Sukses

12 Wisata Bangka Paling Hits yang Wajib Dikunjungi, Pantainya Memesona

Liputan6.com, Jakarta Wisata Bangka bisa menjadi pilihan liburan yang menenangkan. Pulau Bangka merupakan salah satu pulau terluas di Provinsi Bangka Belitung. Keindahan tempat wisata di Bangka terletak pada pesona wisata baharinya yang pastinya akan membuat wisatawan berdecak kagum.

Apabila kamu memiliki rencana liburan ke pulau Bangka, pulau ini menawarkan cukup banyak destinasi wisata pilihan yang bisa dikunjungi. Pulau ini memiliki banyak tempat-tempat wisata yang bernuansa air seperti danau dan pantai.

Wisata Bangka yang wajib dikunjungi berupa pantai-pantai yang menawan. Selain pantai, ada juga danau, bukit, hingga hutan mangrove yang tak kalah indah. Kamu Bisa memilih destinasi wisata sesuai dengan keinginan.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (6/6/2022) tentang wisata Bangka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Wisata Bangka

Pantai Parai Tenggiri

Pantai Parai Tenggiri merupakan salah satu pantai andalan yang dimiliki wisata Bangka. Pantai ini memiliki kontur tanah yang landai dengan ombak yang relatif kecil. Tak ketinggalan hamparan pasir putih bersih dan batu-batu granit alami membuat setiap mata termanjakan akan pesonanya. Di sini pengunjung juga dapat menikmati wisata bahari lainnya seperti memancing, menyelam bersama terumbu karang, atau mencoba banana boat.

Pantai Penyusuk

Wisata Bangka selanjutnya yang tak kalah memesona yaitu Pantai Penyusuk. Pantai Penyusuk berada di Kecamatan Belinyu, dan biasanya dijadikan sebagai pusat island hopping ke Pulau Putri dan Pulau Lampu. Wisata Bangka ini berlokasi di bagian utara Pulau Bangka, sehingga menjadi spot yang tepat untuk berburu sunset.

Mangrove Munjang Kurau Barat

Wisata Bangka juga memiliki destinasi yang menawarkan nuansa hijau alami dari pohon bakau, yaitu Mangrove Munjang Kurau Barat. Bangka merupakan salah satu pulau yang rentan mengalami abrasi, jadi kawasan mangrove ini sangat diandalkan untuk mencegah abrasi sehingga tidak mengikis wilayah pantai. Tak hanya dijadikan kawasan konservasi, di Munjang Kurau Barat ini kamu bisa melakukan berbagai macam aktivitas yang seru.

Kegiatan yang bisa dilakukan adalah meniti jembatan gantung saat menyeberang ke salah satu sungai di kawasan Mangrove ini. Bila kamu ingin melihat hutan mangrove dari jarak yang dekat, kamu bisa mengelilingi area hutan dengan menyewa perahu. Selama perjalanan dengan menggunakan perahu ini, kamu akan menjumpai beberapa satwa eksotis yang unik seperti ular, burung, dan berbagai jenis air ikan tawar.

3 dari 5 halaman

Wisata Bangka

Pantai Matras

Pantai Matras merupakan salah satu wisata Bangka yang banyak dikunjungi masyarakat. Akses lokasi yang mudah dijangkau, serta biaya yang terjangkau membuat pantai ini sering disebut sebagai pantai rakyat. Pantai Matras merupakan pantai terpanjang di pulau Bangka. Pantai ini memiliki pemandangan batu granit khas Bangka Belitung, pepohonan kelapa, laut yang bening, serta sungai air tawar yang alami.

Bangka Botanical Garden (BBC)

Di tengah lingkungan Bangka yang banyak meninggalkan bekas penggalian timah, tentu memberikan luka tersendiri terhadap lingkungan alam di sekitarnya. Dengan adanya Bangka Botanical Garden (BBC), seolah menjadi penyejuk di tengah kerusakan lingkungan akibat galian tambang timah.

Terletak di daerah Ketapang, Kecamatan Air Itam, Kota Pangkal Pinang, BBC ini memiliki luas lahan yang cukup besar, yaitu 300 hektar. BBG menjadi salah satu ikon agrowisata di Pulau Bangka yang wajib dikunjungi. Pasalnya, di sini kamu bisa menikmati hutan pinus yang cantik di tengah panasnya Bangka.

Bukit Menumbing

Tak hanya wisata alam, Bangka juga menawarkan wisata sejarah yang menarik yaitu bukit Menumbing. Wilayah ini merupakan tempat pengasingan para pahlawan kemerdekaan. Bukit Menumbing adalah sebuah bukit di wilayah Kota Muntok, Kabupaten Bangka Barat dengan ketinggian 355 meter dari permukaan laut. Di puncak bukit ini terdapat Wisma Menumbing atau Pesanggerahan Menumbing yang merupakan tempat pengasingan Soekarno, Mohammad Hatta dan tokoh lainnya.

4 dari 5 halaman

Wisata Bangka

Pantai Dinding Batu Belinyu

Wisata Bangka dengan nuansa alamnya yang memukau juga bisa kamu nikmati di Pantai Dinding Batu Belinyu. Pantai yang terletak di Kecamatan Belinyu ini wajib banget kamu kunjungi karena kamu bisa menjumpai batu granit yang sangat besar dengan tegaknya. Batu di pantai ini memiliki ukuran yang bikin terkesima yaitu 20x15 meter dengan ketebalan sekitar 5 meter.

Di bagian depan batu dinding, kamu akan menjumpai batu paru yang dimana memang batu ini mirip dengan ikan pari. Selain itu ada juga batu kodok yang terletak di sisi samping batu dinding.

Gurun Pelawan Namang

Gurun Pelawan Namang adalah wisata Bangka yang berbentuk bukit atau gurun bekas aktivitas tambang. Lokasi perbukitan yang menyatu dengan gurun pasir ini berlokasi tidak jauh dari Pelawan. Gurun Pelawan Namang kerap juga dianggap mirip dengan Gurun Atacama yang ada di Chile.

Pantai Tongaci

Salah satu wisata Bangka berupa pantai yang tidak boleh dilewatkan adalah Pantai Tongaci. Lokasinya berada di Belinyu, dan terkenal sebagai tempat rekreasi sekaligus penangkaran penyu. Pantai Tongaci didominasi oleh hamparan pasir putih yang luas dan menyegarkan mata.

5 dari 5 halaman

Wisata Bangka

Danau Kaolin

Wisata Bangka yang wajib banget kamu kunjungi adalah Danau Kaolin. Danau Kaolin bisa dibilang adalah danau paling terkenal di Bangka. Danau Kaolin tercipta akibat penggalian tambang timah. Setelah kandungan timahnya habis, danau ini merefleksikan warna langit biru yang sangat indah.

Selain danau yang berwarna biru, ada juga danau berwarna hijau yang menambah daya tarik Danau Kaolin Air Bara ini. Waktu terbaik untuk menikmati keindahan alam di Danau Kaolin ini adalah saat sore hari. Kamu bisa menunggu matahari terbenam sambil berswafoto untuk menikmati pemandangan yang memukau. Danau Kaolin ini terletak di Desa Nibung, Kabupaten Bangka Selatan. Berjarak 50 km dari Pangkalpinang dan memerlukan waktu kira-kira satu jam.

Bekas Penambangan Timah Aek Ketok

Wisata Bangka selanjutnya yaitu bekas penambangan timah Aek Ketok. Kalau Danau Kaolin memiliki dinding berwarna putih, berbeda dengan Aek Ketok yang memiliki dinding berwarna agak kemerahan. Tempat wisata yang terletak di Kecamatan Muntok ini memiliki genangan air yang berwarna biru. Genangan air ini berasal dari air hujan yang tertampung oleh ceruk bekas pertambangan.

Museum Timah Muntok

Tidak lengkap rasanya jika menyambangi wisata Bangka tanpa berkunjung ke Museum Timah, yang merupakan museum timah terbesar di Asia. Museum Timah Muntok merupakan satu dari dua museum timah yang ada di Indonesia. Gedung museum ini dulunya merupakan kantor Bangka Tin Winning, perusahaan timah milik negara pada zaman pemerintahan Belanda. Dibangun pada tahun 1915, museum ini memiliki dua lantai yang terdiri atas galeri, perpustakaan, kantor dan juga auditorium.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS