Sukses

Nama Induk Organisasi Senam Indonesia adalah PERSANI, Ini Tujuan Dibentuknya

Kepanjangan nama induk organisasi senam Indonesia adalah PERSANI (Persatuan Senam Indonesia).

Liputan6.com, Jakarta - Olahraga senam adalah pertama kali masuk Indonesia pada tahun 1912. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) menjelaskan olahraga senam adalah mengandalkan gerak badan dengan gerakan tertentu.

“… seperti menggeliat, menggerakkan, dan meregangkan anggota badan atau gimnastik,” dijelaskan.

Sejarah mencatat, olahraga senam di Indonesia sempat dilarang oleh Jepang. Sampai pada, nama induk organisasi senam Indonesia adalah PERSANI (Persatuan Senam Indonesia) dibentuk pada 14 Juli 1963.

Dalam buku berjudul Bentuk-Bentuk Dasar Gerakan Senam oleh Dr Sutopo Adi M.Kes, nama induk organisasi senam Indonesia adalah PERSANI dipelopori dalam ajang pesta olahraga GANEFO (Games of The New Emerging Forces).

Agar lebih memahaminya, berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam sejarah nama induk organisasi senam Indonesia adalah PERSANI serta tujuan dibentuknya, Senin (6/6/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Nama Induk Organisasi Senam Indonesia adalah PERSANI

Memahami nama induk organisasi senam Indonesia adalah PERSANI. Kepanjangan nama induk organisasi senam Indonesia adalah PERSANI (Persatuan Senam Indonesia). Sejarah dibentuknya nama induk organisasi senam Indonesia adalah PERSANI, dipelopori oleh R. Suhadi yang pada masa awal dibentuknya menjadi ketua pertama PB Persani.

Nama induk organisasi senam Indonesia adalah PERSANI dibentuk pada 14 Juli 1963. Sejarah yang tercatat dalam buku berjudul Bentuk-Bentuk Dasar Gerakan Senam (2018) oleh Dr Sutopo Adi M.Kes, nama induk organisasi senam Indonesia adalah PERSANI dibentuk pula karena gelaran pesta olahraga GANEFO (Games of The New Emerging Forces).

Inilah mengapa, kemudian GANEFO juga menjadi bagian dari pelopor munculnya nama induk organisasi senam Indonesia adalah PERSANI. Dalam ajang gelaran ini, dibentuknya nama induk organisasi senam Indonesia adalah PERSANI pertama kali digagas oleh Presiden RI pertama, Soekarno

Meskipun ada tokoh-tokoh khusus yang dikenal mempelopori dibentuknya nama induk organisasi senam Indonesia adalah PERSANI, sebenarnya sebelum pelopor mengemukakannya kepada publik ada inisiatif khusus pula dari para tokoh olahraga nasional di Indonesia yang berperan serta.

Inti pokok dari tujuan dibentuknya nama induk organisasi senam Indonesia adalah PERSANI, ditujukan untuk menyiapkan, membina, melatih, dan melahirkan atlet senam hingga bisa mencapai puncak prestasinya.

Nama induk organisasi senam Indonesia adalah PERSANI, secara nyata menjadi wadah komunitas mengembangkan aktivitasnya dengan lebih jelas dan matang.

Apabila dalam catatan sejarah, nama induk organisasi senam Indonesia adalah PERSANI dibentuk pada 14 Juli 1963, PERSANI benar-benar bisa menjalankan fungsi sesuai tujuan utama dibentuknya pada 10-22 November 1963.

Momen besar nama induk organisasi senam Indonesia adalah PERSANI bisa memaksimalkan peran tersebut, yakni pada ajang pesta olahraga GANEFO. Itulah penjelasan singkat sejarah nama induk organisasi senam Indonesia adalah PERSANI dibentuk serta tujuannya.

3 dari 4 halaman

Macam-Macam Senam dan Penjelasannya

Ada sembilan macam-macam senam yang perlu diketahui. Ini penjelasan macam-macam senam yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber:

1. Senam Artistik

Senam artistik merupakan salah satu macam-macam senam paling populer dalam gelaran Olimpiade. Jenis senam ini memadukan aspek tumbling dan akrobatik, di mana setiap gerakan biasanya menggunakan alat bantu, seperti gelang-gelang, palang sejajar, dan kuda-kuda pelana.

Senam ini berfungsi untuk melatih kelenturan tubuh. Tak heran apabila para atlet senam artistik biasanya memiliki tubuh yang sangat lentur. Selain itu, macam-macam senam ini juga bermanfaat untuk menguatkan otot dan melenturkan sendi. Apabila Anda ingin memiliki tubuh yang lentur, sebaiknya rutin melakukan gerakan senam ini.

2. Senam Aerobik

Senam aerobik merupakan salah satu macam-macam senam yang paling populer di Indonesia. Jenis senam ini biasanya diiringi irama musik saat melakukan berbagai macam gerakan. Adapun gerakan senam aerobik dilakukan untuk melatih otot-otot tubuh hingga denyut jantung.

Salah satu yang membedakan dengan tarian ialah macam-macam senam aerobik memiliki gerakan selaras namun tidak terpaku oleh musik yang mengiringinya. Sehingga setiap gerakan senam aerobik akan melatih kerja otot-otot yang ada dalam tubuh.

3. Senam Lantai

Pengertian senam lantai adalah salah satu rumpun macam-macam senam yang dilakukan di atas lantai. Gerakan dari pengertian senam lantai ini ada empat, yakni mengguling, melenting, keseimbangan, dan loncat. Senam lantai dikenal sebagai cabang olahraga yang aman dilakukan.

Sejarah mencatat penemu macam-macam senam lantai adalah seorang perwira kesehatan yang berasal dari angkatan laut kerajaan Belanda bernama Dr. H. F. Minkema. Dari catatan ini pula diketahui senam lantai di Indonesia mengalami perkembangan yang cukup pesat dan begitu berdampak.

4. Senam Irama

Senam irama adalah salah satu macam-macam senam yang gerakan-gerakannya dapat melatih kelenturan, ketangkasan, kelincahan, serta daya tahan untuk seluruh anggota tubuh. Komposisi gerakan senam irama biasanya mengikuti lantunan irama musik. Gerakannya sendiri memadukan gerakan tarian dan balet.

Keluwesan dalam gerakan senam irama adalah dapat diperoleh dengan latihan yang tekun dan dalam waktu yang lama. Kesinambungan gerakan berupa rangkaian gerak yang tidak terputus. Rangkaian gerak macam-macam senam ini diperoleh dari gerak-gerak senam yang sudah disusun dalam bentuk rangkaian yang siap ditampilkan.

Ciri-ciri senam irama yang mudah diikuti, tidak membutuhkan biaya mahal, diiringi musik atau nyanyian, melibatkan banyak peserta, hingga bermanfaat untuk kesehatan tubuh membuatnya termasuk ke dalam jenis olahraga senam umum.

4 dari 4 halaman

Macam-Macam Senam Selanjutnya

5. Senam Zumba

Zumba merupakan salah satu macam-macam senam yang berfungsi membakar kalori secara efektif. Olahraga ini merupakan senam kebugaran yang dapat disesuaikan dengan kondisi kesehatan tubuh masing-masing.

Senam zumba memiliki gerakan yang senada dengan irama musik yang mengiringi, serta dilakukan dalam durasi waktu tertentu. Gerakan macam-macam senam dilakukan guna melatih otot-otot tubuh hingga denyut jantung. Pada zumba, fokus utamanya adalah melatih dan meningkatkan kelenturan otot inti tubuh, kaki, serta bokong.

6. Senam Umum

Salah satu macam-macam senam yang paling populer di masyarakat ialah senam umum. Senam ini merupakan gabungan dari berbagai jenis gerakan senam.

Masyarakat umum mengenalnya dengan sebutan Senam Kesegaran Jasmani (SKJ), di mana peserta salah satu macam-macam senam ini akan melakukan berbagai macam gerakan dengan iringan irama musik.

Seiring berjalannya waktu, kini banyak komunitas SKJ yang secara aktif setiap beberapa minggu sekali melakukan olahraga ini. Sehingga membuat keberadaan senam semakin eksis dan digemari oleh masyarakat.

7. Senam Akrobatik

Senam akrobatik merupakan macam-macam senam yang dilakukan dengan menampilkan gerakan gerakan ekstrim seperti melakukan putaran di atas, salto, dan gerakan lainnya yang membutuhkan kelenturan serta keseimbangan yang baik.

Dalam melakukan salah satu macam-macam senam ini harus melakukan latihan khusus dengan dipandu instruktur yang andal dan sudah profesional di bidangnya.

Manfaat yang diperoleh jika rutin melakukan senam akrobatik, antara lain:

- Membuat tubuh menjadi lebih lentur dari sebelumnya.

- Membuat sistem motorik menjadi lebih kuat.

- Meningkatkan keseimbangan tubuh.

- Melatih mental karena dalam melakukan senam ini membutuhkan nyali besar. Hal itu dikarenakan gerakan yang dilakukan cukup ekstrim.

8. Senam Ritmik Sportif

Senam ritmik sportif merupakan salah satu macam-macam senam yang memiliki ciri khas memadukan antara tarian dan balet. Komposisi gerakan senam ini biasanya diantarkan melalui lantunan irama musik dan menggunakan beberapa alat bantu, seperti bola, tali, pita, dan gada.

Setiap gerakan pada macam-macam senam ritmik sportif ini dapat melatih kelenturan, ketangkasan, kelincahan, serta daya tahan untuk semua anggota tubuh. Apabila Anda tertarik dengan jenis senam ini, sebaiknya melakukan latihan yang rutin, sebab gerakan-gerakannya memerlukan keterampilan tingkat tinggi.

9. Senam Trampolin

Trampolin merupakan macam-macam senam yang mirip dengan senam akrobatik. Bedanya pesenam biasanya akan melakukan akrobat di atas trampolin. Sehingga jenis senam ini menciptakan gerakan sambil memantul pada trampolin.

Beberapa macam gerakan yang biasa dilakukan saat melakukan senam trempolin di antaranya lompatan sederhana, lipatan atau posisi mengangkang, hingga jungkir balik. Senam trampolin melatih ketangkasan, keberanian, dan menguatkan otot kaki.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.