Sukses

Penyebab Sakit Kepala Sebelah Kanan Sampai ke Mata dan Cara Mengobatinya

Liputan6.com, Jakarta - Sakit kepala sebelah kanan paling sering terjadi disertai gangguan penglihatan, kemudian merasa kelelahan, dan mengalami mual cukup hebat.

Apa sebenarnya penyebab sakit kepala sebelah kanan sampai ke mata?

Melansir Medical News Today, pada Minggu (5/6/2022) penyebab sakit kepala sebelah kanan sampai ke mata adalah masalah neurologis pada otak, konsumsi obat-obatan tertentu, dan sebagian besarnya belum diketahui pasti.

“Ada lebih dari 300 jenis sakit kepala, sekitar 90 persen di antaranya tidak diketahui penyebabnya,” dijelaskan.

Masalah sakit kepala sebelah kanan sampai ke mata bukan masalah yang sangat serius, pada kasus ringan bisa hilang sendiri dalam hitungan menit atau dibantu konsumsi obat apotek, serta perawatan rumahan.

Meski demikian, ketika gejala sakit kepala sebelah kanan sampai ke mata terasa semakin parah dan menetap, melakukan pemeriksaan ke dokter sangat direkomendasikan.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam penyebab sakit kepala sebelah kanan sampai ke mata dan cara mengobatinya, Minggu (5/6/2022).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Penyebab Sakit Kepala Sebelah Kanan Sampai ke Mata

Masalah kesehatan sakit kepala sebelah kanan paling sering disertai dengan gangguan penglihatan. Inilah mengapa penyebab sakit kepala sebelah kanan sampai ke mata sama dengan sakit kepala sebelah kanan yang sering terjadi.

“Munculnya rasa sakit kepala sebelah kanan sampai ke mata juga akan disertai kelelahan dan merasa sangat mual,” dijelaskan.

Masalah sakit kepala sebelah kanan sampai ke mata bukan gangguan kesehatan yang baru. Dilaporkan ada hampir 50 persen orang dewasa yang setiap tahun mengeluhkan sakit kepala, ini menjadikannya salah satu keluhan kesehatan yang paling umum.

Apa saja penyebab sakit kepala sebelah kanan sampai ke mata tersebut? Ini penjelasannya:

- Masalah Neurologis

Penyebab sakit kepala sebelah kanan sampai ke mata adalah masalah neurologis. Penyebab sakit kepala sebelah kanan sampai ke mata ini berhubungan dengan masalah di otak.

Kondisi neurologis yang bisa menjadi penyebab sakit kepala sebelah kanan sampai ke mata adalah sebagai berikut.

1. Neuralgia oksipital

Penyebab sakit kepala sebelah kanan sampai ke mata ini terjadi, ketika saraf yang berjalan dari atas sumsum tulang belakang ke kulit kepala (saraf oksipital) menjadi rusak atau meradang.

Gejalanya meliputi nyeri tajam di bagian belakang kepala dan leher, nyeri di belakang mata, dan kepekaan terhadap cahaya.

2. Arteritis temporal

Arteri di kepala dan leher menjadi meradang dengan arteritis temporal. Ini penyebab sakit kepala sebelah kanan sampai ke mata.

Seiring dengan nyeri otot, itu menyebabkan sakit kepala parah di sisi kepala. Gejala lain termasuk kelelahan, nyeri rahang, dan pelipis yang lembut.

3. Neuralgia trigeminal

Ini penyebab sakit kepala sebelah kanan sampai ke mata, memunculkan rasa sakit yang hebat di wajah dan kepala. Rasa sakit biasanya hanya mempengaruhi satu sisi pada satu waktu.

“Hal ini disebabkan oleh gangguan pada saraf trigeminal di dasar otak,” dijelaskan.

3 dari 4 halaman

Penyebab Sakit Kepala Sebelah Kanan Sampai Ke Mata Selanjutnya

- Konsumsi Obat-obatan

Penyebab sakit kepala sebelah kanan sampai ke mata adalah pengaruh konsumsi obat-obatan. Sakit kepala dapat terjadi sebagai efek samping dari resep atau obat bebas (OTC).

Penyebab sakit kepala sebelah kanan sampai ke mata juga dapat dipengaruh penggunaan obat yang berlebihan, termasuk obat penghilang rasa sakit yang dijual bebas seperti berikut ini.

1. Penyebab sakit kepala sebelah kanan sampai ke mata adalah konsumsi asetaminofen (Tylenol).

2. Penyebab sakit kepala sebelah kanan sampai ke mata adalah konsumsi aspirin.

3. Penyebab sakit kepala sebelah kanan sampai ke mata adalah konsumsi ibuprofen (Motrin, Advil).

“Sakit kepala jenis ini disebut sakit kepala rebound,” dijelaskan.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), menjelaskan penyebab sakit kepala sebelah kanan sampai ke mata karena konsumsi obat adalah jenis gangguan sakit kepala sekunder yang paling umum.

“Sakit kepala yang disebabkan oleh penggunaan obat yang berlebihan seringkali paling parah saat bangun tidur,” dijelaskan.

- Penyebab lainnya

Penyebab sakit kepala sebelah kanan sampai ke mata lainnya dapat menyebabkan rasa sakit di seluruh kepala atau hanya satu sisi.

“Ada lebih dari 300 jenis sakit kepala, sekitar 90 persen di antaranya tidak diketahui penyebabnya,” dijelaskan.

Ini termasuk gejala berikut ini.

1. Alergi

2. Aneurisma, dinding arteri yang lemah atau menonjol

3. Kelelahan

4. Cedera kepala

5. Infeksi, termasuk infeksi sinus

6. Fluktuasi kadar gula darah yang disebabkan oleh tidak makan

7. Ketegangan otot atau simpul di leher

8. Tumor

Namun, migrain atau sakit kepala cluster adalah penyebab paling mungkin dari sakit kepala di sisi kanan kepala. Sakit kepala tegang juga dapat menyebabkan rasa sakit di satu sisi pada beberapa orang.

4 dari 4 halaman

Cara Mengobati Sakit Kepala Sebelah Kanan Sampai ke Mata

Masalah sakit kepala sebelah kanan sampai ke mata, bisa diobati dengan pengobatan ala rumahan yang sederhana. Dijelaskan, begini cara mengobati sakit kepala sebelah kanan sampai ke mata di rumah yang mudah dan aman dilakukan:

1. Cara mengobati sakit kepala sebelah kanan sampai ke mata adalah mengoleskan kompres hangat atau dingin ke bagian belakang leher.

2. Cara mengobati sakit kepala sebelah kanan sampai ke mata adalah menghindari makanan yang dapat memicu sakit kepala, termasuk alkohol, kafein, dan MSG.

3. Cara mengobati sakit kepala sebelah kanan sampai ke mata adalah konsumsi air minum untuk mengatasi dehidrasi.

4. Cara mengobati sakit kepala sebelah kanan sampai ke mata adalah tidur siang.

5. Cara mengobati sakit kepala sebelah kanan sampai ke mata adalah melonggarkan gaya rambut ketat seperti kuncir kuda dan kepang.

6. Cara mengobati sakit kepala sebelah kanan sampai ke mata adalah memijat otot-otot yang tegang di leher dan bahu.

7. Cara mengobati sakit kepala sebelah kanan sampai ke mata adalah menjauh dari lampu terang atau berkedip, suara keras, dan bau yang kuat.

8. Cara mengobati sakit kepala sebelah kanan sampai ke mata adalah berhenti membungkuk, karena ketegangan otot dapat menyebabkan sakit kepala.

9. Cara mengobati sakit kepala sebelah kanan sampai ke mata adalah mandi air hangat atau mandi.

10. Cara mengobati sakit kepala sebelah kanan sampai ke mata adalah istirahat dari layar, termasuk komputer, tablet, dan televisi.

11. Cara mengobati sakit kepala sebelah kanan sampai ke mata adalah mengonsumsi obat penghilang rasa sakit OTC, tetapi hindari penggunaan yang berlebihan karena dapat memicu sakit kepala rebound.

12. Cara mengobati sakit kepala sebelah kanan sampai ke mata adalah melakukan latihan pernapasan untuk mengurangi rasa sakit dan mengurangi stres dan kecemasan.

13. Cara mengobati sakit kepala sebelah kanan sampai ke mata adalah menggunakan aromaterapi, minyak difusi seperti minyak kayu putih, lavender, atau peppermint untuk sakit kepala tegang.

Selain itu, masalah sakit kepala sebelah kanan sampai ke mata bisa hilang dalam hitungan menit dan mudah dikurangi dengan konsumsi obat bebas di apotek, perubahan gaya hidup, dan pengobatan di rumah seperti yang dijelaskan sebelumnya.

Direkomendasikan untuk menemui dokter saat gejala sakit kepala sebelah kanan sampai ke mata terjadi sangat parah, menetap lama, dan semakin terasa parah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.