Sukses

7 Penyebab Mata Panda yang Perlu Dihindari, Tidak Hanya Kurang Tidur

Liputan6.com, Jakarta Penyebab mata panda dipengaruhi oleh kebiasaan sehari-hari yang tidak sehat. Selain itu, faktor genetik dan alergi juga bisa menjadi faktor lain yang mengakibatkan mata panda. Oleh karena itu, kamu perlu menghindari penyebabnya serta mengatasinya dengan langkah-langkah yang tepat.

Pola hidup yang kurang sehat, kebiasaan tidur malam atau begadang, hingga menatap layar hp dalam waktu lama, bisa meningkatkan risiko munculnya mata panda. Oleh karena itu, kamu harus memperhatikan kebiasaan sehari-hari untuk mencegahnya.

Penyebab mata panda perlu diperhatikan setiap orang. Pasalnya, kondisi ini bisa menghampiri siapa saja. Kondisi yang ditunjukkan dengan kantung mata hitam ini berhubungan dengan berbagai faktor yang berkaitan dengan gaya hidup yang kurang sehat.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (27/5/2022) tentang penyebab mata panda.

2 dari 5 halaman

Penyebab Mata Panda yang Perlu Dihindari

Kurang Tidur

Penyebab mata panda yang paling utama adalah kurang tidur. Saat kurang tidur, darah tidak mengalir dengan baik. Akibatnya, darah yang terkumpul di bawah mata dapat terlihat, karena kulit di daerah ini sangat tipis. Selain mata panda, kurang tidur juga membuat mata menjadi tampak bengkak. Hal ini karena kurang tidur dapat menyebabkan tubuh menjadi lelah, maka penampilan wajah pun dapat menjadi kusam dan muncul mata panda.

Kebiasaan Merokok dan Minum Alkohol

Penyebab mata panda lainnya adalah kebiasaan merokok dan minum alkohol. Gaya hidup yang tidak baik ini dapat menjadi penyebab mata panda karena menumpuknya cairan di dalam tubuh. Efek mengonsumsi alkohol dan merokok lama kelamaan dapat membuat aliran darah di kulit wajah menjadi tidak lancar sehingga lingkar mata terlihat lebih gelap seperti mata panda.

Dehidrasi

Penyebab mata panda yang selanjutnya adalah dehidrasi. Ketika tubuh mengalami dehidrasi, mata panda akan muncul dengan sendirinya. Dehidrasi juga akan membuat kulit di sekitar mata tampak kering dan kasar. Selain itu, kulit di bawah mata akan terlihat cekung dan sayu.

Paparan Sinar Matahari

Penyebab mata panda yang lainnya adalah paparan sinar matahari. Paparan sinar matahari dapat memicu tubuh memproduksi lebih banyak melanin atau pigmen penggelap kulit. Paparan sinar matahari yang mengenai mata dapat menyebabkan pigmentasi di kulit sekitar mata, sehingga warnanya menjadi lebih gelap.

3 dari 5 halaman

Penyebab Mata Panda Lainnya

Penuaan

Penuaan bisa menjadi penyebab mata panda yang harus diperhatikan. Penuaan tidak melulu berlaku bagi orang-orang yang sudah lanjut usia, sebab penuaan bisa terjadi pada seseorang yang berusia 20 tahun ke atas. Kantung mata akibat penuaan akan memberi kesan penggelapan di bawah mata.

Penyebab mata panda yang diakibatkan penuaan terjadi akibat penipisan kulit bawah mata. Kondisi ini membuat pembuluh darah menjadi lebih jelas dan lebih gelap. Penggunaan concealer dapat menyamarkannya. Namun, penggelapan hanya bisa diatasi dengan krim berkafein/niacinamide.

Alergi

Saat mengalami alergi, tubuh akan melepaskan histamin. Penyebab mata panda ini akan menyebabkan pelebaran pembuluh darah area mata. Kantung mata kehitaman yang disebabkan alergi disebut dengan Allergic Shiner. Alergi ini biasanya disebabkan kebiasaan menggosok mata dan adanya akumulasi cairan pada bawah mata.

Faktor Genetik

Penyebab mata panda juga bisa dipengaruhi faktor genetik. Kondisi seperti ini akan lebih sulit diatasi, sebab kantung mata sudah muncul sejak kecil. Faktor genetik bisa berupa pigmentasi hingga bentuk tulang mata. Faktor genetik ini juga akan membuat mata terlihat lebih gelap.

4 dari 5 halaman

Cara Menghilangkan Mata Panda

Cara menghilangkan mata panda tentunya dilakukan dengan menghindari penyebabnya. Berikut cara menghilangkan mata panda yang bisa kamu lakukan:

Cukupi Tidur

Mencukupi waktu tidur termasuk cara menghilangkan kantung mata secara alami. Hal ini disebabkan karena kantung mata hitam yang umum ditemui biasanya disebabkan karena kurang tidur.

Kurang tidur dapat memperlambat sirkulasi darah. Hingga menjadi pemicu munculnya kantung mata hitam di bawah mata. Menghindarinya jelas akan membuat kantung mata kembali seperti semula.

Selain itu, kurang tidur akan membuat munculnya cairan berlebih. Hingga akan membuat kelebihan cairan ini berkumpul pada jaringan kulit di bawah mata. Kantung mata hitam dan bengkak menjadi mudah muncul setelahnya.

Hindari Kopi

Kopi dikenal mampu mengurangi rasa kantuk. Meski begitu, mengonsumsinya dapat membuat seseorang mudah terjaga di malam harinya. Jadi memang menghindari kopi adalah salah satu cara menghilangkan kantung mata secara alami.

Jika masih ingin mengonsumsi kopi, pastikan tidak di malam hari. Lebih baik lagi menghindari dan mengganti dengan minuman yang lain. Misalnya saja seperti teh hijau, susu, dan lain sebagainya.

Mencukupi Asupan Cairan

Mencukupi kebutuhan cairan tubuh juga dapat dilakukan sebagai cara menghilangkan kantung mata. Selain itu, agar terhindar dari retensi cairan, kamu dapat mengurangi asupan makanan olahan yang mengandung banyak garam.

Ubah Posisi Tidur

Selain mencukupi waktu tidur, mengubah posisi tidur yang tengkurap bisa dijadikan cara menghilangkan kantung mata secara alami. Hal ini disebabkan karena tidur dengan posisi tengkurap dapat menjadi penyebab kantung mata hitam.

Posisi tengkurap dapat menyebabkan retensi cairan di bawah mata. Hingga membuat kantung mata hitam semakin mudah timbul karenanya. Cobalah dengan posisi tidur menyamping. Sirkulasi darah dapat meningkat karenanya.

5 dari 5 halaman

Cara Menghilangkan Mata Panda dengan Bahan Alami

Mentimun

Cara menghilangkan mata panda secara alami yang mungkin sudah dikenal banyak orang adalah menggunakan mentimun. Kandungan vitamin A, B, dan C, serta kandungan air yang tinggi dan berbagai mineral seperti kalium, magnesium atau silikon pada mentimun sangat baik untuk mendukung mata agar sehat dan terlihat lebih segar.

Caranya taruh irisan mentimun pada area mata lebih kurang selama 30 menit. Menempelkan irisan mentimun pada area mata, tentu saja merupakan cara menghilangkan kantong mata yang sudah diketahui oleh banyak orang. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mentimun memiliki banyak khasiat luar biasa untuk kesehatan mata. Lakukan secara rutin.

Lidah Buaya

Kandungan vitamin E, A, dan C pada lidah buaya dapat membantu menutrisi kulit dan memperbaiki kondisi kulit. Berkat kandungan tersebut, rutin mengaplikasikan lidah buaya di bagian bawah mata setiap tidur malam, dapat membantu untuk menghilangkan kantung mata. Caranya, usapkan gel lidah buaya pada bagian bawah mata yang menghitam, dan diamkan selama 15 menit. Bilas dan bersihkan dengan air.

Kantong Teh

Kantong teh juga bisa digunakan sebagai cara menghilangkan mata panda. Pasalnya, tannin pada kantong teh celup dapat mengurangi pembengkakan dan perubahan warna lingkar mata.

Caranya, simpan kantong teh semalaman di dalam kulkas untuk digunakan pagi harinya. Letakkan di atas matamu (dalam keadaan terpejam) selama 10-15 menit. Penggunaan kantong teh sebagai salah satu cara menghilangkan mata panda ini cukup sering dilakukan orang-orang.