Sukses

Influencer Adalah Publik Figur, Ketahui Kunci Sukesnya

Influencer adalah pemengaruh yang paling banyak ditemui.

Liputan6.com, Jakarta Influencer adalah figur yang bisa memberi dampak signifikan bagi audiensnya. Sebutan lain dari influencer adalah pemengaruh. Social media influencer adalah pemengaruh yang paling banyak ditemui.

Kemampuan menjadi influencer adalah kekuatan untuk memiliki efek penting pada seseorang atau sesuatu. Peran seorang influencer adalah memengaruhi orang lain, mengubah seseorang atau sesuatu secara tidak langsung tetapi penting. Influencer adalah peran yang digunakan dalam berbagai kepentingan.

Mulai dari meningkatkan brand, marketing, hingga politik, influencer adalah bagian dari cara memengaruhi orang. Berikut penjelasan tentang apa itu influencer dan cara menjadi influencer, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (1/6/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Asal usul kata influencer

Influencer berasal dari kata influence yang berarti pengaruh. Influence berasal dari bahasa Latin influere yang berarti mengalir masuk. Influencer berarti orang yang memberi pengaruh atau seorang pengaruh.

Pengaruh adalah kekuatan untuk memiliki efek penting pada seseorang atau sesuatu. Jika seseorang memengaruhi orang lain, mereka mengubah seseorang atau sesuatu secara tidak langsung tetapi penting.

Terkadang influencer yang memengaruhi orang lain tidak bermaksud untuk memberikan efek apa pun, tetapi terkadang mereka menggunakan pengaruh untuk menguntungkan dirinya sendiri.

3 dari 6 halaman

Apa itu influencer?

Dalam bahasa Indonesia, istilah yang paling dekat dengan influencer adalah pemengaruh. Menurut KBBI, pemengaruh berarti orang yang menggunakan media sosial untuk mempromosikan atau merekomendasikan sesuatu. Pemengaruh bisa berarti sesuatu atau seseorang yang memengaruhi atau mengubah perilaku, pemikiran, dan sebagainya.

Menurut Cambridge Advanced Learner's Dictionary & Thesaurus, influencer adalah seseorang yang mempengaruhi atau mengubah cara orang lain berperilaku. Dalam Cambridge Dictionary, influencer juga didefinisikan sebagai orang yang dibayar oleh perusahaan untuk menunjukkan dan menjelaskan nya produk dan layanan di sosial media yang , mendorong lainnya orang untuk membeli mereka.

Seorang influencer adalah orang yang mampu memberi pengaruh pada orang lain untuk tergerak melakukan sesuatu. Influencer adalah pakar dalam komunitas tertentu yang mendukung atau mengulas produk atau bahkan pemikiran dalam bidang keahlian mereka.

Influencer adalah orang yang memiliki kemampuan untuk mempengaruhi perilaku orang lain sebagai akibat dari ukuran audiens mereka atau persuasif individu mereka. Influencer dapat mempengaruhi melalui ukuran keseluruhan audiens mereka (jangkauan total) atau karena otoritas dan reputasi mereka dalam komunitas orang yang lebih kecil.

4 dari 6 halaman

Peran influencer

Peran influencer adalah sebagai promotor yang kuat. Sebagai orang yang dianggap berpengaruh, seorang influencer menggunakan pengaruh itu untuk memandu keputusan pembelian pengikut mereka. Paling sering dilakukan melalui pembuatan media (video, podcast, tweet, status), influencer mempromosikan produk yang mereka bayar untuk dipromosikan.

Influencer dapat berupa seorang publik figur seperti selebritis, selebgram, selebtwit, blogger, penulis, dan lain sebagainya. Berbicara tentang dibayar, beberapa influencer dibayar berdasarkan pengikut dan keterlibatan mereka.

Sekarang rekomendasi dan kritik dari mulut ke mulut menyebar melalui media sosial lebih cepat. Konsumen lebih sering mempercayai rekomendasi dari pihak ketiga daripada merek itu sendiri. Ini membuat influencer menjadi promotor yang kuat. Mereka biasanya memiliki banyak pengikut di media sosial dan merupakan pendukung merek serta promotor khusus.

5 dari 6 halaman

Cara menjadi influencer

Dikutip dari Indeed, berikut cara menjadi influencer yang sukses:

Temukan ceruk

Ceruk atau niche adalah ruang milik sendiri, mulai dari sudut harfiah atau selungkup hingga semacam spesialisasi profesional. Hal pertama yang harus dilakukan untuk menjadi influencer adalah menentukan area khusus apa dalam industri yang ingin kamu fokuskan. Ini membantumu menemukan tempat sebagai pemberi pengaruh di bidang yang kamu kuasai.

Ini juga membantu menargetkan audiens yang lebih spesifik, memungkinkanmu menyesuaikan konten dengan kebutuhan dan minat mereka. Contoh ceruk seperti mode, gaya hidup, olahraga, makanan, kecantikan, teknologi, dan banyak lagi.

Pilih platform media sosial

Untuk menumbuhkan pengikut, sangat penting untuk memilih platform media sosial yang paling sesuai dengan ceruk dan audiens yang ditargetkan. Tentukan siapa audiensmu, teliti platform apa yang paling sering mereka gunakan, lalu gunakan platform tersebut. Platform media sosial populer untuk influencer seperti Instagram, TikTok, Twitter, YouTube, dan Facebook.

Kembangkan strategi konten

Untuk membangun kehadiran sebagai influencer, kamu perlu menyediakan konten yang relevan dan berkualitas tinggi kepada audiens yang ditargetkan. Ini menunjukkan bahwa kamu adalah ahli dan sumber daya yang berharga. Kamu harus memutuskan format apa yang akan diambil konten dan bagaimana kamu akan membagikan konten ini ke seluruh platform media sosial.

Membangun dan memelihara situs web

Saat mendapatkan perhatian, kemungkinan orang akan mencarimu secara online. Memiliki situs web sendiri dapat berfungsi sebagai lokasi sentral yang memberi audiens semua yang perlu mereka ketahui tentangmu serta sumber daya untuk konten lainnya.

Konsisten

Selain menerbitkan konten berkualitas tinggi, pastikan menyediakannya secara konsisten untuk mempertahankan pengikut. Audiens harus dapat mengandalkanmu untuk pembaruan dan posting rutin. Jika kamu tidak aktif, mereka mungkin memutuskan untuk berhenti mengikutimu atau melupakanmu sama sekali.

6 dari 6 halaman

Cara menjadi influencer

Memiliki pendapat

Untuk membedakan dirimu dari ribuan artikel, posting, dan jenis konten lain di luar sana, kamu perlu memastikan bahwa kamu membagikan pemikiranmu sendiri, bahkan jika itu berbeda dari apa yang dibagikan orang lain di industri. Orang mungkin lebih tertarik dan setia pada suara-suara unik dan otentik daripada suara-suara yang hanya mengulangi pokok pembicaraan populer.

Terlibat dengan audiens

Saat menumbuhkan audiens, penting bagimu untuk berinteraksi dengan mereka secara langsung karena ini akan membuat mereka merasa dihargai dan karena itu lebih mungkin untuk terus mendukung. Kamu dapat melakukan ini dengan menanggapi atau mengakui komentar, membalas pesan langsung, dan meluangkan waktu untuk membagikan konten dari atau menyoroti anggota tertentu dari audiensmu, jika memungkinkan.

Kembangkan jaringan

Saat menetapkan diri sebagai influencer, menjalin hubungan dengan sesama influencer di industri dapat membantu menumbuhkan audiens. Untuk terhubung dengan influencer online, kamu dapat berinteraksi dengan konten mereka melalui komentar dan berbagi secara teratur untuk membangun hubungan baik dengan mereka. Akhirnya, mereka dapat membagikan kontenmu, sehingga mengarahkan audiens mereka ke profilmu dan mendorong mereka untuk mengikutimu.

Evaluasi dan lacak kemajuan

Sebagian besar platform media sosial memberikan wawasan dan analitik tentang kinerja seperti demografi audiens, jangkauan konten, dan tingkat keterlibatan. Kamu akan bisa memantau informasi ini saat memulai perjalanan influencer. Ini menunjukkan kepadamu kecepatan membangun audiens.

Tetap up to date pada tren

Sebagai influencer, audiens memiliki harapan bahwa kamu akan memberi mereka berita terbaru, tren, dan informasi penting lainnya tentang industri. Kamu dapat melakukan ini dengan mengikuti sumber berita industri, pemimpin pemikiran, dan pakar lainnya dan membagikannya kepada audiens, bersama dengan perspektifmu.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.