Sukses

3 Cara Membuat Tabel di Microsoft Word yang Praktis, Pilih Menu Insert Table

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat tabel di Microsoft Word tidak begitu sulit untuk dipraktikkan. Biasanya, tabel dibuat di Microsoft Word untuk menyajikan data. Fungsi tabel tersebut biasanya untuk mengatur teks atau data berupa teks.

Hal ini agak berbeda dengan fungsi tabel yang biasanya dibuat di Microsoft Excel, yang biasanya digunakan untuk mengolah data berupa angka dan menghitungnya dengan rumus. Fungsi tabel di Microsoft Word memang lebih sederhana jika dibandingkan dengan Microsoft Excel.

Cara membuat tabel di Microsoft Word secara otomatis maupun manual. Kamu bisa membuat tabel dengan memasukkannya secara otomatis dengan ukuran yang ditentukan, atau bisa juga menggambar tabel secara manual menggunakan mouse.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (1/6/2022) tentang cara membuat tabel di Microsoft Word.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Cara Membuat Tabel di Microsoft Word Melalui Menu Insert

Cara membuat tabel di Microsoft Word mudah saja. Kamu bisa malakukannya dengan memilih menu Insert, kemudian pilih table. Cara membuat tabel di Microsoft Word melalui menu Insert yaitu sebagai berikut:

1. Klik menu Insert, lalu pilih Table

2. Setelah itu, akan muncul pilihan kolom dan baris yang bisa kamu pilih dalam membuat tabel.

3. Pilih jumlah kolom dan baris yang kamu inginkan.

4. Setelah itu, tabel akan muncul secara otomatis di halaman Microsoft Word kamu.

Cara membuat tabel di Microsoft Word melalui menu Insert ini memang sangat mudah. Kamu tinggal memilih jumlah kolom dan baris yang diinginkan, karena sudah tersedia beragam pilihan secara otomatis saat kamu memilih tabel. Kamu tinggal mengarahkan kursor pada bagian tabel yang kamu inginkan. Nantinya akan ada keterangan jumlah baris dan kolom.

3 dari 5 halaman

Cara Membuat Tabel di Microsoft Word Melalui Menu Insert Table

Cara membuat tabel di Microsoft Word selanjutnya tidak kalah mudah. Kamu juga perlu memilih menu Insert, kemudian pilih table terlebih dahulu pada cara membuat tabel di Microsoft Word kedua ini. Cara membuat tabel di Microsoft Word melalui menu Insert Table yaitu sebagai berikut:

1. Klik menu Insert, lalu pilih Table

2. Setelah itu, akan muncul pilihan kolom dan baris yang bisa kamu pilih dalam membuat tabel, dan beberapa pilihan lainnya di bawah.

3. Pilih Insert Table… .

4. Kemudian, akan muncul menu pop up yang menyuruhmu untuk mengisi berapa banyak kolom dan baris yang ingin kamu buat pada tabel.

4. Setelah itu, tabel akan muncul secara otomatis di halaman Microsoft Word kamu.

Cara membuat tabel di Microsoft Word melalui menu Insert Table ini berguna untuk kamu yang ingin membuat tabel dalam jumlah banyak. Kamu tinggal menuliskan jumlah kolom dan baris yang diinginkan pada menu pop up, sehingga nantinya tabelmu akan selesai secara otomatis sesuai dengan keinginan.

4 dari 5 halaman

Cara Membuat Tabel di Microsoft Word Melalui Menu Draw Table

Cara membuat tabel di Microsoft Word selanjutnya menggunakan menu Draw Table. Kamu juga perlu memilih menu Insert, kemudian pilih table terlebih dahulu pada cara membuat tabel di Microsoft Word ketiga ini. Cara membuat tabel di Microsoft Word melalui menu Draw Table yaitu sebagai berikut:

1. Klik menu Insert, lalu pilih Table

2. Setelah itu, akan muncul pilihan kolom dan baris yang bisa kamu pilih dalam membuat tabel, dan beberapa pilihan lainnya di bawah.

3. Pilih Draw Table.

4. Kemudian, kamu bisa langsung membuat tabel dengan mouse pada halaman Microsoft Word.

4. Kamu bisa membuat kotak-kotak pada tabel sesuai keinginan, hanya dengan menggunakan mouse.

Cara membuat tabel di Microsoft Word melalui menu Draw Table ini berguna untuk kamu yang ingin membuat tabel dengan cepat. Cara membuat tabel di Microsoft Word ini juga memudahkan kamu untuk memasukkan data-data, karena bisa langsung kamu masukkan per kotaknya, jika kamu lebih memilih cara tersebut.

5 dari 5 halaman

Cara Menambah Kolom atau Baris pada Tabel di Microsoft Word

Mengutip blog.skillacademy.com, cara menambah kolom atau baris pada tabel di Microsoft Word adalah sebagai berikut:

1. Klik kanan pada salah satu sel

2. Pilih Insert Kamu bisa memilih menu Insert yang ada di bagian atas atau bawah. Keduanya sama saja. Ada beberapa pilihan Insert dengan fungsi yang berbeda-beda:

- Insert Columns to the Left, untuk menambahkan kolom di sebelah kiri sel

- Insert Columns to the Right, untuk menambahkan kolom di sebelah kanan sel

- Insert Rows Above, untuk menambahkan baris di atas sel

- Insert Rows Below, untuk menambahkan baris di bawah sel

- Insert Cells, untuk menambahkan sel baru di dalam sel

Kamu juga bisa menambahkan baris atau kolom ke dalam tabel dengan menu Layout, lalu pilih salah satu insert yang sesuai. 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS