Sukses

Jumlah Pemain Bola Voli dalam Satu Regu Adalah 6 Pemain Utama, Ketahui Posisinya

Jumlah pemain bola voli dalam satu regu adalah enam pemain utama dan empat pemain cadangan.

Liputan6.com, Jakarta Jumlah pemain bola voli dalam satu regu adalah enam pemain utama dan empat pemain cadangan. Sebanyak enam pemain utama akan bermain lebih dulu di lapangan, sementara empat pemain lainnya akan bergiliran mengganti sesuai arahan pelatih.

Pada dasarnya, aturan tentang jumlah pemain bola voli dalam satu regu ini dikeluarkan oleh FIVB (Federation Internationale de Volleyball) selaku induk organisasi bola voli dunia. Jumlah pemain bola voli dalam satu regu adalah enam pemain utama. pemain tersebut memiliki posisi masing-masing saat di lapangan.

Di lapangan, keenam pemain voli akan membentuk formasi dua baris. Pada baris pertama akan ada 3 orang yang berdiri di area garis belakang untuk menyapu bola lawan. Sedangkan 3 orang pemain lainnya akan menempati posisi dekat net untuk melakukan penyerangan maupun blocking.

Untuk lebih rinci, berikut Liputan6.com ulas mengenai jumlah pemain bola voli dalam satu regu beserta posisi dan tugasnya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (2/6/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Jumlah Pemain Bola Voli

Permainan bola voli adalah salah satu permainan beregu bola besar. Permainan ini dimainkan di lapangan berbentuk persegi panjang dan dipisahkan oleh net atau jaring. Secara keseluruhan, jumlah pemain bola voli dalam satu regu adalah 6 pemain inti yang bermain di lapangan dan 4 pemain bola voli yang duduk di bangku cadangan. Jadi, total keseluruhan atau jumlah pemain bola voli dalam satu regu adalah untuk sebuah kompetisi profesional berjumlah 10 orang.

Sesuai dengan aturannya, permainan dianggap sah jika orang yang bermain di lapangan maksimal 6 orang dan minimal 4 orang.  Jika kurang dari jumlah pemain bola voli dalam satu regu tersebut, maka laga tak bisa dilanjutkan dan regu tersebut akan dianggap kalah oleh wasit.

3 dari 5 halaman

Posisi Pemain Bola Voli

Setelah mengetahui jumlah pemain bola voli dalam satu regu adalah enam pemain inti dan 4 orang pemain cadangan, anda juga perlu mengetahui posisinya sesuai aturan permainan bola voli. Berikut rinciannya:

1. Posisi nomor 1: Server

Tugas seorang server adalah melakukan servis alias pukulan yang menandai dimulainya permainan atau rally. Tugas untuk mengambil servis biasanya diambil secara bergantian, setelah itu pemain bisa mengemban peran lain baik sebagai setter atau pemain bertahan (defender). Giliran untuk mengambil servis bergantung pada perpindahan penguasaan bola setiap sebuah tim memperoleh angka.

2. Posisi nomor 2 dan 4: Spiker/Smasher 

Keberadaan seorang spiker dalam sebuah tim bola voli memiliki peran utama sebagai eksekutor serangan dengan melakukan smash atau spike, ke arah wilayah permainan lawan. Berkaitan dengan posisinya, seorang spiker juga bisa berganti peran menjadi blocker apabila lawan ganti melakukan serangan.

3. Posisi nomor 3: Tosser

Posisi tosser dalam permainan bola voli ada di nomor 3. Tosser atau set-upper adalah pemain yang bertugas memberikan umpan kepada spiker/smasher. Dalam permainan bola voli, tosser biasanya akan melakukan pukulan bola kedua. Bola dari tosser akan diarahkan kepada spiker yang tugasnya melakukan smash ke wilayah permainan lawan.

4. Posisi nomor 5 dan 6: Defender/Libero

Libero adalah pemain yang bertahan untuk menerima serangan dari lawan dalam sebuah rally dan berada di garis belakang permainan. Posisi sebagai libero terlihat menonjol dalam sebuah tim bola voli karena menggunakan warna seragam berbeda dibandingkan rekan setimnya.

4 dari 5 halaman

Formasi Permainan Bola Voli

Berikut ini adalah deretan formasi populer dalam permainan bola voli, antara lain:

1. 3-3

Formasi 3-3 merupakan yang paling populer dalam permainan bola voli. Umumnya, formasi ini dilakukan untuk rotasi setelah melakukan servis atau menerima servis. Formasi ini membentuk dua baris 3 pemain depan dan 3 pemain belakang.

2. 4-2

Formasi 4-2 merupakan posisi ketika menyerang sekaligus memiliki stabilitas cukup tinggi di belakang. Dua pemain bertahan di belakang akan memiliki ruang yang mudah untuk menjangkau bola ketika terkena block.

3. 2-4

Dikenal dengan formasi Full Defense, 2-4 menempatkan 2 pemain depan untuk blocking serangan lawan dengan 4 pemain belakang yang siap untuk menjaga bola tidak jatuh ke dalam area poin.

4. 5-1

Posisi ini merupakan tipe formasi Full Attack yang mampu mengecoh tim lawan, karena memiliki beberapa opsi pilihan serangan bagi set upper. Formasi ini menempatkan 4 smasher di depan net.

5 dari 5 halaman

Peraturan Dasar Permainan Bola Voli

1. Setiap tim terdiri dari enam orang. Ada empat peran yang harus dimiliki oleh setiap tim, yaitu spiker, tosser, defender, dan libero.

2. Jumlah pemain dalam satu tim minimal empat orang.

3. Permainan dimulai dengan melempar koin untuk menentukan tim mana yang berhak melakukan servis terlebih dahulu.

4. Servis dilakukan di luar garis lapangan dan bola harus bisa melewati net.

5. Bola dinyatakan out apabila keluar dari garis lapangan.

6. Pemain harus melakukan passing, smash, dan teknik lainnya di area lapangannya sendiri. Artinya, pemain tidak boleh sampai melewati batas net atau memasuki area lawan.

7. Bola dinyatakan masuk apabila sudah menyentuh lantai dan berada di dalam garis lapangan permainan.

8. Pemain hanya boleh memukul/memantulkan bola, bukan menangkap atau melemparnya seperti permainan basket. Menangkap dan melempar bola akan dinyatakan sebagai pelanggaran.

9. Pemain boleh menggunakan anggota tubuh mana saja untuk memantulkan bola. Pemain dianggap melakukan pelanggaran apabila memantulkan bola dengan cara menendang.

10. Tidak ada batasan untuk pergantian pemain dan boleh dilakukan berkali-kali.

11. Pemain dilarang menyentuh net secara sengaja maupun tidak sengaja.

12. Berbicara kasar, baik kepada tim lawan maupun wasit, bisa dianggap sebagai pelanggaran.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.