Sukses

Viral Pria Ditarik Orang Utan di Kebun Binatang Ternyata untuk Konten, Ini 3 Faktanya

Liputan6.com, Jakarta Kebun binatang menjadi salah satu tempat wisata favorit masyarakat Indonesia untuk mengisi waktu liburan. Selain menghibur, objek wisata satu ini juga memberikan edukasi soal kehidupan satwa liar. 

Meski begitu, selama berada di kebun binatang tentunya masyarakat diimbau untuk mematuhi peraturan yang berlaku. Pasalnya, hewan-hewan yang berada di kandang bisa saja melukai pengunjung jika tak berhati-hati. Seperti yang baru-baru ini viral di media sosial.

Seorang pria menjadi viral usai unggah video dirinya ditarik seekor orang utan saat berada di kebun binatang Kasang Kulim, Siak Luhu, Kampar, Riau. Awalnya ia mendekati kandang primata tersebut, lalu tiba-tiba kaus hingga kakinya ditarik oleh orang utan.

Setelah video viral dan beredar di dunia maya, berbagai pro dan kontra menanggapi video itu. Aksi pria bernama Hasanal Arifin ini dianggap berbahaya karena bisa mematahkan kakinya. Setelah viral, pemuda itu lantas meminta maaf dan mengaku aksinya dibuat untuk konten.

Pihak kebun binatang pun turut buka suara menanggapi video viral itu. Berikut ini Liputan6.com rangkum 3 faktanya dari berbagai sumber, Rabu (8/6/2022).

2 dari 4 halaman

1. Videonya Viral di Media Sosial

Seorang pemuda bernama Hasanal Arifin mendadak viral di media sosial usai unggah video saat berada di kebun binatang. Dalam video tersebut, ia tampak ditarik oleh seekor orang utan. Kejadian yang terjadi di kebun binatang Kasang Kulim, Siak Luhu, Kampar, Riau itu terlihat jika kaus hingga kakinya dipegang oleh mamalia itu.

Saat ditarik, posisi pemuda berusia 19 tahun itu cukup dekat dengan kandang, sehingga orang utan mampu meraihnya. Saat ditarik ia meminta tolong dan terlihat pengunjung lain membantunya. Video itui viral dan beredar pada Selasa (7/6/2022) kemarin.

 

3 dari 4 halaman

2. Minta Maaf

Aksi Hasanal Arifin lantas ramai disorot warganet. Tak sedikit yang menanggapi jika aksinya itu berbahaya. Meski telah dirawat di kebun binatang, orang utan tetap memiliki insting liar. Pengelola Kasang Kulim Zoo, Desrizal, mengatakan pihaknya telah menemui Hasanal untuk mencari info alasan pemuda tersebut masuk ke dalam area kandang.

Lewat akun Instagram @kasangkulim_zoo, Hasanal Arifin meminta maaf dengan menulis surat bermaterai dan video klarifikasi atas aksinya tersebut. Dalam penuturannya ia rupanya sengaja melewati pagar pembatas demi membuat konten bersama orang utan tersebut. 

4 dari 4 halaman

3. Pihak Kebun Binatang Buka Suara

Meski Hasanal Arifin sudah meminta maaf atas aksinya melewati pagar pembatas, rupanya beberapa warganet meminta pihak kebun binatang lebih memerhatikan keselamatan pengunjung. Pihak kebun binatang lantas buka suara.

Lewat akun media sosialnya, pengelola Kasang Kulim Zoo memperlihatkan jika setiap kandang sudah diberi tulisan peringatan. Mulai dari larangan memberi makan hingga tidak mendekati area kerangkeng.

"Kami dari pihak kebin binatang kasang kulim sangat menyayangi kejadian dan vidio yang sudah beredar luas. kami dari pihak kebun binatang kasang kulim sudah emmberikan peringatan agar menjaga jarak dalam berinteraksi dan tidak melewati pagar membatas itu tandanya pengunjung dilarang untuk memanjat pagar yang telah di berikan" tulis pihak pengelola pada Selasa (7/6/2022) di Instagram Story @kasangkulim_zoo.

"Tidak semua bisa dianggap lelucon. Dan sangat di sayangi hanya demi sebuah konten rela membahayakan diri sendiri dan juga satwa."

"Dan kami selaku management kasang kulim zoo selalu berusaha memberikan pelayanan terbaik bagi pengunjung," tutupnya.