajiban seseorang untuk menghasilkan akun.

Sebuah pemerintah memiliki akuntabilitas untuk keputusan dan hukum yang memengaruhi warganya. Seorang individu memiliki akuntabilitas untuk tindakan dan perilaku. Akuntabilitas adalah penerimaan tanggung jawab atas perilaku jujur ​​dan etis terhadap orang lain.

Akuntabilitas adalah tindakan bertanggung jawab atas hasil yang diperoleh setelah melakukan aktivitas tertentu. Ini adalah situasi di mana apa yang disampaikan ditinjau dan dievaluasi. Akuntabilitas adalah penerimaan tanggung jawab atas tindakan sendiri. Ini menyiratkan kesediaan untuk transparan, memungkinkan orang lain untuk mengamati dan mengevaluasi kinerja seseorang.

 

3 dari 4 halaman

Macam pengertian akuntabilitas

Berikut macam akuntabilitas dilansir dari Investopedia:

Akuntabilitas dalam ilmu sosial

Akuntabilitas adalah prinsip yang menyatakan bahwa seseorang atau lembaga bertanggung jawab atas serangkaian tugas dan dapat diminta untuk memberikan pertanggungjawaban atas pemenuhannya kepada otoritas yang berwenang untuk memberikan penghargaan atau hukuman. Terlepas dari ketepatan definisi ini, kontroversi telah muncul tentang arti yang tepat dari akuntabilitas.

Akuntabilitas perusahaan

Dalam perusahaan, akuntabilitas bisa mengarah pada pertanggungjawaban anggaran. Setiap perusahaan publik wajib mempublikasikan laporan keuangan triwulanan dan tahunan yang merinci pendapatan dan pengeluarannya. Auditor yang menelaah laporan keuangan perusahaan bertanggung jawab untuk memperoleh keyakinan memadai bahwa laporan keuangan bebas dari salah saji material yang disebabkan oleh kesalahan atau kecurangan. Suatu organisasi dikatakan akuntabel jika memiliki kemampuan untuk menjelaskan kondisi yang dialami termasuk di dalamnya keputusan yang diambil dan berbagai aktivitas yang dilakukan.

Akuntabilitas politik

Akuntabilitas politik adalah ketika seorang politisi membuat pilihan atas nama rakyat dan rakyat memiliki kemampuan untuk memberi penghargaan atau sanksi kepada politisi tersebut. Dalam demokrasi perwakilan, warga mendelegasikan kekuasaan kepada pejabat terpilih melalui pemilihan berkala untuk mewakili atau bertindak demi kepentingan mereka.

Akuntabilitas pemerintah

Pemerintah memiliki akuntabilitas jika pemilih dapat membedakan apakah pemerintah bertindak untuk kepentingan mereka dan memberikan sanksi yang tepat kepada mereka, sehingga petahana yang bertindak demi kepentingan terbaik warga memenangkan pemilihan kembali dan mereka yang tidak kehilangan mereka.

Akuntabilitas media

Akuntabilitas media mengarah pada pertanggungjawaban kualitas media. Media telah lama berada di bawah pengawasan terus-menerus dari sejumlah pengawas, internal dan eksternal. Di era internet, ini telah ditambah oleh organisasi pemeriksa fakta independen seperti FactCheck.org, Snopes, dan PolitiFact.

Akuntabilitas media sosial

Media sosial meningkatkan akuntabilitas pribadi dengan memberikan lebih banyak transparansi dalam hal pilihan dan tindakan yang dilakukan orang dalam kehidupan sehari-hari. Akuntabilitas pribadi adalah sesuatu yang ditakuti banyak orang akan hilang dalam masyarakat yang serba cepat dan transparan saat ini.

Akuntabilitas akuntasi

Akuntabilitas adalah konsep yang sangat relevan dengan praktik akuntansi yang diadopsi perusahaan ketika menyiapkan laporan keuangan yang diserahkan kepada pemegang saham dan pemerintah. Tanpa pemeriksaan, keseimbangan, dan konsekuensi atas kesalahan, perusahaan tidak dapat mempertahankan kepercayaan pelanggan, regulator, atau pasarnya.

Akuntabilitas di tempat kerja

Akuntabilitas di tempat kerja berarti bahwa semua karyawan bertanggung jawab atas tindakan, perilaku, kinerja, dan keputusan mereka. Ini dapat membantu membangun kepercayaan, karena menghentikan orang dari membuang-buang uang atau menyalahkan orang lain ketika ada yang salah. Kurangnya akuntabilitas individu dapat berdampak negatif pada anggota tim lain dan budaya tim yang lebih besar.

 

4 dari 4 halaman

Pemimpin dan akuntabilitas

Para pemimpin juga harus bertanggung jawab atas kinerja dan tindakan perusahaan mereka. Aktivitas eksekutif puncak memiliki dampak yang sangat kuat, sehingga aktivitas mereka harus 'ditinjau lebih menyeluruh untuk menghindari kesalahan dan konsekuensi yang tidak diinginkan dari keputusan yang salah.

Akuntabilitas juga dapat membantu menghindari kelalaian dan kesalahan di tempat kerja. Misalnya, Dewan Direksi dan pemegang saham harus (dan sering kali) meminta pertanggungjawaban CEO, meskipun mereka tidak selalu dapat menjamin akuntabilitas penuh.