Sukses

Tempat Wisata Kalibiru di Kulon Progo Jogjakarta yang Wajib Dikunjungi

Wisata Kalibiru di Kulon Progo yang ada di dataran tinggi ini mulanya hutan lindung milik negara yang olah.

Liputan6.com, Jakarta - Wisata Kalibiru adalah wisata alam Jogjakarta yang berada di daerah Kulon Progo. Jarak lokasi tempat wisata Kalibiru di Kulon Progo dari pusat kota Jogjakarta lebih kurang 40 km.

Dinas Pariwisata Kabupaten Kulon Progo dalam keterangan tertulisnya dilansir, pada Kamis (2/6/2022) mengungkap tempat wisata Kalibiru di Kulon Progo menawarkan aneka macam outbound.

“… diantaranya flying fox, trekking dan beberapa permainan lainnya,” dijelaskan.

Tempat wisata Kalibiru di Kulon Progo pun menyediakan warung yang serupa dengan kafe, aula joglo untuk pertemuan, toilet, mushola, dan free wifi area. Tertarik berkunjung ke wisata Kalibiru di Kulon Progo?

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tempat wisata Kalibiru di Kulon Progo Jogjakarta, lengkap fasilitas yang ditawarkan, Kamis (2/6/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tempat Wisata Kalibiru di Kulon Progo Jogjakarta

Kalibiru adalah tempat wisata di daerah Kulon Progo Jogjakarta yang alamnya sangat memesona. Dinas Pariwisata Kabupaten Kulon Progo menjelaskan tempat wisata Kalibiru di Kulon Progo tepatnya terletak di Hargowilis, Kokap, kabupaten Kulon Progo dengan jarak kurang lebih 40 km dari pusat kota.

Seperti apa tempat wisata Kalibiru di Kulon Progo Jogjakarta tersebut?

Dijelaskan tempat wisata Kalibiru di Kulon Progo merupakan kombinasi estetik dari hamparan hijau hutan serta perbukitan. Awal mula dari wisata Kalibiru di Kulon Progo yang ada di dataran tinggi ini adalah hutan lindung milik negara yang diolah menjadi tempat wisata.

“Awal mula terbentuknya tempat ini adalah sebuah hutan negara yang diolah menjadi tempat wisata,” dijelaskan.

Topografi tempat wisata Kalibiru di Kulon Progo adalah memiliki tanah bergelombang dan dominan oleh perbukitan dalam area hutan lindung. Tempat wisata Kalibiru di Kulon Progo berada di Perbukitan Menoreh Yogyakarta dengan ketinggian 450 mdpl.

Akses wisatawan ke tempat wisata Kalibiru di Kulon Progo ini tidak sulit. Lokasi tempat wisata Kalibiru di Kulon Progo bisa ditempuh kurang lebih 50 menit yang berjarak kurang lebih 40 km dari Kota Yogyakarta. Baik itu menggunakan kendarakan pribadi atau bus pariwisata. Tertarik berkunjung ke tempat wisata Kalibiru di Kulon Progo?

3 dari 4 halaman

Fasilitas Tempat Wisata Kalibiru di Kulon Progo Jogjakarta

Fasilitas tempat wisata Kalibiru di Kulon Progo ini tidak perlu diragukan lagi. Dinas Pariwisata Kabupaten Kulon Progo mengungkap tempat wisata Kalibiru di Kulon Progo menawarkan aneka macam outbound.

Inilah mengapa tempat wisata Kalibiru di Kulon Progo sangat cocok dikunjungi bersama keluarga, teman-teman, hingga pasangan. Ada fasilitas outbound apa saja?

“… diantaranya flying fox, trekking dan beberapa permainan lainnya,” dijelaskan.

Layanan outbound tempat wisata Kalibiru di Kulon Progo yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber berupa:

1. Gardu Pandang

Gardu pandang adalah tempat wisata Kalibiru di Kulon Progo yang wajib dijajal. Dari gardu pandang ini, pengunjung bisa menyaksikan hamparan Perbukitan Menoreh yang indah.

Tak cuma itu, dari gardu pandang di tempat wisata Kalibiru di Kulon Progo akan terlihat juga Waduk Sermo.

Gardu pandang di tempat wisata Kalibiru di Kulon Progo biasanya berbentuk papan yang dipasang di pohon. 3-5 pengunjung bisa naik ke gardu ini untuk menikmati pesona yang memukau.

2. Trekking

Trekking adalah fasilitas tempat wisata Kalibiru di Kulon Progo yang wajib dijajal. Di tempat wisata Kalibiru di Kulon Progo ini, pengunjung bisa berjalan menyusuri jalan setapak berbukit yang dikelilingi pepohonan yang segar dan sejuk.

3. Flying fox

Di tempat wisata Kalibiru di Kulon Progo, pengunjung juga bisa mencoba atraksi flying fox. Banyak yang rela antre untuk mencoba wahana ini. Di tempat wisata Kalibiru di Kulon Progo, pengunjung bisa melakukan flying fox di tengah hamparan hutan lindung yang masih sangat hijau dan asri.

4. Kuliner

Di sekitar tempat wisata Kalibiru di Kulon Progo, ada aneka kuliner khas yang bisa dicoba. Ada warung lesehan yang menawarkan masakan seperti pecel, lauk pauk, hingga jajanan. Ada pula sajian teh yang langsung berasal dari petani Kulon Progo.

Sementara itu, fasilitas pendukung di tempat wisata Kalibiru di Kulon Progo juga tak kalah bagus dan lengkap, daripada fasilitas di tempat wisata Jogja daerah kota.

Dinas Pariwisata Kulon Progo mengungkap, tempat wisata Kalibiru di Kulon Progo menyediakan warung yang serupa dengan kafe, aula joglo untuk pertemuan, toilet, mushola, dan free wifi area. Penjual makanan ringan dan berat sangat lengkap di tempat wisata Kalibiru di Kulon Progo ini.

“Ada juga fasilitas pendukung yang tersedia di tempat ini seperti homestay yang berjumlah 6 dengan kapasitas 10 - 15 orang, penjual makanan mulai dari yang ringan sampai yang berat,” dijelaskan.

4 dari 4 halaman

Tempat Wisata Sekitar Kalibiru di Kulon Progo

Apabila sudah merasa puas berkunjung dan menikmati fasilitas di tempat wisata Kalibiru di Kulon Progo Jogjakarta, jangan lupa mampir ke tempat wisata sekitar Kalibiru di Kulon Progo.

Ini rekomendasi tempat wisata sekitar Kalibiru di Kulon Progo yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber:

1. Air Terjun Sidoharjo

Air Terjun Sidoharjo merupakan air terjun tertinggi yang dimiliki oleh Yogyakarta. Tingginya hingga 75 meter dan debit air yang cukup deras, air terjun ini tampak megah dan sangat memesona.

Air Terjun Sidoharjo terletak di Gerbosari, Sidoharjo, Samigaluh, Kulon Progo. Selain air terjun, kamu juga dapat menikmati kolam yang cocok untuk berenang dan menikmati sensasi alam yang asri dan menenangkan.

2. Kebun Teh Nglinggo

Ada pesona kehijauannya, Kebun Teh Nglinggo menjadi objek wisata yang cukup terkenal di Kulon Progo. Kebun Teh Nglinggo adalah satu-satunya kebun teh yang berada di Yogyakarta.

Lokasinya di Desa Wisata Nglinggo, Nglinggo Barat, Pagerharjo, Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, DIY. Di sini kamu dapat menyaksikan aktivitas para pemetik teh secara langsung.

Hasil teh dari kebun teh ini juga dijual bebas di warung-warung kecil milik penduduk setempat.

3. Waduk Sermo

Waduk Sermo berada di kawasan Bukit Menoreh, tepatnya di Dusun Sermo, Desa Hargowilis, Kokap, Kulon Progo, Yogyakarta. Waduk ini dibangun mulai 1994 dan diresmikan oleh Presiden Soeharto 20 November 1996.

Waduk Sermo menawarkan suasana tenang dan segar bagi para pengunjungnya. Pengunjung dapat menyewa perahu untuk mengarungi waduk dengan luas kuran lebih 157 Ha ini.

4. Kedung Pedut

Berada di dataran tinggi Kulonprogo, Desa Kembang, Jatimulyo, Giromulyo, Kedung Pedut merupakan tempat wisata di Kulon Progo berupa air terjun yang sering dikunjungi wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Wisatawan yang masuk menikmati suasana Kedung Pedut dapat memilih beberapa spot untuk berfoto. Air Terjun Kedung Pedut dikenal karena keindahan warna airnya yang putih jernih kehijauan.

Warna putih jernih terjadi karena aliran air deras yang berasal dari air terjun di samping kedung ini, sedangkan warna hijau toska terbentuk dari pantulan batuan di dasar sungai.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.