Sukses

Dalam Menyusun Suatu Program, Langkah Pertama yang Harus Dilakukan Adalah Membuat Algoritma

Langkah ini merupakan langkah dasar dalam merencanakan sebuah program.

Liputan6.com, Jakarta Dalam menyusun suatu program langkah pertama yang harus dilakukan adalah hal penting yang harus dipertimbangkan. Langkah ini merupakan langkah dasar dalam merencanakan sebuah program.

Dalam menyusun suatu program langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat algoritma. Program yang dimaksud adalah program komputer yang digunakan dalam berbagai kepentingan. Dalam menyusun suatu program langkah pertama yang harus dilakukan ini biasanya dirancang oleh seorang programmer.

Bagi kamu programmer pemula, penting mengetahui apa saja yang harus dipersiapkan dalam menyusun suatu program, langkah pertama yang harus dilakukan, dan apa yang harus dibuat. Berikut penjelasan tentang aalam menyusun suatu program langkah pertama yang harus dilakukan adalah, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat(27/5/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Pengertian Algoritma

Algoritma adalah prosedur sistematis yang menghasilkan jawaban atas pertanyaan atau solusi dari suatu masalah. Ini sebabnya, dalam menyusun suatu program langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat algoritma. Prosedur ini menghasilkan jawaban dalam, jumlah langkah yang terbatas. Sebuah algoritma standar adalah cara langkah-demi-langkah untuk memecahkan masalah.

Algoritma selalu ada dalam pertanyaan atau masalah dengan hanya sekumpulan kasus atau nilai yang terbatas. Algoritma adalah metode atau langkah yang direncanakan secara tersusun dan berurutan untuk menyelesaikan atau memecahkan permasalahan dengan sebuah intruksi atau kegiatan.

Istilah algoritma berasal dari 'Algoritmi', bentuk Latin dari nama al-Khawarizmi. Al-Khawarizmi sendiri merupakan seorang ahli matematika Muslim yang dikenal dengan penemuan Aljabarnya. Menurut Al Khawarizmi, algoritma adalah suatu metode khusus untuk menyelesaikan suatu persoalan.

3 dari 6 halaman

Karakteristik algoritma

Karakteristik algoritma adalah:

1. Presisi – langkah-langkahnya dinyatakan dengan tepat.

2. Keunikan – hasil dari setiap langkah didefinisikan secara unik dan hanya bergantung pada input dan hasil dari langkah sebelumnya.

3. Finiteness – algoritma berhenti setelah sejumlah instruksi dieksekusi.

4. Input – algoritma menerima input.

5. Output – algoritma menghasilkan output.

6. Umum – algoritma berlaku untuk satu set input.

4 dari 6 halaman

Algoritma dalam komputer

Dalam ilmu komputer, algoritma adalah prosedur khusus untuk memecahkan masalah komputasi yang terdefinisi dengan baik. Pengembangan dan analisis algoritma sangat penting untuk semua aspek ilmu komputer: kecerdasan buatan, basis data, grafik, jaringan, sistem operasi, keamanan, dan sebagainya.

Algoritma memungkinkan seseorang untuk memberikan komputer petunjuk langkah demi langkah untuk memecahkan masalah atau melakukan tugas. Pengembangan algoritma lebih dari sekedar pemrograman. Ini membutuhkan pemahaman tentang alternatif yang tersedia untuk memecahkan masalah komputasi, termasuk perangkat keras, jaringan, bahasa pemrograman, dan kendala kinerja yang menyertai solusi tertentu.

Komputer tidak dapat melakukan apa pun tanpa diberitahu apa yang harus dilakukan. Algoritma memungkinkan pemiliki komputer untuk memberikan komputer petunjuk langkah demi langkah untuk memecahkan masalah atau melakukan tugas.

5 dari 6 halaman

Algoritma dalam pemrograman

Algoritma pemrograman adalah prosedur atau formula yang digunakan untuk memecahkan masalah. Ini didasarkan pada melakukan urutan tindakan tertentu di mana tindakan ini menjelaskan bagaimana melakukan sesuatu, dan komputer akan melakukannya persis seperti itu setiap saat. Sebuah algoritma bekerja dengan mengikuti prosedur, terdiri dari input. Setelah mengikuti semua input, ia akan melihat hasilnya, juga dikenal sebagai output.

Dalam istilah pemrograman komputer, algoritma adalah seperangkat instruksi yang terdefinisi dengan baik untuk memecahkan masalah tertentu. Dibutuhkan satu set input dan menghasilkan output yang diinginkan.

Pemrograman komputer adalah proses yang digunakan para profesional untuk menulis kode yang menginstruksikan bagaimana kinerja komputer, aplikasi, atau program perangkat lunak. Pada dasarnya, pemrograman komputer adalah seperangkat instruksi untuk memfasilitasi tindakan tertentu.

6 dari 6 halaman

Apa itu programming

Pemrograman adalah cara untuk "menginstruksikan komputer untuk melakukan berbagai tugas". Ini pada dasarnya berarti bahwa seorang programmer memberikan komputer satu set instruksi yang ditulis dalam bahasa yang dapat dimengerti oleh komputer. Instruksi bisa dari berbagai jenis.

Pemrograman adalah tugas kreatif. Tidak ada cara yang benar atau salah untuk memecahkan masalah, dengan cara yang sama, bahwa tidak ada cara yang benar atau salah untuk melukis gambar. Ada pilihan yang harus dibuat, dan satu cara mungkin tampak lebih baik daripada yang lain.

Sederhananya, pemrograman adalah memberikan satu set instruksi ke komputer untuk dieksekusi. Jika kamu pernah memasak menggunakan resep sebelumnya, kamu dapat menganggap dirimu sebagai komputer dan penulis resep sebagai programmer. Penulis resep memberi satu set instruksi yang kamu baca dan ikuti.

Salah satu atribut dari suatu algoritma adalah beberapa proses langkah demi langkah yang terjadi secara berurutan. Ini karena algoritma adalah daftar instruksi. Salah satu contoh yang paling jelas dari sebuah algoritma adalah proses memasak.

Resep masakan adalah daftar terbatas instruksi yang digunakan untuk melakukan tugas. Misalnya, untuk memasak resep soto ayam, kamu harus mengikuti tiga hingga lima langkah yang tertulis dalam resep. Proses dan langkah inilah yang disebut dengan algoritma.

Sangat sering, urutan langkah-langkah yang diberikan dapat membuat perbedaan besar. Jika ada kesalahan dalam langkah, maka hasil akhir juga akan salah. Misalnya, ketika membuat soto, ayam harus direbus selama 20 menit, namun pada prosesnya, ayam hanya direbus 10 menit. Hasilnya, ayam jadi tidak matang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.