Sukses

Pamflet Adalah Salah Satu Media Promosi, Kenali Ciri-Ciri dan Jenisnya

Liputan6.com, Jakarta Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, pengertian pamflet adalah surat selebaran. Pengertian lain, pamflet adalah promosi yang berisi informasi, penawaran, atau ajakan tentang suatu hal. 

Umumnya, pamflet memiliki isi informasi yang lengkap terkait suatu produk atau jasa. Walaupun begitu, informasi yang ada di dalamnya umumnya hanya bersifat edukatif saja. Pamflet lebih ditujukan untuk bisa meningkatkan awareness seseorang terkait sesuatu, baik itu produk, jasa, acara, dll.

Selain itu, pamflet juga memiliki desain yang lebih menarik dan terbuat dari bahan kertas yang juga baik. pamflet adalah media yang juga mudah dibuat dan terbilang lebih murah dibanding harus memasang iklan.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai pengertian pamflet beserta ciri-ciri, manfaat dan jenis-jenisnya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Senin (6/6/2022).

2 dari 5 halaman

Pengertian Pamflet

Pamflet disebut juga dengan selebaran, sebara, risalah, atau tebaran. Pengertian pamflet adalah publikasi kecil berupa lembaran kertas berisi informasi, edukasi, atau ajakan tentang suatu topik. UNESCO mendefinisikan pamflet sebagai publikasi cetak non-berkala paling sedikit 5 tetapi tidak lebih dari 48 halaman.

Pamflet dapat berisi apa saja mulai dari informasi tentang peralatan dapur hingga informasi medis dan risalah keagamaan. Pamflet sangat penting dalam pemasaran karena murah untuk diproduksi dan dapat didistribusikan dengan mudah kepada pelanggan. Pamflet juga lama menjadi alat penting dari politik protes dan kampanye politik untuk alasan yang sama.

3 dari 5 halaman

Ciri-Ciri Pamflet

Untuk membedakan pamflet dengan media promosi yang lainnya, berikut ini terdapat beberapa ciri-ciri pamflet adalah:

1. Biasanya menawarkan suatu produk atau jasa.

2. Menggunakan bahasa yang singkat, padat, jelas, dan mudah dipahami pembaca.

3. Menggunakan bahasa persuasif, artinya suatu tulisan dalam pamflet bertujuan untuk memengaruhi pembaca agar mau melakukan hal seperti yang dimuat dalam pamflet, seperti membeli produk yang ditawarkan dalam pamflet.

4. Informasi yang ditulis di dalam suatu pamflet biasanya adalah informasi yang aktual atau berkaitan dengan hal yang baru kekinian ( upto date).

5. Muatan isi gambar dari pamflet jelas agar memudahkan pembaca untuk memahami maksud isi pamflet.

4 dari 5 halaman

Manfaat Pamflet

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari pamflet adalah:

1. Alat promosi yang hemat biaya

Pamflet adalah salah satu alat utama bagi usaha kecil dan menengah untuk mempromosikan merek mereka tanpa mengeluarkan banyak biaya. Pamflet mudah dibuat dan tidak membutuhkan banyak biaya untuk mendistribusikannya kepada calon pelanggan.

2. Memberikan informasi yang lebih lengkap

Pamflet adalah alat untuk memberikan informasi yang lebih lengkap karena tidak ada batasan karakter seperti pada pemasaran digital. Anda dapat mencantumkan lebih banyak informasi, selama informasi tersebut tetap terlihat menarik dan teratur. Pamflet yang ideal mencakup gambar dan teks dengan tata letak mudah dibaca dan dipahami.

3. Meningkatkan awareness

Salah satu manfaat pamflet adalah meningkatkan awareness. Dalam sebuah pamflet, anda dapat melakukan himbauan atau ajakan yang positif, memberikan anjuran seperti pentingnya mencuci tangan, memberikan informasi tentang pentingnya asuransi kesehatan, atau juga bisa memberikan informasi tentang suatu produk atau jasa.

5 dari 5 halaman

Jenis-Jenis Pamflet

Perlu Anda ketahui bahwa pamflet pun terbagi lagi menjadi lima bagian, sesuai dengan jenis dan tujuannya. Beberapa jenis pamflet adalah sebagai berikut:

1. Pamflet Politik

Pamflet politik adalah pamflet yang ditujukan kepada masyarakat umum. Pamflet politik biasanya berisi mengenai suatu kegiatan atau aktivitas politik, misalnya pada kampanye yang tujuannya adalah untuk mengajak pembaca memilih calon di dalam suatu partai politik, seperti presiden, DPR, kepala daerah,lurah, serta juga sebagainya.

2. Pamflet Niaga

Pamflet niaga adalah jenis pamflet yang dibuat ialah sebagai sarana perdagangan. Di dalamnya memuat produk-produk yang kemudian ditawarkan, yang biasanya itu disertai dengan iming-iming seperti diskon yang besar atau pun juga bonus-bonus menarik lainnya. Sehingga hal tersebut membuat para pembeli akan tertarik membeli produk yang sedang ditawarkan dalam pamflet.

3. Pamflet Pendidikan

Pamflet pendidikan adalah salah satu jenis pamflet yang kemudian dibuat untuk dapat memberikan informasi yang berhubungan tentang pendidikan, seperti adanya seminar pendidikan, lomba pendidikan yang dapat atau bisa diikuti siswa maupun guru, dan masih banyak yang lainnya.

4. Pamflet Kegiatan

Pamflet kegiatan adalah jenis pamflet yang kemudian dibuat untuk menyampaikan informasi mengenai suatu kegiatan atau aktivitas yang ditujukan bagi pembaca agar bersedia ikut dalam suatu kegiatan atau aktivitas tersebut. Contoh kegiatan ini adalah suatu kegiatan keagamaan, dan juga kegiatan seminar lainnya.

5. Pamflet Pemerintahan atau Layanan Masyarakat

Pamflet pemerintahan atau layanan masyarakat adalah pamflet yang ditujukan untuk memberikan informasi pada masyarakat. Isi dari pamflet pemerintahaan ini biasanya membahas seperti masalah lokal, peraturan lokal, dll.