Sukses

Cara Membuat Kerak Telor Ala Rumahan yang Enak, Gurih dan Anti Gagal

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat kerak telor dapat dengan mudah dilakukan di rumah. Kerak telor adalah makanan khas Betawi yang terbuat dari campuran beras ketan, telor bebek, dan kelapa parut sangrai. Kerak telor biasanya dibuat dengan cara memasaknya di wajan hingga kering.

Cara membuat kerak telor juga dapat dilakukan dengan wajan anti lengket atau teflon. Kuliner khas Jakarta ini cocok dinikmati sebelum jam makan siang ataupun saat sedang berkumpul bersama keluarga.

Sayangnya, tak banyak orang yang menjual kerak telor ini. Bahkan di Jakarta sendiri, kuliner ini hanya ada saat momen atau event penting di Jakarta. Namun, kamu tak perlu khawatir karena dapat membuatnya sendiri di rumah.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai cara membuat kerak telor yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (8/6/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 6 halaman

Cara membuat kerak telor

Kerak telor merupakan makanan khas Betawi yang sering juga disebut sebagai omeletenya orang Betawi. Bahan utama dari kerak telor adalah beras ketan putih, telor ayam atau bebek, ebi (udang kering yang diasinkan) yang disangrai kering ditambah bawang merah goreng, lalu diberi bumbu yang dihaluskan berupa kelapa sangrai, cabai merah, kencur, jahe, merica butiran, garam dan gula pasir. Kerak telor biasanya dijajakan oleh pedagang yang ada di pinggir jalan saat ada perayaan di Jakarta baik perayaan memperingati Hari Jadi kota Jakarta maupun Hari Ulang Tahun Republik Indonesia. Namun, kerak telor masih dapat ditemukan pada hari biasa. Kamu bisa menemukan kerak telor di sekitar Kota Tua, Jakarta Barat. 

Kerak telor merupakan makanan yang terbuat dari beras ketan dan telur yang kemudian disajikan bersama serundeng juga topping lainnya. Cara membuat kerak telor umumnya dimasak menggunakan wajan dan dinikmati saat masih hangat agar rasa gurihnya semakin menggugah selera.

3 dari 6 halaman

Sejarah Kerak Telor

Kerak telor dipercaya telah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Dulu, kerak telor diciptakan oleh masyarakat Betawi secara tak sengaja. Kerak telor tercipta setelah masyarakat Betawi atau Batavia coba-coba membuat beragam makanan dengan memanfaatkan banyaknya buah kelapa di sana. Dari coba-coba inilah kemudian tercipta kerak telor.

Pada tahun 1970an, masyarakat Betawi mulai memberanikan diri menjajakan kerak telor di pasaran. Tak disangka, banyak orang menyukai makanan ini. Bahkan, dulu kerak telor menjadi makanan favorit masyarakat kelas elit atau atas di Jakarta. Dan seiring dengan berkembangnya waktu, kerak telor menjadi makanan yang disukai semua kalangan masyarakat. Harga kerak telor pun semakin terjangkau untuk semua orang.

Mengenai kerak telor, kini nampaknya kita tak bisa dengan mudah menemukan makanan khas Betawi ini. Namun jangan sedih dulu, kerak telor bisa ditemukan dengan mudah pada saat ada perayaan besar di Jakarta seperti event Jakarta Fair (Pekan Raya Jakarta). Di Jakarta juga telah ada beberapa warung yang menjajakan kerak telor.

4 dari 6 halaman

1. Cara Membuat Kerak Telor di Teflon

Bahan:

- 100 gr beras ketan

- 1 butir telor bebek

- 3 sdm serundeng kelapa

- 2 sdm bawang goreng

- 1/4 sdt garam

- 1/4 sdt lada bubuk

Cara membuat kerak telor di teflon:

a. Rendam beras ketan selama 5 jam atau semalam agar empuk. Cuci bersih setelahnya dan tiriskan dari air.

b. Masukkan beras ketan di teflon, tuang dengan air cukup hingga terendam saja. Masak dengan api skecil hingga air mengering. Tutup teflon agar matangnya lebih merata.

c. Kocok telor bebek dengan garam, lada bubuk dan 1 sdm serundeng. Tuang ke atas ketan yang sudah kering. Setelah benar-benar kering, angkat dan balik kerak telor, masak terus hingga benar-benar matang, kering dan renyah.

d. Angkat dan sajikan di atas piring.

5 dari 6 halaman

2. Cara Membuat Kerak Telor Khas Betawi

Bahan: 

- 6 sdm beras ketan, rendam semalaman dan tiriskan

- 2 buah telor bebek

- 2 sdt udang kering, rendam, sangrai, dan haluskan

- 2 sdm kelapa parut setengah tua, sangrai

- 1 sdm bawang goreng

Bumbu: 

- 1 sdm cabai merah iris, sangrai dan haluskan

- 1 sdt garam

Cara membuat kerak telor khas Betawi:

a. Kocok telor bebek, masukkan udang kering, bumbu yang dihaluskan, dan kelapa sangrai. Aduk rata.

b. Panaskan wajan dadar antilengket. Tuang setengah bagian ketan, ratakan di permukaan wajan masak hingga setengah matang.

c. Tuang setengah bagian telor kocok bermbumbu, ratakan di seluruh permukaan sambil ditekan-tekan. Setelah bagian bawahnya matang, balik agar matang merata. Angkat dan sajikan.

6 dari 6 halaman

3. Cara Membuat Kerak Telor Ala Rumahan

Bahan bubuk kelapa rebon:- 1/2 butir kelapa parut (sangrai hingga kering)- 2 sdm udang rebon goreng- 1 sdm gula pasir- 1/2 sdt kaldu jamur bubuk- 1 bungkus cabe bubukBahan basah:

- 1 butir telor ayam atau bebek

- ½ sdt bumbu putih (bawang merah dan bawang putih dihaluskan)

- 2-3 sdm nasi putih

- sejumput garam, lada, dan kaldu bubuk.

Bahan taburan:

- bubuk kelapa rebon dan bawang goreng

Cara membuat kerak telor:

a. Buat bubuk kelapa rebon dengan cara sangrai kelapa parut hingga garing dan berwarna kecoklatan.

b. Lalu haluskan bersama udang rebon yang sudah digoreng, gula, garam, kaldu, dan bubuk cabe.

c. Saat menghaluskan, jangan terlalu ditekan agar tidak keluar minyak. Sisihkan.

d. Kocok telor ayam atau bebek, nasi, garam, lada, kaldu, bumbu putih, dan 2 sdt bubuk kelapa rebon hingga rata.

e. Tuang ke dalam teflon, ratakan, dan masak hingga bawahnya agak gosong dan berkerak. Balik dan lakukan juga hingga agak gosong. Angkat.

f. Taburi dengan 2 sdt kelapa rebon dan 1 sdt bawang goreng.

g. Kerak telor pun siap dinikmati selagi hangat.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS