Sukses

Induk Organisasi Bulutangkis Indonesia Adalah PBSI, Begini Sejarahnya

PBSI mengatur jalannya bulutangkis di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Induk organisasi bulutangkis Indonesia adalah organisasi yang membawahi urusan bulutangkis di Indonesia. Bulutangkis atau badminton merupakan salah satu cabang olahraga yang populer di dunia, terutama Asia.

Tiap negara memiliki organisasi bulutangkisnya sendiri, termasuk Indonesia. Induk organisasi bulutangkis Indonesia adalah pihak yang secara resmi mengatur kegiatan olahraga bulutangkis di Indonesia. Induk organisasi bulutangkis Indonesia adalah organisasi yang berdiri sejak 1951 silam.

Induk organisasi bulutangkis Indonesia adalah bagian dari organisasi keolahragaan yang ada di Indonesia. Melalui organisasi ini, aturan, kompetisi, manajemen atlet diatur sedemikian rupa. Induk organisasi bulutangkis Indonesia adalah pondasi penting dalam berjalannya cabang olahraga bulutangkis ini.

Dalam perjalanannya, induk organisasi bulutangkis Indonesia adalah organisasi yang terus berkembang. Berikut penjelasan tentang induk organisasi bulutangkis Indonesia, Selasa(31/5/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Induk Organisasi Bulutangkis Indonesia

Induk organisasi bulutangkis Indonesia adalah Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia. Singkatan dari Induk organisasi bulutangkis Indonesia adalah PBSI. PBSI berdiri sejak 5 Mei 1951 di Bandung.

Dahulu, organisasi bulutangkis masih terpecah dan bergerak sendiri. Untuk menempuh jalan menuju satu wadah organisasi maka cara yang paling tepat adalah mempertemukan tokoh perbulutangkisan dalam satu kongres.

Hasilnya, dalam suatu pertemuan tanggal 5 Mei 1951 di Bandung lahirlah PBSI (Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia) dan pertemuan tersebut dicatat sebagai kongres pertama PBSI.

Dengan adanya kepengurusan tingkat pusat itu maka kepengurusan di tingkat daerah / propinsi otomatis menjadi cabang yang berubah menjadi Pengda (Pengurus Dareah) sedangkan Pengcab (Pengurus Cabang) adalah nama yang diberikan kepada kepengurusan ditingkat kotamadya / kabupaten.

3 dari 5 halaman

Tujuan PBSI

Menurut AD/ART PBSI adalah satu-satunya Induk Organisasi olahraga bulutangkis nasional yang merupakan bagian dari pembinaan olahraga yang tergabung dan dilakukan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI).

Adapun tugas pokok PBSI adalah mengembangkan dan membina bulutangkis sebagai olahraga rakyat, meningkatkan prestasi olahraga baik ditingkat daerah, nasional maupun internasional, menyelenggarakan kejuaraan antar perkumpulan dan perorangan secara berencana ditingkat Kabupaten/Kota, Provinsi dan Nasional maupun Internasional. Maka dari itu organisasi keolahragaan sangat diperlukan dalam pembinaan olahraga secara maksimal dan professional mulai dari tahap pembibitan atlet sampai tahap pencapaian prestasi tertinggi.

4 dari 5 halaman

Induk organisasi bulutangkis dunia

Induk organisasi bulutangkis dunia adalah Badminton World Federation atau BWF. Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) diakui oleh Komite Olimpiade Internasional (IOC) dan Komite Paralimpik Internasional (IPC) sebagai badan pengelola bulutangkis dunia. Federasi Bulu Tangkis Internasional (IBF), sebagaimana pada awalnya disebut, didirikan di London, pada 5 Juli 1934 dengan sembilan asosiasi anggota pendiri. BWF adalah federasi dari 197 anggota.

BWF didirikan pada tahun 1934 sebagai Federasi Bulu Tangkis Internasional (IBF). Hal ini diperlukan dengan perlunya konsistensi dalam aturan dan regulasi yang mengatur bulu tangkis. Awalnya, sebagian besar benua memiliki badan pengatur bulutangkis sendiri yang mengembangkan aturan dan regulasi mereka sendiri. Pada saat itu, itu dianggap lebih sebagai kegiatan rekreasi untuk orang kaya daripada sebagai olahraga. Namun, ketika permainan menjadi lebih populer, federasi nasional mulai muncul dan Asosiasi Bulu Tangkis (badan nasional Inggris) membuat proposal kepada asosiasi lain bahwa badan di seluruh dunia harus dibentuk.

Maksud dan tujuan BWF antara lain mengatur, memajukan, mengembangkan, dan mempopulerkan olahraga bulu tangkis ke seluruh dunia. dan mengorganisir, menyelenggarakan dan menyajikan acara-acara internasional pada tingkat tertinggi. BWF memiliki kantor pusat di Kuala Lumpur, Malaysia, dengan 198 Asosiasi Anggota di seluruh dunia. Poul-Erik Høyer adalah Presiden BWF, dan Thomas Lund adalah Sekretaris Jenderal BWF.

Visi BWF adalah menjadikan bulu tangkis sebagai olahraga global terkemuka yang dapat diakses oleh semua orang – memberikan setiap anak kesempatan untuk bermain seumur hidup. Misinya adalah untuk memimpin dan menginspirasi semua pemangku kepentingan; untuk memberikan hiburan melalui acara-acara menarik untuk mendorong pengalaman penggemar; dan untuk menciptakan inisiatif pembangunan yang inovatif, berdampak, dan berkelanjutan.

5 dari 5 halaman

Cara bermain bulutangkis

Permainan bulutangkis dimulai dengan lemparan. Wasit melempar koin. Pemain atau tim yang memenangkan lemparan memiliki opsi untuk memilih sisi lapangan, atau opsi untuk servis terlebih dahulu. Jika pemain memilih sisi lapangan yang disukainya, maka pemain lawan atau tim dapat memilih untuk melakukan servis atau menerima terlebih dahulu dan sebaliknya.

Servis dilakukan secara diagonal dan servis pertama dilakukan dari sisi kanan lapangan servis. Server harus mengenai ketiak shuttlecock saat jaraknya 1,15m. Server tidak dapat menginjak batas dan harus melakukan servis dari lapangan servis yang benar. Jika shuttlecock mengenai net dan tidak melewatinya setelah servis, maka shuttle tersebut harus melakukan servis lagi. Jika server melakukan kesalahan saat melakukan servis, lawan mendapat kesempatan untuk melakukan servis.

Pemain penerima menerima shuttlecock dari lapangan servis yang benar secara diagonal berlawanan dengan lapangan server dan mengembalikannya, sehingga memulai reli. Pemain dapat bergerak di sekitar sisi lapangan mereka setelah mengembalikan servis.

Ketika seorang pemain menembak kok di luar batas lapangan atau ketika seorang pemain gagal mengembalikan kok dari sisi lapangannya, lawan mendapat satu poin dan reli berakhir. Di akhir permainan, pergantian pemain berakhir, dan dalam permainan penentuan, pergantian pemain berakhir ketika satu pemain atau pasangan mendapat skor 8 (pria) atau 6 (wanita) poin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.