Sukses

Platform Adalah Basis Aplikasi, Ketahui Contohnya dalam Media Sosial

Platform adalah bagian dari media sosial.

Liputan6.com, Jakarta Platform adalah istilah yang kerap dipakai dalam penggunaan media sosial. Sebutan platform media sosial sudah sering terdengar dalam keseharian. Dalam sosial media, contoh platform adalah Instagram, Twitter, atau Facebook.

Terkadang, platform adalah bagian yang menciptakan karakteristik khusus pengguna dan teknologi jaringan media sosial. Dalam penggunaanya, sosial media platform adalah alat untuk berjejaring dengan banyak orang di seluruh dunia.

Selain berjejaring, kini platform adalah alat untuk beriklan, memasarkan produk, hingga melakukan promosi. Ini sebabnya, mengenali platform adalah bagian penting dalam mempelajari dunia digital. Berikut pengertian platform media sosial, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa(7/6/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Apa itu platform?

Melansir Techopedia, platform adalah sekelompok teknologi yang digunakan sebagai dasar di mana aplikasi, proses, atau teknologi lain dikembangkan. Sebuah platform, secara umum, dapat didefinisikan sebagai arsitektur perangkat keras atau perangkat lunak yang bertindak sebagai struktur dasar di mana aplikasi, proses, dan teknologi dikembangkan dan dijalankan untuk memungkinkan hasil bisnis atau pekerjaan.

Platform dibuat di atas fondasi beroperasi bersama dalam kerangka kerja yang sama. Dengan demikian, setiap platform memiliki seperangkat aturan, standar, dan batasannya sendiri yang menentukan perangkat keras/perangkat lunak apa yang dapat dibangun dan bagaimana masing-masing harus bekerja.

3 dari 4 halaman

Platform media sosial

Melansir PCmag, social media platform adalah sebuah sistem menyebarkan informasi melalui internet ke sekelompok pengikut yang dipilih. Platform media sosial digunakan oleh orang-orang untuk mempublikasikan aktivitas sehari-hari, komentar dan foto mereka serta mempublikasikan kembali informasi yang diposting oleh orang lain.

Platform adalah sesuatu yang memungkinkan seseorang untuk memberi tahu banyak orang tentang sebuah ide, produk, dan lain sebagainya. Platform media sosial berarti aplikasi atau situs web tempat pengguna dapat membuat dan berbagi konten serta menemukan dan terhubung dengan pengguna lain.

Platform media sosial akhirnya juga akan menciptakan sebuah platform sosial. Melansir Techopedia, platform sosial adalah teknologi berbasis web yang memungkinkan pengembangan, penyebaran, dan pengelolaan solusi dan layanan media sosial. Ini memberikan kemampuan untuk membuat situs web dan layanan media sosial dengan fungsionalitas jaringan media sosial yang lengkap.

4 dari 4 halaman

Contoh platform sosial media

Instagram

Instagram telah menjadi salah satu platform media sosial paling populer untuk remaja dan dewasa muda. Instagram memiliki fitur fotografi yang beragam, visual yang memukau, desain yang unik, video bergaya selfie yang berbicara langsung kepada audiens, dan tema kohesif pada konten akan membantu penggunanya menonjol di Instagram.

YouTube

YouTube dipuji sebagai mesin pencari paling populer kedua di dunia saat ini, tepat di belakang perusahaan induknya, Google. YouTube sangat populer di kalangan pria dan wanita, dan penggunaannya cenderung meningkat seiring pendapatan dan tingkat pendidikan. YouTube juga merupakan salah satu dari sedikit pilihan platform media sosial yang menjangkau kelompok usia yang sangat muda.

Facebook

Facebook sebagai platform media sosial terbesar memiliki hampir 2,5 miliar pengguna bulanan. Selain kemampuan untuk berjejaring dengan teman dan kerabat, pengguna juga dapat mengakses berbagai aplikasi Facebook untuk berjualan secara online dan bahkan dapat memasarkan atau mempromosikan bisnis, merek, dan produk dengan menggunakan iklan Facebook berbayar.

Twitter

Popularitas situs media sosial ini tetap tinggi di kalangan pengguna yang paham teknologi. Situs jejaring sosial ini memungkinkan pengguna untuk mengirim pesan teks pendek (disebut tweets), berisi jumlah karakter terbatas (hingga 280).

TikTok

TikTok merupakan platform yang terbilang pendatang baru. Tapi ia telah menerima lebih dari 1 miliar unduhan aplikasi berbasis video mereka selama tahun pertama operasi mereka. TikTok dilaporkan memiliki lebih dari 800 juta pengguna bulanan, yang langsung menempatkannya di antara platform media sosial teratas di dunia dalam hal jumlah pengguna. TikTok adalah platform berbagi video pendek dengan algoritme adiktif yang unik. Ia memegang banyak pengaruh dengan remaja dan Gen Z.

Pinterest

Pinterest telah menjadi alat bookmark sosial yang sangat populer untuk menyimpan ide dan menemukan inspirasi kreatif dalam segala hal mulai dari memasak hingga proyek rumah DIY, ide liburan, desain interior, bisnis, dan segala sesuatu di antaranya. Dengan audiens yang sebagian besar terdiri dari wanita dewasa, platform media sosial ini juga sering disebut-sebut sebagai bagian penting dari perjalanan penemuan produk.

Snapchat

Meskipun tampaknya kalah bersaing dengan platform media sosial pesaing seperti Instagram dan TikTok, Snapchat masih tetap menjadi salah satu aplikasi yang paling banyak digunakan dengan demografis di bawah 25 tahun. Snapchat telah menjadi platform untuk berbagi berita langsung tanpa dibombardir dengan iklan. Berbeda sekali dengan platform sosial yang membanjiri pengguna dengan iklan di umpan berita mereka, Snapchat memungkinkan pengguna untuk memilih kapan mereka melihat konten merek.

WhatsApp

WhatsApp merupakan platform media sosial berbentu aplikasi pesan terbesar di dunia. Setiap hari, 175 juta pengguna di 180 negara mengirim pesan ke salah satu dari 50 juta bisnis di WhatsApp. Saat ini, WhatsApp digunakan oleh lebih dari 2 miliar pengguna di seluruh dunia sebagai sarana komunikasi melalui pesan teks dan media. WhatsApp dapat dianggap sebagai media sosial karena berbagai fitur sosialnya — perpesanan, pembuatan profil, berbagi foto/video, pembaruan status, cerita, dan banyak lagi.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.