Sukses

Cara Buat Label Undangan di Word Secara Otomatis, dari Format Hingga Cetak

Cara buat label undangan di Word ini bisa kamu praktikkan di Word, yaitu dengan memilih ribbon Mailings, kemudian pilih Labels.

Liputan6.com, Jakarta Cara buat label undangan bisa kamu praktikkan pada Microsoft Word. Hal ini tentunya lebih memudahkan kamu dalam membuat undangan, karena sudah ada format label undangan di Microsoft Word. Kebanyakan orang biasanya menggunakan format label 103 atau 121.

Kertas label adalah kertas khusus langsung tempel pada kartu undangan tanpa harus dilem terlebih dahulu layaknya kertas stiker. Selanjutnya agar hasilnya lebih rapi, biasanya penulisan pada kertas label harus diprint.

Cara buat label undangan di Word ini bisa kamu praktikkan di Word, yaitu dengan memilih ribbon Mailings, kemudian pilih Labels. Setelah itu, kamu tinggal mengikuti langkah-langkah mudah yang akan dijelaskan di artikel ini, sampai terkait dengan detailnya. Menerapkan langkah-langkah membuat undangan dengan kertas label ini sangat praktis. 

Cara buat label undangan juga perlu menggunakan Microsoft Excel untuk penulisan nama dan alamatnya. Pengerjaannya akan dikombinasikan antara kedua produk Microsoft tersebut agar lebih rapi. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (27/5/2022) tentang cara buat label undangan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Buat Label Undangan di Word

Cara buat label undangan di Word yang biasanya digunakan yaitu nomor 103 dan 121. Berikut cara buat label undangan di Word yang bisa kamu praktikkan:

1. Buka Microsoft Word, kemudian klik ribbon Mailings > Labels > Options.

2. Setelah jendela Options pada Label sudah aktif, selanjutnya klik New Label.

3. Lalu, pilih pengaturan manual Label Type 103. Label ini sering digunakan untuk menempelkan label kartu undangan.

Berikut adalah penjelasan dari setiap kolom label details:

- Label name: isi dengan nama label yang akan kamu buat.

- Top margin: batas jarak dari pinggir atas kertas sampai pinggir label bagian atas juga.

- Side margin: batas jarak dari pinggir samping kertas sampai pinggir label bagian samping juga.

- Vertical pitch: ukuran tinggi label ditambah jarak vertikal antara label pertama dengan label kedua.

- Horizontal pitch: ukuran lebar label ditambah jarak horizontal antara label pertama dengan label kedua.

- Label height: ukuran tinggi dari masing-masing label.

- Label width: ukuran lebar dari masing-masing label.

- Number across: jumlah kolom label (Label type 103 memiliki 3 kolom).

- Number down: jumlah baris label (Label type 103 memiliki 4 baris).

- Page size: di sini kamu pilih Custom.

- Page width: ukuran lebar kertas label secara kesuluruhan.

-  Page height: ukuran tinggi kertas label secara kesuluruhan.

4. Setelah mengisi semua kolom sesuai dengan ukuran nyata dari kertas label stiker yang akan kamu print, silakan klik Ok. Setelah klik Ok, kamu akan dihadapkan pada jendela Label Options, silakan klik Ok lagi.

5. Kemudian pada jendela Envelopes and Labels, kamu klik pilih New Document.

Cara buat label undangan ini mudah sekali dipraktikkan. Biasanya dalam 1 lembar kertas label terdiri dari 12 label, yang berarti dalam 1 lembar label stiker kamu bisa menempelkan label sebanyak 12 kartu undangan. Microsoft Word yang bisa digunakan untuk membuat label undangan otomatis adalah Word 2007, 2010, 2013, dan 2016.

3 dari 4 halaman

Cara Buat Label Undangan di Excel

Cara buat label undangan di Word di atas tentunya belum tuntas. Untuk langkah selanjutnya, kamu perlu menggunakan Microsoft Excel agar lebih mudah. Berikut cara buat label undangan di Microsoft Excel:

1. Cara buat label undangan menggunakan Microsoft Excel. Langkah pertama tentunya dengan membuka Excel.

2. Kemudian buat data yang ingin dimasukkan, seperti nama dan alamat.

3. Selesai membuat data di Microsof Excel, kembali ke halaman Word. Di Microsoft Word, pertama klik tab Maillings > kemudian pilih Select Recipients > lalu pilih Use an Existing List.

4. Setelah itu, arahkan ke file yang telah dibuat dengan Microsoft Excel tadi.

5. Setelahnya akan muncul jendela Select Table. Pilih Sheet$ dan klik Ok untuk menuju proses selanjutnya.

6. Lalu pilih tab Mailings > Insert Merge Field > dan pilih NAMA.

7. Selanjutnya akan muncul «NAMA», silahkan tekan enter lalu ketikkan Di, tekan enter lagi dan lakukan seperti cara sebelumnya tab Mailing > Insert Merge Field > «ALAMAT».

8. Untuk mengisi kolom kedua, copy paste saja dari kolom pertama. Dan jika sudah ter-copy, arahkan cursor di depan kata «NAMA».

9. Selanjutnya, klik tab Mailings > Rules  > Next Record. Ini berfungsi agar kolom kedua dan selanjutnya menampilkan data secara berurutan.

10. Untuk menampilkan menjadi nama dan alamat, silahkan klik Mailings lalu pilih Preview Results.

11. Jika dengan cara di atas nama dan alamat belum muncul, silahkan klik tab Mailings > Edit Individual > pilih All > klik Ok.

Cara buat label undangan ini akan secara otomatis membuat seluruh data undangan yang telah kamu buat di Excel masuk pada label undangan yang dibuat di Word sebelumnya. 

4 dari 4 halaman

Cara Buat Label Undangan Proses Cetak

Sebelum mencetak label, atur dulu ukuran kertas dan sesuaikan dengan ukuran label yang telah kamu buat. Melakukan pengaturan kertas bisa dilakukan dengan cara berikut:

1. Setelah memberikan perintah Ctrl+P kemudian klik Properties

2. Kemudian sesuaikan ukuran kertas dengan nilai Page width serta Page height yang telah kamu atur pada langkah pembuatan label jenis 103 di atas.

3. Lalu klik OK, untuk mencetak atau print.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.