Sukses

Demografi adalah Ilmu Tentang Perkembangan Penduduk, Kenali Tujuan dan Manfaatnya

Liputan6.com, Jakarta Demografi adalah ilmu yang mempelajari tentang penduduk. Demografi merupakan bagian dari ilmu Geografi, di mana fenomena demogafi ini dipengaruhi oleh kelahiran, kematian, hingga migrasi. Kamu tentunya perlu memahami ilmu kependudukan ini.

Demografi adalah ilmu kependudukan. Ilmu kependudukan ini berkaitan dengan susunan, jumlah, dan perkembangan penduduk di suatu daerah. Hal ini dipengaruhi oleh kelahiran, kematian, migrasi, hingga penuaan yang terjadi pada penduduk. 

Demografi mencakup jumlah penduduk, persebaran geografis, komposisi penduduk, dan karakter demografis, serta bagaimana faktor-faktor ini berubah dari waktu ke waktu. Kamu perlu mengenali pengertian demografi dari para ahli.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (27/5/2022) tentang demografi adalah.

2 dari 5 halaman

Demografi adalah

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, demografi adalah istilah yang dikenal juga dengan sebutan ilmu kependudukan. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), demografi adalah ilmu tentang susunan, jumlah, dan perkembangan penduduk. Demografi adalah  ilmu yang memberikan uraian atau gambaran statistik mengenai suatu bangsa dilihat dari sudut sosial politik.

Secara etimologi, demografi adalah istilah yang berasal dari kata “demos” yang berarti penduduk dan “grafein” yang berarti gambaran. Jadi demografi adalah setiap tulisan atau gambaran mengenai rakyat atau kependudukan manusia. Demografi adalah bagian dari ilmu geografi. Demografi adalah ilmu yang mempelajari penduduk (suatu wilayah) terutama mengenai jumlah, struktur (komposisi penduduk) dan perkembangannya (perubahannya).

Demografi adalah ilmu yang mempelajari penduduk atau manusia, terutama tentang kelahiran, kematian, dan perpindahan penduduk yang terjadi. Mengutip situs Pemerintah Kota Pontianak, ilmu kependudukan atau demografi adalah ilmu yang mempelajari dinamika kependudukan manusia. Demografi adalah ilmu yang meliputi ukuran, struktur, dan distribusi penduduk, serta bagaimana jumlah penduduk berubah setiap waktu akibat kelahiran, kematian, migrasi, serta penuaan.

Sementara itu, Pemerintah Kota Banda Aceh dalam keterangan tertulis yang dilansir dari laman website resminya, menjelaskan demografi adalah nama lain dari kependudukan. Pengertian demografi adalah ilmu yang mempelajari dinamika kependudukan manusia, merujuk pada masyarakat secara keseluruhan.

Demografi mencakup jumlah penduduk, persebaran geografis, komposisi penduduk, dan karakter demografis, serta bagaimana faktor-faktor ini berubah dari waktu ke waktu.

3 dari 5 halaman

Pengertian Demografi Menurut Para Ahli

Para praktisi atau ahli di bidang kependudukan disebut sebagai demograf. Berikut pengertian demografi menurut para ahli:

- David V. Glass. Demografi adalah suatu studi penduduk sebagai akibat pengaruh dari proses demografi, yaitu fertilitas, mortalitas, dan migrasi.

- Johan Susczmilch. Demografi adalah sistem ilmu pengetahuan yang senantisa menjelasan terkait dengan perubahan sosial yang mencangkup kematian dan kelahiran. Sehingga atas dasar inilah setidaknya spesifikasi pengetahuan ini dikenal dengan hukum ilahi.

- George W. Barclay. Demografi adalah suatu cabang ilmu yang menggambarkan penduduk di suatu daerah dalam bentuk statistika. Selain itu, demografi juga mempelajari bagaimana tingkah laku penduduk secara keseluruhan.

- Achille Guillard. Demografi adalah ilmu yang mempelajari tentang keadaan dan sikap manusia yang dapat diukur, yaitu meliputi perubahan secara umum, fisiknya, peradabannya, intelektualitasnya, dan kondisi moralnya.

- Philip M Hauser dan Duddley Duncan. Demografi adalah ilmu pengetahuan yang menjelaskan tentang ukuran penduduk, struktur penduduk, dan distribusi penduduk, serta bagaimana jumlah penduduk berubah setiap hari-harinya akibat adanya kelahiran, kematian, migrasi, serta penuaan.

- Hawthorn. Demografi adalah studi tentang interaksi tingkat perkembangan dari 3 komponen (kelahiran, kematian dan migrasi) dan studi tentang dampak dari perubahan komposisi dan perkembangan dari penduduk.

- Donald J. Boague. Demografi adalah ilmu yang mempelajari secara statistik dan matematik tentang besaran, komposisi dan distribusi penduduk dan perubahan-perubahannya sepanjang masa melalui bekerjanya lima komponen demografi yaitu kelahiran, kematian, perkawinan, migrasi, dan mobilitas sosial.

- Pressat. Demografi adalah studi tentang populasi manusia dalam hubungannya dengan perubahan yang terjadi akibat kelahiran, kematian, dan migrasi.

- United Nations Multilingual Demographic. Demografi adalah studi ilmiah keilmuan yang menjelaskan tentang sistem kependudukan, terutama yang terkait dengan jumlah penduduk, struktur, serta perkembangannya dalam suatu wilayah tertentu. Yang mencangkup angkatan kerja, jumlah pengangguran, dan lainnya.

4 dari 5 halaman

Tujuan Demografi

Demografi adalah ilmu yang mempelajari struktur (jumlah, penyebaran, dan komposisi) dan proses penduduk di sutu wilayah. Dalam arti yang lebih luas dijelaskan dalam modul berjudul Konsep Dasar Demografi yang dipublikasikan Universitas Sebelas Maret, demografi adalah sifat-sifat dari kelompok etnik, kelompok sosial, sifat-sifat ekonomi penduduk atau kelompok masyarakat.

Tujuan demografi adalah sebagai berikut:

- Mempelajari kuantitas & distribusi penduduk dalam suatu daerah tertentu.

- Menjelaskan pertumbuhan masa lampau, penurunan dan persebaran dengan sebaik-baiknya dengan data yang tersedia.

- Mengembangkan hubungan sebab akibat antara perkembangan penduduk dengan bermacam-macam aspek organisasi sosial.

- Meramalkan pertumbuhan penduduk di masa datang dan kemungkinan konsekuensinya.

5 dari 5 halaman

Manfaat Demografi

Manfaat demografi adalah sebagai berikut:

- Lebih banyak peluang pasar terutama dapat menarik investor untuk menanam modal di Indonesia.

- Mendapatkan sumber daya manusia yang berkualitas dari segala aspek.

- Memiliki banyak tenaga kerja produktif dan kreatif dari segi usia dan kemampuan.

Selain itu, manfaat demografi juga berperan penting dalam perencanaan pembangunan, makin lengkap dan akurat data kependudukan yang tersedia, makin mudah dan tepat rencana pembangunan dibuat.