Sukses

Power Pivot adalah Analisis Data Excel yang Canggih, Begini Menggunakannya

Power pivot adalah alat analisis data.

Liputan6.com, Jakarta - Apa itu Power Pivot? Memahami Power Pivot adalah kumpulan tabel yang saling berhubungan dalam Microsoft Excel. Power Pivot adalah analisis data yang canggih.

Melansir dari Microsoft, pada Selasa (7/6/2022) dijelaskan Power Pivot adalah salah satu dari tiga alat analisis data canggih yang tersedia di Microsoft Excel. Ketersediaan alat analisis data seperti Power Pivot adalah pada add-in Excel.

Fungsi dan peranan Power Pivot adalah dalam Excel tidak perlu diragukan lagi. Dijelaskan Power Pivot adalah memungkinkan mash up data volume besar, analisis cepat, dan berbagi wawasan dengan mudah.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang Power Pivot, fungsi Power Pivot, dan cara menggunakannya, Selasa (7/6/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Power Pivot adalah Analisis Data Excel yang Canggih

Memahami Power Pivot adalah dalam Microsoft Excel berguna untuk melakukan analisis data dengan model yang lebih canggih. Power Pivot adalah dalam Microsoft Excel berwujud kumpulan tabel yang saling berhubungan.

“Dengan Power Pivot, Anda dapat mash up volume besar data dari berbagai sumber, melakukan analisis informasi dengan cepat, dan berbagi wawasan dengan mudah,” dijelaskan Microsoft dalam keterangan tertulisnya.

Power Pivot adalah salah satu dari tiga alat analisis data canggih yang tersedia di Microsoft Excel. Ketersediaan alat analisis data seperti Power Pivot adalah pada add-in Excel. Begini cara mengaktifkan Power Pivot dalam Microsoft Excel:

1. Jika add-on Power Pivot diaktifkan, tab PowerPivot di pita akan tersedia.

2. Kemudian dari tab pita Power Pivot, pilih Kelola dari bagian Model Data.

3. Saat memilih Kelola, jendela Power Pivot muncul.

“Di mana pengguna bisa menampilkan dan mengelola model data, menambahkan penghitungan, menetapkan hubungan, dan melihat elemen model data Power Pivot Anda,” dijelaskan.

4. Memilih ikon tampilan Diagram dari sisi kanan bawah jendela Power Pivot, pengguna bisa melihat hubungan yang sudah ada di model data Power Pivot.

Ada rumus dasar yang bisa digunakan dalam kolom terhitung pada Power Pivot agar penggunaannya lebih optimal. Ini tiga rumus dasar yang bisa digunakan:

1. =TODAY() adalah berguna untuk menyisipkan tanggal hari ini di setiap baris kolom.

2. =3 adalah berguna untuk menyisipkan nilai 3 di setiap baris kolom.

3. =[Column1] + [Column2] adalah berguna untuk menambahkan nilai di baris yang sama dari [Kolom1] dan [Kolom2] dan meletakkan hasilnya di baris yang sama dari kolom terhitung.

Lalu apabila ingin membuat tabel, begini langkah-langkah yang bisa diikuti dan Liputan6.com lansir dari berbagai sumber:

1. Cara membuat pivot table yang pertama adalah, memilih range data yang akan dibuat di Pivot Table.

2. Setelah itu, buka menu Insert, lalu pilih Pivot Table. Pada menu file ini, terdapat dua pilihan, yaitu Pivot Table dan Pivot Chart. Pilih Pivot Table, kemudian akan muncul window box Pivot Table.

3. Lalu pilih tempat yang digunakan untuk menempatkan laporan Pivot Table. Pilih kertas kerja yang baru dan klik new worksheet, lalu klik OK untuk melanjutkan.

4. Untuk menganalisis mencari jumlah, kamu bisa melakukan centang pada Pivot Table Fields.

5. Sehingga, untuk mencari jumlah pesanan tiap produk bisa dengan mencentang (produk)#1 kemudian (jumlah)#2

3 dari 3 halaman

Fungsi Power Pivot dan Penjelasannya

Apabila sudah memahami tentang apa itu Power Pivot dalam Microsoft Excel, selanjutnya pahami fungsinya yang sebenarnya. Ini fungsi Power Pivot melansir dari laman website resmi Microsoft:

1. Mengimpor Jutaan Baris Data dari Beberapa Sumber Data

Fungsi Power Pivot adalah mampu mengimpor jutaan baris data dari berbagai sumber data. Adanya Power Pivot untuk Excel, pengguna bisa mengimpor jutaan baris data dari beberapa sumber data ke dalam satu buku kerja Excel, membuat hubungan antara data heterogen.

Kemudian membuat kolom terhitung dan pengukuran menggunakan rumus, membuat Pivot Table dan Pivot Chart, melakukan analisis lebih lanjut sehingga pengguna bisa membuat keputusan bisnis yang tepat waktu untuk semua tanpa memerlukan bantuan TI.

2. Menikmati Penghitungan dan Analisis dengan Cepat   

Fungsi Power Pivot adalah memungkinkan pengguna menikmati perhitungan dan analisis dengan cepat.

Memproses jutaan baris dalam waktu yang sama dengan ribuan, dan memanfaatkan prosesor multi-inti serta gigabyte memori untuk pemrosesan penghitungan tercepat.

Menangani batasan yang ada untuk analisis data luas pada desktop dengan algoritma pemadatan yang efisien untuk memuat bahkan kumpulan data terbesar ke dalam memori.

3. Dukungan Sumber Data yang Hampir Tak Terbatas

Fungsi Power Pivot adalah memiliki dukungan sumber data yang hampir tidak terbatas. Menyediakan dasar untuk mengimpor dan menggabungkan data sumber dari lokasi mana pun untuk analisis data yang luas di desktop, termasuk database relasional, sumber multidimensional, layanan awan, umpan data, file Excel, file teks, dan data dari Web.

4. Dasbor Manajemen dan Power Pivot Keamanan

Fungsi Power Pivot adalah memiliki dasbor manajemen dan Power Pivot keamanan. Memungkinkan administrator TI untuk memantau dan mengelola aplikasi bersama untuk memastikan keamanan, ketersediaan tinggi, dan kinerja.

5. Data Analysis Expressions (DAX)

Fungsi Power Pivot adalah memiliki data analysis expressions (DAX). DAX adalah bahasa rumus yang memperluas kapabilitas manipulasi data Excel memungkinkan pengelompokan, penghitungan, dan analisis yang lebih rumit dan kompleks. Sintaks rumus DAX sangat mirip dengan sintaks Excel rumus.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.