Sukses

Efektif Adalah Berhasil Guna, Ketahui Cara Menerapkannya

Liputan6.com, Jakarta Efektif adalah istilah yang sering digunakan dalam menyelesaikan sebuah pekerjaan. Efektif menjadi salah satu capaian agar pekerjaan menjadi tepat hasil. Menjadi efektif adalah kemampuan yang perlu diasah terus menerus.

Efektif adalah kata sifat yang bisa mempermudah sekaligus mempercepat pekerjaan. Seringkali, efektif adalah istilah yang sering disamakan atau keliru disebut sebagai efisien. Mengetahui arti efektif adalah salah satu cara untuk membangun efektivitas.

Karena efektif adalah sifat yang bisa ditumbuhkan, kamu bisa mulai membangunnya. Ada sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk menjadi orang yang efektif. Berikut pengertian tentang efektif, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat(27/5/2022).

2 dari 5 halaman

Arti efektif

Efektif berasal dari kata Latin effectivus yang berakar dari efficere, yang berarti menyelesaikan. Sesuatu yang efektif berarti sesuatu yang menyelesaikan pekerjaan. Menurut KBBI, efektif adalah ada efeknya, manjur atau mujarab, dapat membawa hasil, atau berhasil guna.

"Efektif" adalah kata sifat yang berarti mencapai hasil atau tujuan yang dimaksudkan dengan cara yang memadai atau memuaskan. Efektif adalah kata yang memiliki banyak nuansa makna. Biasanya, efektif adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan sesuatu yang mampu menghasilkan tujuan yang diinginkan. Efektivitas mengacu pada seberapa berguna sesuatu itu.

3 dari 5 halaman

Beda efektif dan efisien

Efisien dan efektif adalah dua istilah yang kerap disamakan. Padahal keduanya punya konteks yang berbeda. Efektif berarti “menghasilkan hasil yang diinginkan”. Efisien berarti “mampu menghasilkan hasil yang diinginkan tanpa membuang bahan, waktu, atau tenaga”.

Perbedaannya adalah bahwa ketika sesuatu efektif, itu menghasilkan hasil bahkan jika diperlukan beberapa sumber daya yang tidak perlu untuk melakukannya. Ketika sesuatu efisien, tidak hanya menghasilkan hasil, tetapi juga dengan cara yang cepat atau sederhana dengan menggunakan bahan, waktu, tenaga, atau energi sesedikit mungkin.

Efisiensi mengacu pada seberapa baik sesuatu dilakukan, sementara efektivitas mengacu pada seberapa berguna sesuatu itu. Misalnya, mobil adalah bentuk transportasi yang sangat efektif, mampu memindahkan orang melintasi jarak yang jauh, ke tempat-tempat tertentu, tetapi mobil mungkin tidak mengangkut orang secara efisien karena penggunaan bahan bakarnya atau potensi penyebab kemacetannya.

Kata efektif memberi perhatian lebih pada kemampuan aktual untuk menghasilkan hasil yang diinginkan. Kata efisien lebih menekankan pada minimnya pemborosan dalam menghasilkan hasil tersebut.

4 dari 5 halaman

Cara menjadi orang yang efektif

Berikut cara menjadi orang yang efektif menurut Stephen R. Covey dalam bukunya The 7 Habits of Highly Effective People:

Proaktif

Kebiasaan mendasar pertama untuk menjadi orang yang efektif adalah bersikap proaktif. Orang yang sangat efektif adalah orang yang proaktif, dan bersikap proaktif berarti bertanggung jawab. Fokus dan bertindak pada apa yang dapat Anda kendalikan dan pengaruhi alih-alih apa yang tidak dapat Anda kendalikan.

Menjadi proaktif berarti bersiap sehingga kamu dapat mengendalikan situasi apa pun yang mungkin menghadang. Kamu tidak menunggu hal-hal menjadi kacau sebelum mengambil tindakan, sebaliknya, kamu mengambil tindakan sebelum hal-hal menjadi kacau, dan kamu memiliki Rencana B, Rencana C, dan seterusnya untuk berjaga-jaga jika ada hal-hal yang kacau.

Berpikir win-win

Orang yang sangat efektif memiliki kebiasaan membangun hubungan saling bergantung secara efektif dengan orang lain. Kamu harus memiliki kemampuan untuk berkompromi dan menciptakan situasi win-win yang dapat saling menguntungkan kedua belah pihak. Kamu bertujuan untuk menang bukan dengan menjatuhkan orang lain, sebaliknya, tujuanmu adalah membiarkan semua orang menang. Berkolaborasilah lebih efektif dengan membangun hubungan kepercayaan yang tinggi.

Mulai dengan tujuan akhir

Tentukan ukuran keberhasilan yang jelas dan rencana untuk mencapainya. Jangan menghabiskan hidup bekerja tanpa tujuan, menangani pekerjaan apa pun yang ada. Miliki visi untuk masa depan dan selaraskan tindakanmu untuk mewujudkannya menjadi kenyataan. Perencanaan ke depan dan penetapan tujuan menciptakan banyak perbedaan. Dengan tujuan akhir dalam pikiran, kamu dapat lebih fokus pada hal-hal eksternal yang dapat dikendalikan. Orang yang sangat efektif memberikan kontribusi setiap hari dalam hidupnya untuk visi hidupnya secara keseluruhan.

Berusaha memahami, baru dimengerti

Ketika manusia terlibat dalam percakapan, sebagian besar waktunya cenderung menyaring semua yang didengar dan membandingkannya dengan kerangka acuan sendiri. Terkadang, bahkan orang yang diajak bicara tidak menyelesaikan pertanyaannya ketika kamu sudah merumuskan tanggapan. Untuk menjadi efektif, jadilah pendengar yang baik. Baru kamu akan bisa dimengerti orang. Pengaruhi orang lain dengan mengembangkan pemahaman yang mendalam tentang kebutuhan dan perspektif mereka.

5 dari 5 halaman

Cara menjadi orang yang efektif

Bersinergi

Sinergi menggabungkan keinginan untuk mencapai kesepakatan yang saling menguntungkan melalui mendengarkan dan komunikasi yang empatik. Sinergi secara sederhana berarti bahwa “dua kepala lebih baik dari satu”. Hal ini dikenal sebagai kebiasaan yang dibentuk oleh kerjasama kreatif dan kerja tim.

Kembangkan solusi inovatif yang memanfaatkan perbedaan dan memuaskan semua pemangku kepentingan utama. Sinergi memungkinkan tim menemukan bersama hal-hal yang kecil kemungkinannya ditemukan sendiri. Ini adalah gagasan bahwa keseluruhan lebih besar daripada jumlah bagian-bagiannya.

Mengasah diri

Kebiasaan ini berbicara tentang mencurahkan waktu untuk memperbaiki diri sendiri, apakah itu kesehatan fisik, mental, sosial, emosional, atau spiritual. Mengasah gergaji berarti meningkatkan dan melestarikan kualitas, kemampuan, etika kepribadian, efektivitas pribadi, prinsip, hubungan, atau aset yang dimiliki. Tingkatkan motivasi, energi, dan keseimbangan kerja/kehidupan dengan menyediakan waktu untuk memperbarui aktivitas.

Prioritaskan yang utama

Prioritaskan dan capai tujuan terpentingmu alih-alih terus-menerus bereaksi terhadap urgensi. Untuk mencapai efektivitas, dahulukan hal-hal yang utama. Kebiasaan ini juga menyangkut kemampuan untuk menolak hal-hal yang bertentangan dengan prinsip.

Misalnya, kamu punya tujuan adalah menghemat banyak uang agar bisa membeli mobil. Hal pertama yang akan kamu lakukan adalah membuat daftar hal-hal dan peluang yang dapat membantu menghemat lebih banyak uang untuk mobil impian dan menghilangkan pengeluaran yang tidak diperlukan atau penting. Dengan cara ini kamu dapat menghemat lebih cepat dan lebih efektif jika fokus pada daftar prioritas tersebut.