Sukses

Ciri-Ciri Cenayang adalah Berkemampuan Supranatural, Simak Penjelasannya

Liputan6.com, Jakarta - Apa arti cenayang? Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) menjelaskan cenayang adalah dukun (pawang) yang dapat berhubungan dengan makhluk halus. 

Ciri-ciri cenayang adalah memiliki kemampuan supranatural. Masih melansir sumber yang sama, kemampuan supranatural itu berkaitan dengan hal yang melampaui keberadaan alam semesta yang terlihat, ajaib, gaib, adikodrati, supernatural.

Kemampuan supranatural seorang cenayang adalah kelebihan. Keberadaan cenayang tidak hanya di Indonesia, tetapi tersebar pula di berbagai belahan dunia.

Agar lebih memahaminya, berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam ciri-ciri cenayang dan penjelasannya, Kamis (26/5/2022).

2 dari 5 halaman

Cenayang adalah Memahami Makhluk Tidak Kasat Mata

Memahami cenanyang adalah orang dengan kemampuan supranatural atau kemampuan tidak biasa yang tidak dimiliki oleh semua orang. Kemampuan supranatural seorang cenayang adalah kelebihan.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) menjelaskan cenanyang adalah dukun (pawang) yang dapat berhubungan dengan makhluk halus.

Seorang cenayang adalah mampu memahami hal-hal yang tidak kasat mata. Berkomunikasi dengan makhluk gaib bagi seorang cenayang adalah hal yang sudah biasa. Seorang cenayang adalah menurut beberapa sumber, dianggap mampu memahami hal-hal yang berhubungan dengan takdir juga.

Sinonim istilah cenayang adalah belian, bomoh, dukun, paranormal, pawang, syaman, bomoh, dukun, malim, orang pintar, poyang, sengsai, sinse, suangi, tabib, mantri, okultis, mistis, bibit buwit, dan cikal bakal. 

Keberadaan cenayang tidak hanya di Indonesia, tetapi tersebar pula di berbagai belahan dunia. Di Indonesia, seorang cenayang adalah biasa diminta menyelesaikan masalah kehidupan seperti percintaan, ekonomi, penyakit, gangguan sihir, dan masih banyak lagi.

3 dari 5 halaman

Ciri-Ciri Cenayang adalah Berkemampuan Supranatural

Seorang cenayang adalah orang yang memahami makhluk tidak kasat mata. Apa ciri-ciri cenayang yang paling khas? Ciri-ciri cenayang adalah berkemampuan supranatural.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) menjelaskan kemampuan supranatural yang menjadi ciri-ciri cenayang adalah berkaitan dengan hal yang melampaui keberadaan alam semesta yang terlihat, ajaib, gaib, adikodrati, supernatural.

Apa ciri-ciri cenayang lainnya? Ini penjelasan ciri-ciri cenayang melansir Learning Mind:

1. Memiliki Perasaan Ingin Tahu di Luar Batas

Ciri-ciri cenayang adalah memiliki perasaan ingin tahu di luar batas kewajaran. Seseorang yang tergolong memiliki tanda cenayang akan jarang menerima alasan apapun yang berkaitan dengan rasa penasarannya.

Mereka akan selalu bertanya, mencari tahu dan terus menggali suatu yang mereka inginkan. Hal yang kerap mereka pertanyakan sebenarnya bukan hal biasa.

Melainkan penasaran dengan hal-hal yang ditemui dalam kehidupan seperti ketidaksetaraan, penderitaan, kebencian dan peperangan. Mereka penasaran mengapa manusia sampai tidak bisa menjadi sangat manusiawi.

2. Tidak Menyukai Hal Otoriter

Ciri-ciri cenayang adalah tidak menyukai hal-hal yang otoriter. Seseorang dengan tanda cenayang tidak menyukai sistem otoriter yang menyengsarakan manusia. Ini dikarenakan mereka tidak percaya pada kebijakan yang harus selalu diterima tanpa dikritisi apabila salah.

Oleh karenanya, mereka mengalami kesulitan dalam aktivitas di sekolah. Sebab, cara debat dan pemikiran mereka belum sepenuhnya bisa diterima di kelas.

Mereka kerap dianggap sebagai orang yang argumentatif dan pembuat onar. Namun, itu semua tidaklah benar. Mereka bukan ingin menimbulkan masalah, tetapi mempertanyakan apakah itu semua adil atau setara.

3. Memiliki Kedekatan Luar Biasa dengan Hewan

Ciri-ciri cenayang adalah memiliki kedekatan luar biasa dengan hewan. Ini titik di mana seseorang dengan tanda cenayang adalah bisa 'berkomunikasi' dengan binatang tersebut.

Cenayang sering menghabiskan waktu di alam dan menjaga kelestarian lingkungan. Mereka suka menonton film dokumenter tentang prilaku hewan dan apa saja yang terjadi di sana.

Cenayang tidak percaya dengan anggapan bahwa hewan kurang penting dibandingkan dengan manusia di dunia ini.

4. Pernah Mengalami Depresi dan Putus Asa

Ciri-ciri cenayang adalah pernah mengalami depresi dan putus asa karena sesuatu hal. Selain dapat memahami permasalahan orang dan makhluk lain, cenayang mengalami permasalahan pada dirinya sendiri.

Akibat perbedaan yang mereka rasakan di lingkungan, seorang cenayang pasti pernah mengalami depresi dan putus asa. Perasaan ini bisa saja dialami sejak masa remaja, karena teman-teman yang menjauh akibat merasakan hal aneh.

Selain itu, putus asa lantaran lingkungan sekitar bersikap dingin atas sosok dan kehadiran mereka.

5. Mampu Berkomunikasi dengan Dunia Lain

Ciri-ciri cenayang adalah memiliki kemampuan berkomunikasi dengan dunia lain. Kemampuan berkomunikasi hingga mampu merasakan kehadiran makhluk dari dunia lain, seperti hantu.

Kemampuan semacam ini bahkan telah mereka rasakan sejak usia dini. Jadi tidak heran apabila seorang cenayang memiliki ketertarikan terhadap bagunan tua atau tempat religi yang kerap dikunjungi orang.

Selain itu, kehadiran makhluk astral kerap cenayang rasakan. Bahkan cerita-cerita mengerikan soal kematian seseorang bisa mereka sampaikan karena gambaran soal kejadian di masa lampau bisa mereka rasakan.

4 dari 5 halaman

Tokoh Dunia yang Pernah Menjadi Cenayang

1. Adolf Hitler

Erik Jan Hanussen adalah seorang paranormal terkenal Jerman yang bergabung dengan sirkus ketika dia masih anak-anak. Pada tahun 1920, dia mencapai ketenaran dengan pertunjukan publiknya. Sementara para kliennya termasuk keluarga kerajaan Austria-Hungaria setelah Perang Dunia I.

Hanussen kemudian menemukan dirinya membuat hubungan dekat dengan perwira tinggi Nazi dan Hitler. Ada spekulasi menyebut Hitler sendiri bahkan meminta diramal. Hanussen menyembunyikan fakta bahwa dia adalah seorang Yahudi. Tetapi pada tahun 1933 dia secara misterius ditemukan tewas.

2. Nancy Reagan

Fakta bahwa Presiden Amerika ke-40 Ronald Reagan dan Ibu Negara menggunakan jasa paranormal serta astrolog tidak ketahuan sampai Ronald Reagan tidak lagi menjabat sebagai presiden Negeri Adikuasa itu.

Di tahun 1970-an, Nancy Reagan bertemu dengan seorang cenayang bernama Joan Quigley. Sejak itu keduanya mulai dekat.

Quigley sering memberikan Nancy ramalan yang memperhitungkan periode dari keberhasilan sang suami dan kapan sang presiden harus bertindak pada keputusan tertentu.

Setelah Reagan ditembak, Nancy memiliki saluran telepon khusus yang dipasang tidak hanya di Gedung Putih, tetapi juga di Camp David sehingga dia memiliki akses penuh ke sang cenayang setiap kali dia membutuhkannya.

3. Hillary Clinton

Hillary Clinton menghadiri beberapa sesi ramalan cenayang saat suaminya, mantan Presiden Amerika Bill Clinton, pertama kali menjabat posisi sebagai kepala negara. Hillary menjadi teman baik dengan seorang paranormal bernama Jean Houston, yang mengaku mampu berkomunikasi dengan orang sudah meninggal.

Seorang jurnalis bernama Bob Woodward mengungkapkan cerita tentang pertemanan dan interaksi antara Houston dan Clinton, termasuk sebuah proses pemanggilan arwah yang terjadi di mana, telah dilaporkan, Clinton mengalami kerasukan dan menjadi perantara arwah Gandhi serta Eleanor Roosevelt, Ibu Negara dan istri ari Presiden Franklin D Roosevelt.

4. Abraham Lincoln

Selama perang sipil, gerakan spiritualisme berada pada puncaknya, di mana paranormal melakukan proses pemanggilan arwah untuk membantu orang-orang menghubungi keluarga mereka cintai yang tewas dalam perang.

Presiden Amerika Serikat ke-16 Abraham Lincoln ternyata cukup sering mengadakan proses pemanggilan arwah ini dengan cenayang di Gedung Putih, yang diprakarsai oleh sang istri, Mary Todd Lincoln, setelah dia mengenal seorang paranormal Nettie Colburn, usai kematian anak laki-laki Lincoln.

5. Charlie Chaplin

Kebenaran apakah Charlie Chaplin benar-benar percaya pada peramal atau paranormal memang tidak pasti diketahui. Tetapi yang pasti, aktor komedi asal Inggris itu diketahui memakai jasa paranormal dalam kehidupan di sepanjang karirnya.

Menurut buku The Intimate Charlie Chaplin karya Mary Reeves dan Claire Goll, yang mendokumentasikan kehidupan aktor kelahiran London tahun 1889 itu melalui perspektif teman-temannya, Chaplin sering menghadiri kelompok cenayang meramal.

Mungkin Chaplin terhibur dengan aksi mereka, atau mungkin dia memang mencari bimbingan dalam menjalani hidupnya yang sukses sebagai aktor dan pembuat film.

5 dari 5 halaman

Negara yang Terkenal Memiliki Banyak Cenayang

1. Kongo

Orang yang memiliki ilmu hitam, baik secara turun temurun maupun hasil dari belajar, adalah hal yang ilegal di negara ini. Warga Kongo yang tertangkap melakukan praktik ilmu sihir pun dimusnahkan. Dalam kasus ini banyak orang tak bersalah, anak kecil serta perempuan yang menjadi korban.

2. Kamerun

Masyarakat Kamerun pernah dibuat heboh oleh kasus wanita 16 tahun yang mengaborsi kandungannya dengan meminum cairan beracun. Cairan beracun tersebut diduga diberikan oleh seorang dukun. Sejak saat itu, masyarakat seakan bersikap intoleran terhadap orang yang melakukan praktik dukun karena dianggap merugikan.

3. Afrika Selatan

Tampaknya praktik ilmu sihir dan makhluk halus banyak terjadi di benua Afrika. Di Afrika Selatan, orang yang tertangkap melakukan praktik akan dihukum dengan cara dibakar hidup-hidup.

4. India

Sejak tahun 2008 hingga 2013, tercatat ada 700 wanita yang dibunuh terkait praktik ilmu hitam. Mereka menggunakan ilmu tersebut untuk mencuri berbagai barang.

5. Gambia

Pada tahun 2009, setidaknya 1000 orang diculik dan dikunci di lokasi rahasia. Di sana mereka dipaksa oleh para dukun untuk meminum cairan berbahaya yang menyebabkan halusinasi. Setidaknya dua orang tewas akibat praktik ini.

6. Kenya

Praktik sihir sudah terjadi lama di Kenya. Pada tahun 2008, 11 orang dibakar massa karena praktik ilmu hitam. Lima tahun berselang, seorang perempuan diarak dan ditelanjangi karena kasus yang sama. Pada tahun 2013 juga seorang pria dibakar dan ditonton oleh publik karena praktik ilegal.

7. Zambia

Praktik ilmu hitam dan makhluk halus juga dilarang dan melanggar aturan negara di Zambia. Meski demikian, masih banyak kasus praktik ini yang terjadi di negara Afrika bagian selatan ini.