Sukses

3 Cara Membuat Black Garlic dan Tips Anti Gagalnya, Kaya Manfaat

Black garlic dibuat melalui proses fermentasi.

Liputan6.com, Jakarta - Apa itu black garlic? Black garlic adalah bawang hitam yang dibuat melalui proses fermentasi. Cara membuat black garlic adalah memperhatikan suhu tinggi dan kelembapan yang terjaga dengan baik.

Dalam jurnal penelitian berjudul Black garlic: A critical review of its production, bioactivity, and application”, black garlic oleh S Kimura, dijelaskan cara membuat black garlic adalah dari bawang putih biasa yang difermentasikan dalam waktu tertentu dengan suhu tinggi dan terkontrol kelembapannya.

Proses cara membuat black garlic bisa dilakukan dengan oven, rice cooker, dan kompor. Tertarik mencobanya? Rasa yang tercipta dari cara membuat black garlic, yakni lebih manis dan tekturnya kenyal.

Selain mudah dipraktikkan di rumah, manfaat black garlic tak perlu diragukan lagi. Ini karena black garlic kaya kandungan antioksidan dari allicin dan bakteri Lactobacillus yang baik untuk mengatasi masalah diabetes.

Berikut Liputan6.com ulas cara membuat black garlic dengan oven, rice cooker, kompor, dan lengkap tips anti gagalnya, Kamis (2/6/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Membuat Black Garlic yang Mudah Dipraktikkan

1. Cara Membuat Black Garlic dengan Oven

- Cara membuat black garlic dengan oven pertama, siapkan bahan utama, yakni bawang putih segar secukupnya saja.

- Kemudian cara membuat black garlic dengan oven, siapkan perlengkapan yang diperlukan, yakni mangkuk stainless, kertas alumunium foil, dan oven untuk melakukan fermentasinya.

- Cara membuat black garlic dengan oven selanjutnya, masukan bawang putih pada mangkuk stainless dan menutupnya dengan kertas alumunium foil.

- Apabila sudah, cara membuat black garlic dengan oven adalah letakan mangkuk tersebut dalam oven.

- Suhu yang diperlukan untuk cara membuat black garlic dengan oven berkisar pada suhu 25-30 derajat Celsius selama 40-80 hari.

- Dalam proses cara membuat black garlic dengan oven ini perlu dilakukan pengecekan setiap 4 atau 5 hari sekali untuk mencegah terjadinya perubahan suhu.

2. Cara Membuat Black Garlic dengan Rice Cooker

- Cara membuat black garlic dengan rice cooker pertama, siapkan bahan utama, yakni bawang putih segar 250 gram yang kating atau bawang putih tunggal.

- Kemudian cara membuat black garlic dengan rice cooker, siapkan perlengkapan yang diperlukan, yakni rice cooker atau penanak nasi dan lilin aroma terapi yang berguna untuk menangkal aroma bawang nantinya.

- Cara membuat black garlic dengan rice cooker mulai dengan menempatkan rice cooker pada daerah dengan ventilasi udara yang bagus misalnya saja dekat jendela.

- Apabila cara membuat black garlic dengan rice cooker  pakai bawang putih biasa, kupas kulit terluar sampai terlihat batas antara bawang putih. Pastikan masih menyisakan kulit bawang untuk menghindari gosong atau kegagalan.

- Kemudian cara membuat black garlic dengan rice cooker, mulai alasi rice cooker dengan menggunakan tisu dapur dan tata bawang putih secara tunggal.

- Apabila sudah, cara membuat black garlic dengan rice cooker bagian ini tutup kembali dengan menggunakan tisu dapur dan tata kembali bawang putih tunggal seperti pada langkah yang sudah dilakukan sebelumnya.

- Cara membuat black garlic dengan rice cooker, jika rice cooker penuh, tutup kembali dengan tisu pada bagian atasnya.

- Selesaikan cara membuat black garlic dengan rice cooker dengan menekan tombol cook pada rice cooker dan biarkan dalam keadaan warm selama 40-90 hari dan cek setiap 5 hari sekali.

3 dari 3 halaman

Cara Membuat Black Garlic dan Tips Anti Gagalnya

3. Cara Membuat Black Garlic dengan Kompor

- Cara membuat black garlic dengan kompor pertama, siapkan bahan utama, yakni bawang putih segar secukupnya saja.

- Kemudian cara membuat black garlic dengan kompor, siapkan perlengkapan yang diperlukan, yakni wajan tebal atau teflon serba guna dan alas dandang yang berubang-lubang.

- Cara membuat black garlic dengan kompor terbilang paling sederhana dan mudah diikuti di rumah. Mulai cara membuat black garlic dengan kompor, susun bawang putih diatas alas dandang yang diletakkan di dasar wajan.

- Apabila sudah siap, cara membuat black garlic dengan kompor selanjutnya tutup wajan, masak sekitar 30-60 menit pakai api lilin (api paling kecil) selama 20 hari.

Nah, itulah tiga cara membuat black garlic dengan oven, rice cooker, dan kompor yang bisa langsung dipraktikkan sendiri di rumah dengan mudah. Apabila khawatir gagal, simak tips cara membuat black garlic yang anti gagal.

Begini tips cara membuat black garlic anti gagal melansir The Kitchn:

1. Tips cara membuat black garlic anti gagal pertama, ukur suhu penanak nasi atau rice cooker dengan pas.

Dijelaskan, jangan berasumsi penanak nasi memasak pada suhu rendah. Rentang idealnya adalah 120 °F hingga 190 °F.

2. Tips cara membuat black garlic anti gagal kedua, lakukan apa yang bisa untuk menjaga kelembapan.

Bungkus bagian atas penanak nasi dengan kertas timah dan jangan terlalu sering memeriksanya, karena setiap kali membukanya, kelembapan yang terkumpul akan keluar.

“Ingatlah bahwa suhu rendah dan kelembapan tinggilah yang membuat bawang putih tidak benar-benar kering dan memberikan tekstur seperti jeli pada bagian dalamnya,” dijelaskan.

2. Tips cara membuat black garlic anti gagal ketiga, lakukan prosesnya di garasi.

Saat membuat bawang putih hitam, baunya akan tampaj seperti sedang berkendara melewati Gilroy selama festival bawang putih. Tips cara membuat black garlic anti gagal adalah melakukannya di garasi atau ruang lebih terbuka lainnya

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.