Sukses

4 Cara Membuat Cincau yang Bagus dan Enak

Liputan6.com, Jakarta - Cincau adalah gel yang terbuat dari ekstrak daun cincau. Cincau biasa disajikan sebagai minuman penyegar dengan gula atau sirup, santan, es, dan susu.

Ada tiga jenis daun cincau yang bisa dijadikan sebagai bahan cara membuat cincau. Ada daun cincau hijau (Cylea barbata Miers) yang bisa menghasilkan gel berwarna hijau.

Kemudian ada daun cincau hitam (Mesona palustris Bl) dan daun cincau hitam perdu (Melasthoma polyanthum) yang bisa menghasilkan gel berwarna hitam. Bagaimana cara membuat cincau yang bagus dan enak?

Perhatikan baik-baik, cara membuat cincau yang lembut harus dilakukan penyaringan ekstra agar tidak ada gumpalan ekstrak daun cincau saat direbus.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam empat cara membuat cincau yang bagus dan enak, Kamis (26/5/2022).

2 dari 3 halaman

Cara Membuat Cincau yang Bagus dan Enak

1. Cara Membuat Cincau dari Daun Cincau

 - Cara membuat cincau yang bagus dan enak warna hijau, siapkah bahan berupa 40 lembar daun cincau hijau dan 1 liter air matang.

- Cara membuat cincau yang bagus dan enak selanjutnya, menyiapkan baskom, lalu remas-remas daun cincau dengan sedikit air terlebih dahulu. Setelah daun hancur, baru tambahkan 500 cc air sedikit demi sedikit. Kemudian, saring.

- Setelah itu, cara membuat cincau yang bagus dan enak tambahkan lagi sisa air sedikit demi sedikit sambil pada daun sambil kembali diremas hingga kandungan jelinya keluar. Lalu cara membuat cincau yang bagus dan enak, saring dan campurkan ke hasil saringan yang pertama.

- Hasil saringan bisa disimpan dalam wadah tertutup, lalu cara membuat cincau yang bagus dan enak berikutnya simpan di dalam kulkas.

- Nanti cincau hijau akan mengental dan membentuk tekstur seperti jeli yang lembut. Cincau pun bisa dinikmati kapan saja dengan air gula atau sirup dan santan.

2. Cara Membuat Cincau dari Bahan Instan

- Cara membuat cincau yang bagus dan enak warna hitam, siapkah bahan berupa 2 bungkus Nutrijell cincau hitam, 1 bungkus agar-agar Swallow Pain, dan 2.5 liter air.

- Tuangkan air ke dalam panci, kemudian cara membuat cincau yang bagus dan enak tambahkan Nutrijell cincau hitam dan agar-agar Swallow, kemudian aduk hingga merata, lakukan sampai larut dan mendidih.

- Apabila sudah mendidih, lalu cara membuat cincau yang bagus dan enak adalah angkat dan tuangkan pada loyang. Biarkan hingga dingin dan mengeras.

- Nanti cincau hitam akan mengental dan membentuk tekstur seperti jeli yang lembut. Cincau pun bisa dinikmati kapan saja dengan air gula atau sirup dan santan.

3 dari 3 halaman

Cara Membuat Cincau yang Bagus dan Enak

3. Cara Membuat Cincau dari Janggelan

- Cara membuat cincau yang bagus dan enak warna hitam dari janggelan mudah dilakukan. Siapkah bahan berupa 200 gram daun cincau hitam kering, 2 liter air, dan 3 sendok makan tepung sagu.

- Rebus air hingga benar-benar mendidih. Kemudian cara membuat cincau yang bagus dan enak, masukkan daun cincau hitam yang telah dikeringkan.

- Aduk sebentar, cara membuat cincau yang bagus dan enak bagian ini biarkan hingga mendidih dan air berwarna kehitaman.

- Setelah mendapatkan ekstrak cincau hitam, cara membuat cincau yang bagus dan enak adalah angkat dan saring. Sisihkan. Kemudian cara membuat cincau yang bagus dan enak, larutkan tepung sagu dengan air secukupnya.

- Rebus kembali ekstrak cincau hitam, kemudian cara membuat cincau yang bagus dan enak tuangkan larutan tepung sagu sambil diaduk hingga merata. Setelah mendidih, angkat dan tuangkan dalam loyang. Biarkan hingga padat dan keras seperti jelly.

- Nanti cincau hitam akan mengental dan membentuk tekstur seperti jeli yang lembut. Cincau pun bisa dinikmati kapan saja dengan air gula atau sirup dan santan.

4. Cara Membuat Cincau dari Bubuk

- Cara membuat cincau yang bagus dan enak warna hitam dari bubuk, siapkah bahan berupa 900 ml air, 200 gram gula pasir, dan 100 gram bubuk cincau hitam.

- Cara membuat cincau yang bagus dan enak, kemudian siapkan 600 ml air, tambahkan gula pasir. Rebus hingga mendidih, kemudian cara membuat cincau yang bagus dan enak sambil menunggu, larutkan bubuk cincau hitam dengan 300 ml air.

- Tuangkan larutan bubuk cincau hitam, kemudian cara membuat cincau yang bagus dan enak adalah aduk dan rebus hingga mendidih. Angkat dan pindahkan ke loyang, kemudian cara membuat cincau yang bagus dan enak adalah biarkan hingga dingin dan padat.

- Nanti cincau hitam akan mengental dan membentuk tekstur seperti jeli yang lembut. Cincau pun bisa dinikmati kapan saja dengan air gula atau sirup dan santan.