Sukses

Marshanda Ungkap Idap Tumor Payudara, Ini 7 Faktanya

Marshanda ungkap dirinya mengidap tumor payudara saat lakukan live.

Liputan6.com, Jakarta Kabar mengejutkan datang dari penyanyi sekaligus aktris Marshanda. Pasalnya, dalam sebuah live Instagram yang dilakukan dan diunggah dalam channel YouTube MARSHED pada Senin (30/5/2022), ia mengungkapkan jika dirinya mengidap tumor payudara.

Bahkan, pemilik nama lengkap Andriani Marshanda ini juga sedikit bercerita mengenai kondisinya usai dinyatakan mengidap tumor payudara. Pernyataan wanita 32 tahun ini pun mencuri perhatian banyak netizen. Bahkan, tak sedikit pula yang khawatir dengan keadaan Marshanda.

Mantan istri Ben Kasyafani ini juga mengungkapkan jika dirinya tengah berada di Singapura untuk menjalani rangkaian tes. Bahkan, pemain sinetron Orang Ketiga ini terlihat begitu tegar saat menceritakan mengenai kondisi kesehatannya.

Dirangkum Liputan6.com dari channel YouTube MARSHED, berikut ini beberapa fakta terkait Marshanda yang ungkapkan mengidap tumor payudara, Senin (30/5/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Ungkap miliki tumor payudara saat live

Melalui channel YouTube MARSHED, Marshanda terlihat mengunggah video saat melakukan live bersama para penggemar. Dalam momen tersebut, Marshanda yang tengah berada di sebuah hotel di Singapura pun mengungkapkan mengenai penyakit yang diidapnya.

"Sebenarnya gue pengin nyari spot yang enggak ada musik, karena musiknya agak... Mungkin itu tanda kalau aku harus tetap bahagia sampai tahu apa rencana Yang Maha Kuasa dengan ngasih gue tumor payudara," ujar Marshanda sembari diiringi senyum tegar.

3 dari 8 halaman

2. Tak ingin orang khawatir

Bukan hanya itu saja, Marshanda juga turut mengungkapkan jika dirinya tak ingin banyak orang khawatir terhadap kondisi kesehatannya. Meski begitu, wanita kelahiran 10 Agustus 1989 ini juga turut meminta doa dan dukungan.

"Jadi gue pengen kalian enggak ada yang worry, jadi please doain aja. Bagi kalian yang percaya Tuhan, doain gue, dan bagi kalian yang enggak percaya Tuhan, just sent me the energy. I love you all so much," lanjutnya.

4 dari 8 halaman

3. Merasa kesakitan

Dalam video yang diunggah, Marshanda sendiri memang terlihat begitu tegar. Ia juga beberapa kali tetap memamerkan senyum manisnya saat membicarakan berbagai kenangan indah.

Namun, Marshanda juga beberapa kali terlihat meneteskan air mata saat berbicara soal kondisi kesehatannya ataupun sang ayah dan anak semata wayangnya. Meski begitu, Marshanda menyebut jika dirinya telah mempersiapkan diri dan tak merasa ketakutan walaupun masih merasakan sakit.

"I'm not affraid. I'm in pain sometimes. In painnya maksudnya physical di payudara gue yang ada tumornya. Kadang-kadang sakit," ujarnya.

5 dari 8 halaman

4. Kesiapan menghadapi kematian

Wanita yang juga mengaku mengidap HSP (Henoch Schonlein Purpura) atau sebuah gangguan peradangan di pembuluh darah kecil ini juga berbagi cerita mengenai kesiapan dirinya menghadapi kematian. Dirinya menyebutkan, pergi ke Singapura sebagai salah satu usaha yang dilakukan untuk menghadapi kondisi tumor payudaranya.

Pasalnya, ia menyebut bisa mengetahui langkah apa yang harus diambil usai melakukan rangkaian tes.

"Kalo gue mati abis gue bikin live ini, gue gapapa. Dan gue minta, gue minta if im really gonna die, karena gue tenang, gue ikhtiar tapi gue tawakal. Makanya gue ke Singapura karena aku mau berjuang untuk hidupku ini," kata Marshanda.

6 dari 8 halaman

5. Keinginan bertemu ayah

Tak sampai di situ saja, dalam video yang diunggah ke channel YouTube pribadinya, Marshanda juga mengungkapkan keinginannya usai pulang dari Singapura. Dirinya menyebutkan berharap bisa bertemu dengan sang ayah.

"gue pengin bisa pergi ketemu bokap gue. Sebelum gue kenapa-kenapa. At least, gue ke Singapura tujuannya to know apakah gue masih punya harapan untuk berumur panjang atau tidak," ungkap Marshanda.

Marshanda juga mengungkapkan keinginannya untuk bertemu dengan sang ayah yang lama tak dilakukan. Bahkan, dirinya juga mengucapkan permohonan maaf atas hal tersebut.

"gue ke Singapura tujuannya buat berjuang buat kesehatan gue, jika memang kodratnya gue berumur pendek, so i know what action that i need to make. So, pas nyampai ke Jakarta gue bisa ke bokap dan make sure ke papa. Pertama minta maaf ke papa nyamperin dia, karena dia udah lama ngga disamperin sama orang-orang tersayang karena pandemi. Gue optimistik yang insyaAllah gue ngga mendahului bokap bahwa gue akan ketemu bokap," lanjutnya.

7 dari 8 halaman

6. Ingin meninggal dalam keadaan baik

Marshanda juga bercerita mengenai kesiapannya menghadapi kematian. Dirinya bahkan telah mempersiapkan diri jika meninggal dunia di Singapura bahkan usai melakukan live.

"Yang penting gue udah bertanya sama om gue, gue udah bertanya sama mantan suami gue (Ben Kasyafani) kalau misalnya kita udah mau meninggalkan yang disebutnya La Ilaha illallah, iyakan? So im prepared. Gue bawa mukena bawa sajadah ke Singapura," lanjutnya.

Ia juga menyebutkan meski telah mengetahui jika dirinya didiagnosis mengidap tumor payudara, Marshanda berusaha untuk menjalani hidup seperti biasa dan lebih bahagia.

"Gue ke singapura untuk tau kondisi gue, apakah gue masih saatnya berlanjut untuk hidup, atau mmm udah waktunya pergi. Gue berusaha i wanna make sure, gue berusaha gue berikhtiar tapi gue bertawakal sama Allah dan gue happy menjalankan semuanya," ujarnya sambil tersenyum tegar.

8 dari 8 halaman

7. Miliki tumor setahun lalu

Dalam video tersebut, Marshanda juga membuat pengakuan yang cukup mengejutkan. Pasalnya, ia menyebut jika telah memiliki tumor setahun lalu.

"Udah punya tumor dari setahun lalu," ungkapnya.

Tak sampai di situ saja, dirinya juga turut mengucapkan terima kasih dan bersyukur kepada Ben Kasyafani dan Nesta Ayu Nabila atau Ines, istri Ben. Dirinya bersyukur karena Ben dan Ines begitu sayang dan perhatian kepada Sienna. Bahkan, ia percaya jika mantan suami dan Ines mampu membesarkan sang anak, Sienna.

"Makasih buat Ben dan Ines karena kalian sayang sama anak kita, dan gue percaya kalian akan membesarkan Sienna, kalau gue pergi yang ngejagain Sienna tuh Allah. Dan gue bersyukur walaupun gue cuma mengalami kuantiti yang kecil setiap minggu dua tiga kali aja but its fine. Gue udah bahagia," ungkap Marshanda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.