Sukses

Lima Negara Pendiri ASEAN adalah yang Menghadiri Deklarasi Bangkok, Kenali Anggotanya

Lima negara pendiri ASEAN adalah negara-negara yang menghadiri Deklarasi Bangkok kala itu.

Liputan6.com, Jakarta Lima negara pendiri ASEAN adalah negara-negara yang menghadiri Deklarasi Bangkok kala itu. Latar belakang pembentukan ASEAN ini yaitu adanya keinginan kuat dari para pendiri ASEAN untuk menciptakan kawasan Asia Tenggara yang damai, aman, stabil, dan sejahtera. Hal ini disebabkan karena situasi rawan konflik pada 1960-an, yang dapat mengganggu stabilitas kawasan sehingga menghambat pembangunan. 

ASEAN adalah singkatan dari Association of Southeast Asian Nations, yaitu dalam bahasa Indonesia disebut juga Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara. Seperti namanya, perhimpunan ini beranggotakan negara-negara yang berada di wilayah Asia Tenggara saja.

Lima negara pendiri ASEAN adalah Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand. ASEAN adalah sebuah organisasi geopolitik dan ekonomi dari negara-negara di kawasan Asia Tenggara. Organisasi ini bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial, dan pengembangan kebudayaan negara-negara anggotanya.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (3/6/2022) tentang lima negara pendiri asean adalah yang menghadiri Deklarasi Bangkok.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Lima Negara Pendiri ASEAN adalah yang Menghadiri Deklarasi Bangkok

ASEAN adalah Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara. Istilah ASEAN adalah Association of Southeast Asian Nations. Lima negara pendiri ASEAN adalah Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand. ASEAN adalah organisasi kawasan yang mewadahi kerja sama 10 negara di Asia Tenggara, dan dibetuk pada tanggal 8 Agustus 1967 di Bangkok melalui penandatanganan Deklarasi Bangkok. 

Lima negara pendiri ASEAN adalah yang menghadiri Deklarasi Bangkok. Di mana Deklarasi Bangkok sendiri ditandatangani oleh para menteri luar negeri dari kelima negara, yaitu Adam Malik dari Indonesia, Narciso Ramos dari Filipina, Thanat Khoman dari Thailand, Tun Abdul Razak dari Malaysia, dan S. Rajaratnam dari Singapura.

Isi Deklarasi Bangkok adalah sebagai berikut:

- Mempercepat pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial dan perkembangan kebudayaan di kawasan Asia Tenggara

- Meningkatkan perdamaian dan kestabilan regional

- Meningkatkan kerja sama dan saling membantu untuk kepentingan bersama dalam bidang ekonomi, sosial, teknik, ilmu pengetahuan, dan administrasi

- Memelihara kerja sama yang erat di tengah-tengah organisasi regional dan internasional yang ada

- Meningkatkan kerja sama untuk memajukan pendidikan, latihan, dan penelitian di kawasan Asia Tenggara

Lima negara pendiri ASEAN adalah negara-negara yang menginginkan untuk menciptakan kawasan Asia Tenggara yang damai, aman, stabil dan sejahtera. Hal tersebut mengemuka karena situasi di kawasan pada era 1960-an dihadapkan pada situasi rawan konflik. Pasa saat itu, terjadi perebutan pengaruh ideologi negara-negara besar dan konflik antar negara di kawasan, yang apabila dibiarkan dapat mengganggu stabilitas kawasan sehingga menghambat pembangunan.

3 dari 4 halaman

Keanggotan ASEAN

Lima negara pendiri ASEAN adalah Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand. Selain lima negara pendiri ASEAN adalah anggota dari ASEAN, ada 5 negara lagi yang bergabung menjadi anggota ASEAN. Negara-negara anggota ASEAN adalah sebagai berikut:

1. Indonesia, bergabung pada 8 Agustus 1967

2. Malaysia, bergabung pada 8 Agustus 1967

3. Singapura, bergabung pada 8 Agustus 1967

4. Thailand, bergabung pada 8 Agustus 1967

5. Filipina, bergabung pada 8 Agustus 1967

6. Brunei Darussalam, bergabung pada 8 Januari 1984

7. Vietnam, bergabung pada 28 Juli 1995)

8. Laos, bergabung pada 23 Juli 1997)

9. Myanmar, bergabung pada 23 Juli 1997)

10. Kamboja, bergabung pada 30 April 1999)

Lima negara pendiri ASEAN adalah Indonesia, Malaysia, Singapura, Filipina, dan Thailand. Di luar lima negara pendiri ASEAN adalah kelima negara tersebut, anggota pertama ASEAN adalah Brunei Darussalam, yang bergabung pada tanggal 7 Januari 1984. Sebelas tahun kemudian, ASEAN kembali menerima anggota baru, yaitu Vietnam pada tanggal 28 Juli 1995.

Dua tahun kemudian, Laos dan Myanmar menyusul masuk menjadi anggota ASEAN, yaitu pada tanggal 23 Juli 1997. Walaupun Kamboja berencana untuk bergabung menjadi anggota ASEAN bersama dengan Myanmar dan Laos, rencana tersebut terpaksa ditunda karena adanya masalah politik dalam negeri Kamboja. Meskipun begitu, satu tahun kemudian Kamboja akhirnya bergabung menjadi anggota ASEAN yaitu pada tanggal 16 Desember 1998. Setelah itu, Timor Leste juga memutuskan untuk ikut bergabung menjadi anggota ASEAN, namun keanggotaannya belum dipenuhi.

4 dari 4 halaman

Tujuan ASEAN

Tujuan ASEAN adalah sebagai berikut:

1. Mempercepat pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial serta pengembangan kebudayaan di kawasan ini melalui usaha bersama dalam semangat kesamaan dan persahabatan untuk memperkokoh landasan sebuah masyarakat bangsa-bangsa Asia Tenggara yang sejahtera dan damai.

2. Meningkatkan perdamaian dan stabilitas regional dengan jalan menghormati keadilan dan tertib hukum di dalam hubungan antara negara di kawasan ini serta mematuhi prinsip-prinsip Piagam Perserikatan Bangsa-Bangsa;

3. Meningkatkan kerjasama yang aktif dan saling membantu dalam masalah-masalah yang menjadi kepentingan bersama di bidang-bidang ekonomi, sosial, teknik, ilmu pengetahuan dan administrasi;

4. Saling memberikan bantuan dalam bentuk saran-saran pelatihan dan penelitian dalam bidang pendidikan, profesi, teknik, dan admistrasi;

5. Bekerja sama secara lebih efektif guna meningkatkan pemanfaatan pertanian dan industri mereka, memperluas perdagangan dan pengkajian masalah-masalah komoditi internasional, memperbaiki sarana-sarana pengangkutan dan komunikasi, serta meningkatkan taraf hidup rakyat mereka;

6. Memajukan pengkajian mengenai Asia Tenggara; dan

7. Memelihara kerjasama yang erat dan berguna dengan berbagai onrganisasi internasional dan regional yang mempunyai tujuan yang serupa, dan untuk menjajagi segala kemungkinan untuk saling bekerjasama secara erat di antara mereka sendiri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.